... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

4 Fase Puasa Asyura yang Dikerjakan Nabi

Foto: sejarah nabi

KIBLAT.NET – Salah satu amalan utama di Bulan Muharram adalah Puasa Asyura, yaitu puasa hari ke-sepuluh pada bulan tersebut. Rasulullah menyebutkan bahwa pahalanya mampu menghapus dosa setahun yang lalu. “Puasa hari ‘Asyura, sungguh aku berharap kepada Allah agar menghapuskan dosa setahun yang telah lalu.” (HR. Muslim)

Ibnu Rajab berkata, “Hari Asyura memiliki keutamaan dan kemulian yang sangat agung, pada hari tersebut Nabi Musa melaksanakan puasa.”

Lebih lanjut, Ibnu Rajab mencatat bahwa Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan puasa Muharram dalam empat fase yang berbeda:

Pertama: Rasulullah melaksanakan puasa ‘asyura ketika beliau masih di Makkah. Saat itu beliau tidak menyuruh umatnya untuk berpuasa sebagaimana yang beliau lakukan. Dalam Kitab Shahihain tersebut sebuah riwayat dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Hari Asyura  adalah hari orang-orang Quraisy berpuasa pada zaman jahiliyah. Dan Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam juga berpuasa pada hari tersebut.”

Kedua: Bahwa Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam ketika datang ke kota Madinah, beliau menyaksikan orang-orang Ahlul Kitab mengangungkan hari ‘Asyura dan berpuasa pada hari tersebut. Lalu beliau juga berpuasa dan memotivasi para sahabat untuk melaksanakan hal yang sama. Sehingga semua manusia (muslim, yahudi; pent) ketika itu berpuasa, bahkan anak-anak mereka pun ikut berpuasa.

Ketiga: Ketika kewajiban puasa Ramadhan diturunkan, Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam tidak lagi memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa A’syura, dan juga tidak melarang. Dalam Shahih Muslim diriwayatkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

إن عاشوراء يوم من أيام الله فمن شاء صامه ومن شاء تركه

“Sesungguhnya ‘Asyura adalah satu hari dari hari-hari milik Allah, siapa yang mau berpuasa padanya maka dipersilahkan, dan siapa yang meninggalkanya juga tak mengapa.”

Keempat: Pada akhir hayatnya, beliau berkeinginan untuk tidak berpuasa pada hari ke sepuluh saja, beliau ingin menggabungkan dengan sehari yang lain (9 Muharram) agar bisa menyelisihi dengan puasanya ahli kitab.

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu berkata, saat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berpuasa ‘Asyura dan memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa, para sahabat berkata kepadanya, “Wahai Rasulullah, hari ‘Asyura adalah hari yang diagungkan Yahudi dan Nasrani.” Kemudian beliau bersabda,

فإذا كان العام المقبل إن شاء الله صمنا التاسع

“Kalau begitu, tahun depan Insya Allah kita puasa bersama tanggal sembelilannya juga.”

Ibnu Abbas bercerita, “Belum sampai tahun depan, beliau sudah wafat terlebih dahulu.” (HR. Muslim)

 

Fakhruddin

Sumber: Ibnu Rajab, Lataiful Ma’arif, hal: 48

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Duterte: Saya Sekarang Bersahabat dengan Amerika

Awal bulan ini, AS mengumumkan pihaknya menyumbangkan bantuan sebesar P730 juta ($ 15 juta) untuk membantu membangun kembali Marawi. Baru-baru ini, Filipina dan AS mengadakan latihan yang mensimulasikan insiden pembajakan dan penyanderaan untuk melatih pasukan mereka dalam memerangi terorisme.

Jum'at, 29/09/2017 16:27 0

News

Perwakilan Aksi 299 Diterima DPR, Ini yang Disampaikan

Sedikitnya 25 delegasi dari peserta aksi 299 diterima oleh para pimpinan DPR. Koordinator Aksi, Slamet Ma'arif mengatakan bahwa delegasi kali ini datang dari berbagai ormas di berbagai daerah di Indonesia.

Jum'at, 29/09/2017 15:49 0

News

Tegas, Qatar Tidak Akan Mengekstradisi Syaikh Al-Qaradawi

Qatar tidak akan mengekstradisi Yusuf Al-Qaradawi ke Mesir karena dia bukan teroris tapi lawan politik. Demikian diungkapkan Menteri Luar Negeri Mohammed Bin Abdulrahman Al-Thani.

Jum'at, 29/09/2017 15:40 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Lisanmu, Kepribadianmu – Ust. Nurdin Aziz, S.Pd.I.

KIBLAT.NET- Betapa banyak dari manusia yang tergelincir karena tidak bisa menjaga lisannya ? Apakah kata...

Jum'at, 29/09/2017 14:58 0

News

Tolak Perppu Ormas dan PKI, Jutaan Massa Geruduk Gedung DPR/MPR

Jutaan massa dari berbagai ormas memadati area sekitar Gedung DPR/MPR pada Jum'at (29/09). Massa berkumpul mendesak penghapusan Perppu Ormas dan menolak kebangkitan kembali PKI.

Jum'at, 29/09/2017 14:43 0

News

ISIS Rilis “Rekaman Suara” Al-Baghdadi

Dalam rekaman suara yang tersebar, Al-Baghdadi menyinggung ancaman Korea Utara terhadap Amerika dan Jepang.

Jum'at, 29/09/2017 14:26 0

News

Demo Tolak PKI, Warganet Ramaikan #Aksi299

Aksi dengan identitas 299 itu juga diramaikan oleh warganet melalui status atau postingan yang diunggah. Mereka mengangkat #Aksi299 sehingga menempati trending topic di Twitter.

Jum'at, 29/09/2017 13:41 0

Indonesia

KSHUMI: Mobil Komando Disita Polisi, Peserta Aksi 299 dari Bogor Jalan Kaki

Chandra menilai sikap kepolisian Bogor tidak dapat dibenarkan secara undang-undang. Sebab, menyampaikan pendapat adalah hak dari seluruh warga Indonesia.

Jum'at, 29/09/2017 13:14 0

News

Orang Tua, Masyarakat dan Pemerintah Berperan Lindungan Anak dari Kejahatan Siber

Asisten Deputi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Indra Gunawan mengimbau kepada setiap orang tua berperan aktif melakukan komunikasi dengan anak. Tujuannya agar anak-anak terlindung dari kejahatan melalui internet.

Jum'at, 29/09/2017 12:17 0

Indonesia

Sosialisasi Program BNPT Rambah Takmir Masjid hingga Akademisi di 32 Provinsi

Salah satu program Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) adalah melakukan kontra-radikalisasi. Dalam program ini BNPT membentuk Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di 32 provinsi.

Jum'at, 29/09/2017 11:40 0