... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bangun ‘Kota Baru’ di Taif, Saudi Kucurkan Dana Sebesar 40 Triliun Rupiah

Foto: Souq Okaz

KIBLAT.NET, Riyadh- Kerajaan Arab Saudi menyetujui proyek pembangunan “kota baru” senilai $ 3 miliar di timur laut Kota Taif. Rencananya, kota baru ini akan menempati area seluas hampir 1.250 kilometer persegi.

Kota baru ini merupakan perluasan dari  Souq Okaz sebuah pasar yang popular di Taif. Di dalamnya akan dilengkapi dengan pusat wisata budaya, industri, universitas hingga bandara.

Selain itu, otoritas kerajaan juga menandatangani kontraks insfrastruktur untuk tahap pertama pembangunan kawasan perumahan terdiri dari 10.000 rumah. Pembangunan senilai $ 160 juta lebih dari 12 juta meter persegi dan merupakan perumahan terbesar di wilayah Makkah.

Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil juga telah menandatangani kontrak untuk mengembangkan dan mengoperasikan Bandara Internasional Taif yang baru dengan sekelompok perusahaan termasuk Asiad, Contractors Association Co. dan Munich Airports Co.

Bandara akan dibangun di atas tanah seluas 48 juta meter persegi yang berlokasi 40km dari Taif dan 117km dari Makkah. Proyek ini akan menelan biaya $ 800 juta dan diharapkan akan beroperasi pada tahun 2020.

Kota Souk Okaz yang baru, selain tempat wisata budaya dan warisan budaya, juga akan berdiri hotel dengan 1.250 kamar. Semua itu berada di bawah pengawasan Kementerian Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi, dan akan menghabiskan biaya hampir $ 1 miliar.

Tak lupa, proyek ini membutuhkan 4.400 pekerjaan. Serta diharapkan dapat menarik lebih dari 260.000 pengunjung per tahun. Sehingga akan menyumbangkan sekitar $ 80 juta per tahun untuk PDB Kerajaan.

BACA JUGA  Ibadah Haji di Tengah Pandemi, Begini Protokol Kesehatan yang Diterapkan Arab Saudi

Sebuah konsorsium perusahaan global telah dipilih untuk merancang sebuah taman bisnis bernama Oasis of Technology, perusahaan gabungan antara King Abdul Aziz City untuk Sains dan Teknologi dan Grup Morganti.

Situs seluas 35 juta meter persegi akan mengakomodasi proyek untuk merakit dan memproduksi pesawat Antonov, membuat panel surya dan mengembangkan energi matahari. Kawasan industri baru, yang pertama di Provinsi Taif, akan dibangun di atas lokasi seluas 11 juta meter persegi sejauh 55 km dari pusat kota dan 29 km dari bandara. Untuk tahap pertama, proyek pembangunan kawasan industri akan menelan biaya sebesar $ 32 juta, mencakup industri ringan, menengah dan berat, dan pusat pelatihan kejuruan.

Sedangkan universitas baru akan dibangun di Taman Nasional Sysid. Ini terdiri dari 16 proyek terpisah di atas area seluas 16 juta meter persegi, dengan biaya $ 530 juta.

Raja Salman mengatakan bahwa proyek ini bertujuan untuk melayani warga Saudi. “Pintu kita, telepon kita, dan telinga kita terbuka untuk setiap warga negara,” katanya.

 

Sumber: Arab News
Redaktur: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Soal Senjata Kejut Impor, Kakor Brimob: Jangan Dianggap Paling Berbahaya

"Dia tidak mematikan, namanya juga kejut. Jadi jangan dianggap ini yang paling berbahaya dan anti tank,"

Ahad, 01/10/2017 19:53 1

Indonesia

Senjata Polisi Tak Boleh Sama dengan TNI

Polisi memang membutuhkan keberadaan senjata api karena sebagian besar senjata api yang dipegang personilnya tergolong senjata tua

Ahad, 01/10/2017 19:26 0

Indonesia

Warganet Hebohkan Keterangan Polisi Soal Senjata di Bandara Soekarno Hatta

Keterangan Polri berubah-ubah terkaiat senjata yang didatangkan untuk Korps Brimob itu

Ahad, 01/10/2017 17:04 1

Indonesia

Senjata Tertahan di Bandara, IPW: Apa Bagian dari Rencana Polri Beli 20 Ribu Senpi

"Polri perlu menjelaskan, apakah senjata dan amunisi ini bagian dari rencana Polri untuk membeli 20.000 pucuk senjata api,"

Ahad, 01/10/2017 15:02 1

Foto

Di Sinilah Warga Muslim Rohingya (Pernah) Tinggal

KIBLAT.NET, Maungdaw – Amnesty Internasional dan Human Right Watch telah merilis foto satelit titik-titik kebakaran...

Ahad, 01/10/2017 13:02 0

Artikel

Antara Ujian, Rasa Takut dan Kesabaran

Kita tak perlu berputus asa dan terlalu larut dalam kesedihan ketika melihat kelaparan yang mendera anak-anak Suriah, ketakutan yang membayangi muslim Rohingya, kematian anak-anak Palestina setiap harinya, mulai berkurangnya rasa aman dai-dai kita dalam menyampaikan kebenaran di negeri mayoritas muslim ini, serta gagal panennya petani-petani negeri ini yang hampir seratus persen beragama Islam.

Sabtu, 30/09/2017 17:30 0

Suara Pembaca

45 Tahun Persatuan Mahasiswa Patani di Indonesia, Komitmen Cetak Generasi Penerus

Dalam realita perjalanan menumbuhkan sebuah organisasi mahasiswa Patani, yang berkedudukannya di Indonesia itu. Masa awal dilalui, tidak lepas dari serangkaian jejak-jejak perjuangan mereka para pendahulu sebagai perintis jalannya,

Sabtu, 30/09/2017 15:00 0

Indonesia

Berpotensi Bangkrutkan Negara, PLTU Batubara Didesak untuk Dibatalkan

Pembangunan PLTU batubara juga berpotensi membangkrutkan keuangan negara. Sebelumnya, WALHI juga telah mengirimkan surat kepada Menteri Keuangan pada tanggal 6 Februari 2017 untuk tidak memberikan jaminan pembiayaan

Sabtu, 30/09/2017 14:30 0

Analisis

Idlib Pasca Perjanjian Astana

Hanya sepekan setelah Perjanjian Astana terbaru pada 14 September 2017 yang akan membelah Idlib menjadi tiga bagian, dimana salah satu kesepakatan dari perjanjian ini adalah masuknya Turki ke wilayah Idlib yang dikendalikan pihak Pejuang Revolusi, serangan itu kini kembali dilancarkan.

Sabtu, 30/09/2017 14:04 0

Artikel

Tadabur Surat Al-Buruj Bersama Seorang Rohingya

KIBLAT.NET – Syahdan, ada seorang raja yang mempunyai tukang sihir. Suatu hari, tukang sihir raja...

Sabtu, 30/09/2017 13:57 0

Close