... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Spanyol Tolak Mediasi Internasional soal Referendum Catalonia

Foto: Referendum Catalonia.

KIBLAT.NET, Madrid – Pemerintah Spanyol menolak upaya mediasi apapun oleh dunia internasional terkait isu pemisahan diri yang hingga kini terus memanas di Catalonia. Madrid bersikeras bahwa tidak ada yang perlu dinegosiasikan. Bahkan pemerintah pusat bekas negara kolonial ini menuntut para pemimpin Catalan untuk menghormati hukum dengan tidak menindaklanjuti referendum.

Pada hari Ahad (01/10/2017) lalu, Catalonia menggelar referendum dengan hasil mayoritas suara warga mendukung untuk memisahkan diri dari Spanyol. Pemerintah Spanyol menyikapi langkah tersebut dengan tindakan keras hingga memicu kekerasan saat berlangsung jajak pendapat yang menyebabkan lebih dari 800 orang luka-luka. Pejabat-pejabat resmi Catalan mengatakan jika tidak terjadi dialog, sebuah deklarasi kemerdekaan akan dilakukan pada hari Senin.

Sebelumnya, Presiden Catalan Carles Puigdemont mengusulkan adanya mediasi internasional dengan pertimbangan bahwa proses pemisahan diri harus dilakukan dengan “tertib” namun dihalang-halangi oleh Spanyol. Penolakan pemerintah pusat ini ditambah tindakan keras mereka pada akhir pekan lalu telah memicu kemarahan luas di Catalan. Hal inilah yang kemudian membuat orang-orang Catalan secara sepihak ingin berpisah begitu saja karena tidak lagi percaya dengan negosiasi.

Tuduhan raja Spanyol yang menganggap Catalonia sudah tidak loyal membuat suasana semakin tidak kondusif bagi terselenggaranya sebuah perundingan/dialog. Seandainya pejabat-pejabat Spanyol tetap bersikukuh dan menganggap pemisahan diri Catalonia sebagai tindakan “ilegal”, belum diketahui secara jelas apa tindakan selanjutnya untuk menghentikan Catalonia menjadi negara de facto, terutama karena begitu banyaknya suara publik yang mendukung untuk berpisah dari Spanyol.

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

TNI-Polri Sering Beda Pendapat, Dahnil: Bisa Jadi Presiden Tidak Memimpin

Beda Pendapat antara TNI dan Polri terlihat dalam isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI)

Kamis, 05/10/2017 17:31 0

Indonesia

Menteri Agama Mengaku Sulit Hadapi Penyelenggara Umrah Ilegal

Ibadah umrah bisa ditumpangi oleh orang yang ingin mengeruk keuntungan dari praktik yang tidak terpuji

Kamis, 05/10/2017 16:29 0

Indonesia

Muncul Aturan Wajah Wajib Terlihat di Tata Tertib Berpakaian Fakultas Pertanian UNS

Frasa wajah wajib terlihat dalam Surat edaran Tata Tertib Berpakaian di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) dicetak dengan huruf tebal dan digaris bawah

Kamis, 05/10/2017 15:55 0

Indonesia

Ombudsman Desak Negara Tak Lepas Tangan Soal Kasus First Travel

Ombudsman mendesak agr ada kepastian bagi 58 ribu calon jemaah umroh dari First Travel yang hendak berangkat

Kamis, 05/10/2017 15:34 0

Indonesia

Dirjen Pendis: Izin Pendirian Pesantren kepada Kemenag Pusat

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag menyatakan akan menerapkan standarisasi terhadap pondok pesantren di Indonesia.

Kamis, 05/10/2017 14:37 0

Indonesia

Hamzah Bin Laden Jadi Target Pengejaran Pasukan Khusus Inggris

Hamzah yang diperkirakan berusia 28 tahun saat ini dipandang cukup berbahaya bagi negara-negara barat, terkhususnya Inggris dan Amerika Serikat.

Kamis, 05/10/2017 12:49 0

Indonesia

‘Prajurit TNI Profesional Tak Sempat Mikir Masalah Politik’

“Kalau semua prajurit menuju ke sana (profesional) maka tidak ada lagi, tidak sempat lagi mikir masalah politik,"t

Kamis, 05/10/2017 12:12 0

Indonesia

Dahnil Anzar: Umat Islam Jangan Mudah Terprovokasi oleh Musuh

Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan sikap umat Islam yang mudah terprovokasi oleh musuh. Menurutnya, mudah terprovokasi hanya akan memberi manfaat kepada musuh serta merusak citra Islam.

Kamis, 05/10/2017 11:47 0

Indonesia

Tim Advokasi Alfian Tanjung Yakin Kalahkan Dakwaan JPU dalam Persidangan

Abdullah Al Katiri, Ketua Koordinator Tim Advokasi Alfian Tanjung (TAAT) mengaku sudah siap atas dakwaan yang dibacakan JPU.

Kamis, 05/10/2017 11:14 0

Indonesia

Moeldoko Ingin Istilah Mayoritas Minoritas Hilang dari Indonesia

Jika kata mayoritas dan minoritas masih bergaung, masih dipelihara dan dijaga, ungkap Moeldoko, bangsa Indonesia tidak akan pernah utuh.

Kamis, 05/10/2017 10:38 0

Close