... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

SMAN 3 Cimahi Bentuk Akhlak Guru dan Siswa dengan Tilawah Al-Qur’an

Foto: Siswa SMAN 3 Cimahi sedang membaca Al-Qur'an.

KIBLAT.NET, Cimahi – Salah satu SMA Negeri di Kota Cimahi membudayakan tilawah Al-Qur’an sebelum memulai proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Menariknya, kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh para siswa, para guru dan seluruh staf juga melakukannya.

Kepala sekolah SMA Negeri 3 Cimahi, Nelly Krisdayana mengatakan sebelum memulai aktivitas belajar-mengajar para guru dan siswa diharuskan membaca Al-Qur’an terlebih dahulu, meski hanya lima ayat.

“Untuk pembentukan karakter kita budayakan ngaji dulu pada saat masuk sekolah, entah itu lima ayat maupun lebih, dan itu seluruh kelas,” kata Nelly saat ditemui di SMAN 3 Cimahi, Jalan Pesantren, Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat (06/10/2017).

Untuk memastikan para siswa membaca Al-Qur’an, para guru yang mengajar di jam pertama mendampingi siswanya. Bagi guru yang terlihat tidak berada di ruang kelas mengawasi para siswa, maka akan difoto dan dikirim ke grup WhatsApp guru-guru SMAN 3 Cimahi.

“Mereka didampingi guru masing-masing yang mengajar saat itu, kalau ada guru yang tidak terlihat di kelas akan difoto lalu dikirim di grup,” ungkapnya.

Kendati demikian, tidak ada sanksi khusus bagi guru yang dikenakan bagi guru yang absen. Melainkan sanksi sosial ketika foto tersebut menyebar di grup WhatsApp. “Tidak ada hukuman bagi guru yang tidak mendampingi, hanya kan malu kalau terlihat tidak ada lalu dikirim di grup,” tambahnya.

BACA JUGA  BJ Habibie Wafat, Ulama dan Tokoh Sampaikan Duka Cita

Sementara itu bagi warga sekolah non-Muslim diarahkan untuk mempelajari kitab suci masing-masing. “Yang non-Muslim kita kumpulkan di perpustakaan, mereka juga mempelajari alkitab masing-masing,” ujar Nelly.

Dalam satu kelas disiapkan 10 hingga 15 kita suci Al-Qur’an untuk memfasilitasi anak-anak yang tidak membawa Al-Qur’an sendiri. Selain itu, memberikan kesempatan kepada para siswa untuk kembali membaca Al-Qur’an pada jam-jam istirahat.

Dengan kegiatan tilawah Al-Qur’an, pihak sekolah berharap tidak hanya meluluskan para siswa yang cerdas. Namun juga berakhlak baik. “Jadi kita berharap SMA 3 tidak hanya meluluskan anak-anak yang cerdas, tapi juga berakhlak mulia,” harapnya.

Alya Nurazkia (17), siswi kelas 11 mengaku sangat senang dengan adanya program ini. “Senang sekali, karena selain bisa belajar Al-Qur’an lagi, bisa menenangkan hati juga,” ujarnya. “Pinginnya sih tiap hari, hanya karena Senin kepotong sama upacara jadi Selasa sampai Jum’at aja,” imbuh Alya.

SMAN 3 tidak hanya membudayakan membaca Al-Qur’an, melainkan juga Shalat Dhuha. Sekitar pukul 10 usai jam pelajaran pertama para siswa diberi kesempatan untuk melaksanakan shalat.

“Setelah itu baru kegiatan belajar mengajar, setelah jam sepuluhan antara pelajaran pertama dan kedua kita beri toleransi pada anak-anak yang ingin Shalat Dhuha,” jelas Nelly. “Walaupun tidak semua tapi hampir rata-rata anak-anak itu terbiasa Shalat Dhuha,” imbuhnya.

Ketika tiba waktu Dhuhur, seluruh proses belajar-mengajar dihentikan untuk melakukan Shalat Dhuhur berjamaah. Sholat Dhuhur harus dilakukan secara bergantian mengingat masjid yang ada tidak mampu menampung seluruh siswa yang jumlahnya seribu lebih. “Masjidnya belum memadai,” kata Nelly.

