... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Evakuasi Mayat Tentara Keempat yang Tewas Disergap di Niger

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Niger – Departemen Pertahanan AS (Pentagon) mengumumkan, Jumat (06/10), menemukan mayat satu anggota pasukan khusus keempatnya yang tewas disergap kelompok bersenjata di perbatasan Niger-Mali Rabu lalu (04/10). Tentara tersebut dilaporkan hilang saat patroli gabungan pasukan khusus AS dan tentara nasional Niger diserang.

“Jasad tentara AS lainnya ditemukan di lokasi serangan,” kata Kolonel Mark Chidell, juru bicara komando militer AS di Afrika, seperti dilansir AFP dan dinukil arabi21.com, Jumat.

Chidell hanya memberi sebagian informasi penyergapan tersebut. Namun ia menolak memberitahu kelompok yang diduga bertanggung jawab dalam serangan itu. Hal itu supaya tidak “memberi kesempatan kepada kelompok tersebut merasa menang dan berhasil”.

Dia mengungkapkan bahwa patrol gabungan itu terdiri dari 40 tentara. Mereka berkeliling dengan mengendarai mobil militer tanpa perlindungan pasukan udara. Hal itu karena misi mereka bukan untuk perang.

“Misi pasukan patrol ini membangun hubungan dengan para komandan milisi lokal pro pemerintah. Pasukan menyangka tidak ada ancaman membahayakan,” ujar Chidell.

Oleh karena itu, lanjutnya, tidak ada pengawalan dari udara. Akan tetapi, sekutu kami dari Perancis bergerak sangat cepat dan segera mengirim armada tempur begitu kami melaporkan patroli militer AS disergap.

Kehadiran militer Perancis berhasil membantu pasukan evakuasi menarik mundur para korban. Begitu juga membantu pasukan meninggalkan lokasi yang dikenal basis kelompok bersenjata itu.

BACA JUGA  Gerakan Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer di Pinggiran Mogadishu

Panglima militer AS di Afrika itu tidak menjelaskan lebih rinci yang terjadi di lapangan. Dia hanya sebatas mengatakan terjadi baku tembak dan “korban berjatuhan di barisan musuh.”

Pada bagiannya, Departemen Pertahanan Niger mengatakan bahwa patroli gabungan militer AS dan Niger diserang oleh “kelompok teroris”. Penyerang menggunakan sepuluh mobil dan dua puluh motor.

Serangan terjadi di lokasi berjarak 200 km sebelah utara kota Niyami. Para penyerang dilaporkan bergerak dari wilayah Mali.

Dengan demikian, jumlah tentara pasukan khusus AS yang tewas dalam serangan Rabu lalu bertambah menjadi empat tentara. Dalam laporan pertama, AS mengumumkan dua tentara AS juga luka-luka akibat serangan itu, di samping empat tentara lokal tewas.

Sampai saat ini, belum ada kelompok yang bertanggung jawab. Wilayah itu juga dikenal basis kelompok Organisasi Al- Qaidah wilayah Maghreb (AQIM) dan anggota Daulah Islamiyah (ISIS), yang merupakan pecahan AQIM.

 

 

Sumber: Arabi21.com

Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tiga Tahun di Bawah Jokowi, Demokrasi Dinilai Kian Terancam

Ketua Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto SIP, menilai bahwa tiga tahun kepemimpinan Jokowi, demokrasi justru semakin terancam. Menurutnya, hal itu terlihat dari munculnya Perppu ormas.

Sabtu, 07/10/2017 09:45 0

Indonesia

Rezim Jokowi Dicurigai Neo Liberal dalam Sektor Ekonomi

Ketua Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto SIP, mengeluhkan keadaan ekonomi Indonesia setelah tiga tahun pemerintahan Jokowi. Menurutnya, ada ketidakadilan dalam pemungutan pajak.

Sabtu, 07/10/2017 09:10 0

Video News

Konfrontasi PKI dengan Umat Islam (Bag 2) – Hanibal Wijayanta

KIBLAT.NET – Isu PKI kembali menjadi perbincangan hangat di negeri ini. Acara nonton bersama film...

Sabtu, 07/10/2017 08:30 0

Indonesia

Politisi PKS: Kelebihan Jokowi Hanya di Wajahnya yang “Wong Ndeso”

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasir Djamil, mengkritik kepemimpinan Jokowi-JK setelah berjalan tiga tahun. Tak tanggung-tanggung, ia menilai bahwa kelebihan Jokowi hanya di wajahnya yang terlihat 'wong ndeso'.

Sabtu, 07/10/2017 08:25 0

Indonesia

Tiga Tahun Jokowi-JK, Politisi PKS: Politik Gaduh, Ekonomi Jeblok

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasir Djamil memberikan penilaian terhadap kepemimpinan Jokowi-JK selama tiga tahun terakhir. Menurutnya, kepemimpinan Jokowi-JK tidak memberikan kemajuan politik maupun ekonomi.

Jum'at, 06/10/2017 20:13 0

Indonesia

Faktor Usia, TPM Minta Ustadz ABB Dijadikan Tahanan Kota

Melihat faktor umur dan kesehatan ABB, kata Farid, tentunya penanganan dan pelayanannya tidak bisa disamakan dengan narapidana lainnya.

Jum'at, 06/10/2017 18:53 0

Indonesia

Nasir Djamil: Mengkritik Pemerintah di Era Ini ‘Ngeri-ngeri Sedap’

"Kalau kita salah ngomong, kita kena hate speech, ujaran kebencian yang mengarah ke pemerintah yang berkuasa," ujar Nasir.

Jum'at, 06/10/2017 18:24 0

Indonesia

MER-C Jelaskan Kondisi Terkini Ustadz ABB

Jose mengatakan masalah kesehatan Ustadz ABB adanya pembengkakan yang berada di bagian kaki. Ia menduga pembengkakan terjadi diduga berasal dari Vena Insuficiency atau insufisiensi vena kronis.

Jum'at, 06/10/2017 17:05 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Sebab Mundurnya Umat ( Ust. Nur Ahmad, S.Pd.I )

KIBLAT.NET- Banyak sekali umat muslim yang terjangkit penyakit kemunduran. Kemunduran di segala hal. Banyak dari...

Jum'at, 06/10/2017 17:01 0

Indonesia

SMAN 3 Cimahi Bentuk Akhlak Guru dan Siswa dengan Tilawah Al-Qur’an

Salah satu SMA Negeri di Kota Cimahi membudayakan tilawah Al-Qur'an sebelum memulai proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Menariknya, kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh para siswa, para guru dan seluruh staf juga melakukannya.

Jum'at, 06/10/2017 15:53 0

Close