Afghanistan Mulai Terima Helikopter Black Hawk dari AS

KIBLAT.NET, Kabul – Pemerintah Afghanistan kembali menerima helikopter Black Hawk jenis UH-60 buatan AS.

Menurut Kementerian Pertahanan Kabul, AS telah berjanji untuk menyediakan hingga 159 pesawat militer dan transportasi baru, termasuk 119 helikopter Black Hawk UH-60 sampai tahun 2023.

Menanggapi hal ini, Presiden Mohammad Ashraf Ghani sesumbar bahwa bahwa tentara Afghanistan bisa menghancurkan para pejuang Taliban.

“Jika Taliban berpikir mereka bisa mengalahkan pasukan Afghanistan mereka harus melupakannya. Mereka punya satu pilihan dan itu adalah untuk bergabung dalam proses perdamaian,” katanya pada Sabtu (07/10).

“Kami tidak ingin pertumpahan darah, kami hanya ingin mempertahankan negara kami dan itu adalah hak kami yang sah,” tambahnya.

Sementara itu, komandan pasukan AS di Afghanistan Jenderal John Nicholson mengklaim bahwa Taliban semakin lemah dari hari ke hari.

Untuk itu, pihaknya akan terus mendukung dan memberikan sejumlah alutsista kepada Afghanistan untuk menggempur para pejuang Taliban.

“Kami akan terus mendukung pasukan Afghanistan, dan helikopter-helikopter ini yang berdiri di belakang saya adalah contoh yang jelas tentang hal itu,” ujarnya.

Perlu diketahui, helikopter Black Hawk UH-60 telah tiba di provinsi Kandahar selatan bulan lalu. Hal ini sendiri merupakan kelanjutan rencana tentara AS untuk menggantikan helikopter Mi-17 dan Mi-35 Soviet yang saat ini digunakan oleh Angkatan Udara Afghanistan.

Sumber: Anadolu
Reporter: Dio Alifullah

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat