... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bela Rohingya, HASM Serang Kedutaan Besar Myanmar di Kairo

Foto: Polisi berjaga-jaga di depan Kedubes Myanmar di Kairo.

KIBLAT.NET, Kairo- Kelompok bersenjata di Mesir, Hasm, pada hari Ahad (01/10) menyatakan bertanggung jawab atas serangan terhadap kedutaan Myanmar di Kairo yang terjadi pada hari sebelumnya. Aksi ini dilakukan sebagai respon atas persekusi dan genosida brutal rezim Myanmar terhadap Muslim Rohingya.

“Serangan bom ini dilakukan sebagai peringatan kepada kantor kedutaan kaum para pembunuh, eksekutor terhadap wanita dan anak-anak Muslim di negara bagian Rakhine. Ini juga sebagai bentuk solidaritas kepada anak-anak generasi Muslim yang tertindas,” kata pernyataan tersebut.

Hanya dalam waktu dua bulan sejak Agustus 2017, operasi militer oleh aparat keamanan Myanmar telah menyebabkan lebih dari 500.000 Muslim Rohingya menyelamatkan diri dan mengungsi ke Bangladesh. Negara bagian Rakhine yang memiliki garis pantai terpanjang di Myanmar telah menjadi daerah konflik kekerasan persekusi militer terhadap warga Muslim Rohingya yang kemudian memicu sebentuk perlawanan bersenjata pemuda-pemuda Rohingya.

Hasm adalah singkatan dari Harakah Sawa’id Misr atau Gerakan Bersenjata Mesir. Secara resmi kelompok ini mengumumkan diri via Facebook pada Juli 2016 lalu bersamaan dengan klaim bertanggung jawab mereka atas pembunuhan seorang Mayor Polisi bernama Mahmud Abdul Hamid. Kelompok ini mengatakan, “Kami bersumpah kepada Allah dan rakyat Mesir untuk tidak akan meletakkan senjata sampai umat kita yang besar ini terbebas dari penindasan & kezaliman oleh mesin pembunuh militer dan milisi-milisi pengkhianat pendukungnya.”

Berikutnya di bulan September tahun lalu, Hasm mengklaim bertanggung jawab atas penembakan mantan Mufti Agung Ali Gomaa oleh dua orang militan, meski gagal. Serangan lainnya termasuk bom di dekat sebuah klub polisi, eksekusi terhadap jaksa, pembunuhan seorang polisi, dan serangan bom yang menyasar hakim. Pada bulan Desember, serangan bom Hasm menghantam pos pemerikasaan polisi di Giza dekat piramida menewaskan 6 polisi dan melukai 3 lainnya.

Meskipun pemerintah Mesir menduga ada hubungan antara Ikhwanul Muslimin dengan Hasm, namun keterkaitan ini masih diperdebatkan. Demikian juga para analis belum menemukan benang merah koneksitasnya secara definitif. Serangan terbaru Hasm kali ini mengindikasikan adanya perubahan strategi. Sebelumnya, belum ada catatan kelompok tersebut menyerang target asing di Mesir.(Syaf)

 

Sumber: The Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MK Tolak Keterlibatan Koalisi Masyarakat Sipil dalam Uji Materi Perppu Ormas

Persidangan uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 (Perppu Ormas) mulai digelar Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam hal ini, Koalisi Masyarakat Sipil menyatakan penolakan terhadap Perppu pengganti Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan tersebut.

Selasa, 03/10/2017 11:45 0

Indonesia

Pengacara: Kasus Tamim Pardede untuk Membungkam Kebebasan Berpendapat

Selain itu, Sulistyowati juga merasa janggal dengan Berita Acara Perkara (BAP) milik saksi fakta pelapor. Sebab, seluruh isi BAP sama, antara satu dengan yang lain.

Selasa, 03/10/2017 10:11 0

Video Kajian

Merajut Persaudaraan Islam & Peduli Rohingya ( Ust. Oemar Mita, Lc )

KIBLAT.NET – Nabi yang paling semangat mempersaudarakan antar umat muslim adalah Nabi Muhammad SAW. Maka...

Selasa, 03/10/2017 07:28 0

Indonesia

Tamim Pardede: Bebaskan Saya atau Vonis Mati Saja

Tamim Pardede menegaskan bahwa ia hanya meminta keadilan dalam persidangan yang ia jalani.

Senin, 02/10/2017 23:04 0

Indonesia

Sebut Jokowi Antek Komunis, Tamim Pardede: Saya Tidak Menghina Tapi Mengingatkan

Tamim Pardede menegaskan bahwa ucapannya yang menyebut 'Jokowi antek komunis' bukan sebuah hinaan. Melainkan, kalimat tersebut dianggap sebagai peringatan.

Senin, 02/10/2017 22:24 0

Indonesia

Dianggap Tak Bertanggungjawab Soal Perkara Pardede, Hakim ‘Semprot’ Polisi

Ketua Majelis Hakim, Haruno Patriadi menegaskan kepada kepolisian untuk kooperatif. Sebab, sudah dua kali sidang, pihak kepolisian selaku saksi pelapor mangkir.

Senin, 02/10/2017 22:11 0

Indonesia

Seorang Pria di Las Vegas Lancarkan Tembakan ke Arah Konser Musik, 50 Tewas

50 orang tewas dan ratusan orang terluka dalam aksi penembakan yang terjadi di Las Vegas, Amerika Serikat

Senin, 02/10/2017 19:19 0

Indonesia

Faktor-faktor Lemahnya Ekonomi Indonesia, Korupsi Teratas

Indonesia menduduki peringkat ke-36 dalam hal daya saing ekonomi menurut rilis World Economic Forum (WEF) tahun 2017. Kendati naik 5 tingkat dari posisi sebelumnya, WEF menyoroti lambannya pertumbuhan ekonomi Indonesia akibat tingkat korupsi yang tinggi.

Senin, 02/10/2017 15:15 0

Indonesia

Komisi I DPR Desak Pemerintah Tuntaskan Polemik Impor Senjata Api

Komisi I DPR mendesak pemerintah melalui Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, segera menuntaskan polemik mengenai impor senjata api kombatan ke instansi non militer.

Senin, 02/10/2017 14:27 0

Indonesia

Kisah Ibu 9 Anak, Jual Becak Keliling Madiun setelah Ditinggal Pergi Suami

Sri tak mau pasrah dengan keadaan. Ia berjuang seorang diri untuk menghidupi enam orang anak yang tinggal bersamanya.

Senin, 02/10/2017 14:03 3

Close