... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wapres Jusuf Kalla Usulkan Amnesti Zakat

Foto: Wakil Presiden Jusuf Kalla

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla menyoroti kurang maksimalnya pengumpulan potensi zakat. Solusinya, dia mengusulkan adanya amnesti zakat.

Jusuf Kalla menilai kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) masih lamban. Hal itu dinilainya dari kurang optimalnya Baznas menjadi kepercayaan Muzakki untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

“Memperbanyak muzakki adalah tujuan utama Baznas. Diharapkan Baznas bisa membimbing masyarakat dengan program-program yang baik, sehingga terbangun kepercayaan antara Baznas dengan Muzakki,” Kata Jusuf Kalla dalam rapat koordinasi Zakat Nasional di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (4/10/2017).

JK mengatakan Baznas berperan penting dalam mengajak rakyat untuk membayarkan wajib zakatnya, sehingga dibutuhkan strategi yang baik. Adminstrasi terbuka juga diharapkan, sehingga jelas harta muzakki tersalurkan kepada mustahik. Jangan sampai saldonya itu menumpuk di Baznas.

“Saran saya, Baznas bisa memasuki berbagai instansi, lembaga, perusahaan dan perorangan. Sehingga jangan sampai potensi besar zakat mengurangi kemiskinan justru terhalang atas kinerja lambat Baznas,” ajaknya.

Dia mencontohkan, Indonesia memiliki masjid sekitar 800 ribu, pesantren 20 ribu dan ribuan lembaga lain. Semua itu dibangun melalui zakat umat, jadi besar potensi zakat untuk mengatasi kemiskinan.

“Solusinya, meningkatkan umat Muslim menjadi orang yang mampu. Hal sedih melihat fenomena di mana masyarakat kita 10 persen yang bayar zakat, tetapi yang menerima jauh lebih besar 90 persen. Wajar saja pembagian zakat kepada mustahik sampai mengantri panjang,” guraunya.

BACA JUGA  Pria Asal Sukabumi Ini Rela Berkuda untuk Hadiri Reuni 212

Di sisi lain Wapres memaklumi adanya beban antara membayar pajak dan zakat bagi Muslim. Tetapi perlu diketahui fungsi pajak dan zakat sama yakni mengatasi kemiskinan.

“Strategi zakat pun semestinya bisa sama seperti wajib pajak. Mungkin bisa seperti di adakan amnesti zakat atau penghapusan hutang pajak melalui zakat,” pungkasnya.

Reporter : Hafidz Salman
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Ingin Terhindar dari Biro Umroh Palsu? Ini Himbauan Kemenag

Lukman Hakim Syaifuddin menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil masyarakat agar tidak mudah tertipu dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU).

Rabu, 04/10/2017 19:12 0

Amerika

Kebijakan Pengetatan Ekonomi AS Pengaruhi Lemahnya Mata Uang Global

Usaha AS untuk memperbaiki ekonominya dengan adanya kebijakan ketat terkait suku bunga dan pajak global baru-baru ini, berimbas pada naiknya nilai tukar dollar

Rabu, 04/10/2017 17:46 0

Suriah

Sumber Lokal Suriah Nafikan Kabar Al-Jaulani Terluka

Radio Provinsi Idlib menafikan kabar usaha pembunuhan Al-Jaulani dan luka parah yang diderita pimpinan HTS tersebut. 

Rabu, 04/10/2017 16:03 0

Myanmar

ARSA Ucapkan Terima Kasih kepada Masyarakat Dunia

ARSA mengucapkan terima kasih kepada semua negara, organisasi dan orang-orang yang terlibat membantu mengakhiri krisis kemanusiaan di Rohingya.

Rabu, 04/10/2017 15:13 0

Tarbiyah Jihadiyah

Berbagi Peran dalam Memperjuangkan Islam

Para sahabat berbagi peran dalam khidmah terhadap Islam. Ada yang bertugas untuk azan, ada yang jadi Imam, ada yang berfatwa, ada yang mengajar, ada yang berdakwah da nada yang berjihad. Mereka tidak berteori, tapi langsung mebuktikan dengan amal nyata.”

Rabu, 04/10/2017 14:46 0

Suriah

Rusia Bombardir Idlib, Al-Jaulani Dikabarkan Terluka Parah

Rusia melakukan serangan udara ke benteng Haiah Tahrir Syam (HTS) di provinsi Idlib utara. Kementerian Pertahanan Rusia dan aktivis setempat mengklaim 12 komandan lapangan terbunuh dan Abu Muhammad al-Jaulani terluka parah.

Rabu, 04/10/2017 14:27 0

Prancis

Dua Hari Pasca Serangan “Teror” Marseille, Parlemen Perancis Setujui RUU Terorisme

Parlemen Perancis pada Selasa (03/10/2017) menyetujui sebuah undang-undang anti-teror yang kontroversial. RUU tersebut dimenangkan 415 suara dengan 127 menolak dan 19 abstain.

Rabu, 04/10/2017 13:48 0

News

Musim Hujan, Pemerintah Revitalisasi Gorong-gorong di Pasteur Bandung

Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) melakukan revitalisasi gorong-gorong di Jl. Dr. Djunjunan (Pasteur) kota Bandung. Upaya ini diharapkan dapat menanggulangi banjir yang kerap melanda daerah tersebut.

Rabu, 04/10/2017 13:03 0

Video News

Konfrontasi PKI dengan Umat Islam (Bag 1) – Beggy Rizkiyansyah

KIBLAT.NET – Isu PKI kembali menjadi perbincangan hangat di negeri ini. Acara nonton bersama film...

Rabu, 04/10/2017 12:53 0

Philipina

Perang Narkoba di Filipina: Hanya Orang Miskin yang Ditembak Mati

Mayoritas orang Filipina percaya bahwa hanya orang miskin yang dibunuh dalam perang narkoba yang digalakkan negara itu. Mereka mendesak agar Presiden Rodrigo Duterte mengungkapkan identitas terduga kasus narkoba dan mengadilinya di pengadilan.

Rabu, 04/10/2017 12:12 0

Close