BACA JUGA  Terungkap! Papua Barat Ikuti Turnamen Sepakbola Sebagai Negara

Kepala sekolah berharap ada bantuan dari Pemerintah untuk pembangunan masjid yang layak. “Masih menunggu sumbangan. Kita mau buat dua tingkat, jadi bisa shalat berjamaah, guru siswa, tata usaha, kebersihan,” tuturnya.

Reporter: Saifal
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Kekerasan terhadap Muslim Rohingya Belum Berhenti

Serangan terhadap Muslim Rohingya terus berlanjut meski Myanmar mengumumkan diakhirinya operasi militer Myanmar di negara bagian Rakhine. Hal itu seperti diungkap Uni Arakan Rohingya pada Rabu (04/10/2017).

Jum'at, 06/10/2017 13:04 0

Arab Saudi

Arab Saudi Impor Sistem Pertahanan Udara S-400 Rusia

Arab Saudi menandatangani perjanjian awal untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 dan menerima "teknologi terdepan" dari Rusia selama kunjungan Raja Salman ke Moskow yang dimulai Rabu 4 Oktober lalu.

Jum'at, 06/10/2017 11:47 0

Khazanah

Mengangkat Kedua Tangan Saat Doa Khutbah Jumat, Bolehkah?

KIBLAT.NET - Para ulama sepakat bahwa di antara salah satu adab yang dianjurkan dalam berdoa adalah mengangkat kedua tangan. Namun perlu dipahami bahwa dalam berdoa tidak selamanya harus demikian. Sebab, dalam beberapa kondisi Rasulullah mencontohkan hal yang berbeda, yakni dalam doanya beliau tidak mengangkat kedua, tapi hanya mengisyaratkan dengan dengan jari telunjuknya saja. Contohnya ketika beliau berdoa di penghujung Khutbah Jumat.

Jum'at, 06/10/2017 10:47 1

Eropa

Spanyol Tolak Mediasi Internasional soal Referendum Catalonia

Madrid bersikeras bahwa tidak ada yang perlu dinegosiasikan. Bahkan pemerintah pusat bekas negara kolonial ini menuntut para pemimpin Catalan untuk menghormati hukum dengan tidak menindaklanjuti referendum.

Kamis, 05/10/2017 19:10 0

News

Selain First Travel, Kemenag Cabut Izin 23 Penyelenggara Umroh Bermasalah

Sekretaris Direktorat Penyelenggara ibadah Haji dan Umroh, Muhajirin Yanis, mengungkapkan saat ini ada dua puluh empat PPIU yang sudah dicabut izinnya. Termasuk diantaranya First Travel.

Kamis, 05/10/2017 18:45 0

Amerika

‘Pelaku Teror Las Vegas Bukan Muslim, Mengapa Tidak Disebut Teroris?’

Aksi penembakan di Las Vegas yang dilakukan Stephen Paddock tak disebut teroris mengundang reaksi luas

Kamis, 05/10/2017 18:14 0

Rusia

Raja Arab Saudi ke Rusia, Ini yang Akan Dibahas

Raja Salman disambut di bandara Vnukovo oleh pejabat senior Rusia yang diiringi parade band militer. Ia akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis dan Perdana Menteri Dmitry Medvedev pada hari Jumat.

Kamis, 05/10/2017 16:00 0

Pakistan

PBB Didesak Tangani Krisis Kashmir

Konflik Kashmir mungkin adalah konflik paling berbahaya di dunia karena perlombaan nuklir dan rudal spiral antara India dan Pakistan ditambah dengan permusuhan historis yang menyebabkan perang antara dua rival.

Kamis, 05/10/2017 15:05 1

Eropa

PBB: Kejahatan HAM di Myanmar Tidak Bisa Ditolerir 

PBB menyatakan bahwa kekerasan yang dilancarkan pemerintah Myanmar terhadap etnis Muslim Rohingya merupakan bentuk kejahatan terhadap HAM.

Kamis, 05/10/2017 14:14 0

Turki

Berencana Bunuh Erdogan, 34 Orang Divonis Seumur Hidup

Pengadilan Turki memutuskan hukuman seumur hidup kepada 34 orang karena merencanakan pembunuhan terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan di sebuah hotel mewah Aegean selama kudeta yang gagal tahun lalu.

Kamis, 05/10/2017 13:40 0

Close