... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Terjebak di Myanmar, Pengungsi di Dua Desa Ini Pertama Kali Terima Bantuan

KIBLAT.NET, Rakhine- Lembaga bantuan kemanusiaan IHH menyalurkan bantuan berupa bahan pangan kepada 3.125 Muslim Rohingya yang terjebak di Rakhine. Bantuan ini didistribusikan pada Senin dan Selasa.

Bantuan ini diberikan kepada Rohingya yang terjebak di desa Dapaing Thingying Bali dan Dapaing Selatan Bali dekat Ibukota Sittwe. Menurut Anadolu, ini merupakan bantuan pangan pertama yang diterima oleh pengungsi Rohingya di dua daerah tersebut. Hal itu disebabkan karena ketatnya batasan penyaluran bantuan yang diberlakukan oleh pemerintah Myanmar.

Bantuan pangan yang disalurkan ini terdiri dari beras, minyak, buncis, garam, merica dan lain sebagainya. Diperkirakan, bantuan ini dapat mencukupi kebutuhan pangan para pengungsi selama satu bulan.

Sementara itu, di hari berikutnya, IHH berencana menyalurkan bantuan berupa bahan sandang kepada 12.500 Rohingya. Badan bantuan yang berbasis di Istanbul tersebut juga mengatakan bahwa penyaluran bantuan juga dilakukan di Bangladesh. Di mana, diyakini terdapat sekitar 800.000 pengungsi Rohingya di sana.

Selain itu, tercatat bahwa hingga saat ini korban kekerasan dari etnis Rohingya yang telah menerima bantuan dari IHH mencapai 165.000 jiwa baik di Bangladesh maupun yang masih berada di Myanmar.

Kekerasan terhadap Rohingya kembali memuncak, setelah pasukan keamanan dan gerombolan Buddha membunuh pria, wanita dan anak-anak, menjarah rumah serta membakar desa Rohingya. Menurut Menteri Luar Negeri Bangladesh Abul Hasan Mahmood Ali, sekitar 3.000 orang Rohingya tewas akibat tindakan keras tersebut.

Sedangkan PBB menyebutkan bahwa Rohingya merupakan etnis yang paling teraniaya di dunia. Di mana mereka selalu dihantui ketakutan, diskriminasi dan persekusi. Selain itu, lintas generasi etnis Muslim Rohingya hidup tanpa status kewarganegaraan.

 

Sumber: Anadolu
Redaktur: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

FPI Tawarkan Perlindungan ketika Rumah Bu RW Digeruduk Massa

Menurut penuturan Aminah, kedatangan FPI di saat genting itu cukup membantu meredakan suasana. Bahkan, menurutnya seperti inilah ukhuwah islamiyah yang seharusnya dibangun oleh masyarakat.

Rabu, 27/09/2017 13:43 0

Foto

Foto: Lumpur Jadi Derita Rohingya di Pengungsian

KIBLAT.NET, Cox’s Bazar- Data PBB menyebutkan ada 436.000 pengungsi Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh,...

Rabu, 27/09/2017 13:06 0

Indonesia

Arsul Sani: Polisi Berpotensi Menyalahgunakan Senjata

Arsul Sani, anggota Komisi III DPR RI ungkapkan adanya potensi penyalahgunaan senjata oleh anggota kepolisian.

Rabu, 27/09/2017 10:50 0

Indonesia

Ribuan Umat Islam Hadiri Gerakan Subuh Berjamaah di Masjid At-Tin

Ribuan umat Islam memadati Masjid At-Tin, Jakarta Timur, pada Rabu (27/09) dini hari. Perkumpulan umat Islam ini dalam rangka menghadiri gerakan Shalat Subuh berjamaah yang diselenggaran Gerakan Indonesia Shalat Subuh (GISS).

Rabu, 27/09/2017 07:34 0

Indonesia

Komisi III Benarkan Polri Minta Anggaran 5000 Pucuk Senjata

"Dalam rencana kerja dan anggaran Polri 2017, memang ada pengadaan barang berupa senjata, nah yang 5000 itu termasuk," ujar Sani seusai rapat kerja komisi III pada Selasa, 26 September di Gedung DPR Jakarta.

Rabu, 27/09/2017 06:19 0

Indonesia

Soal 5.000 Senjata, Panglima TNI Diminta Jelaskan ke Komisi I DPR

Meski telah ada klarifikasi dari Menkopolhukam, Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan dimintai penjelasannya terlebih dahulu

Selasa, 26/09/2017 21:04 0

Kiblatorial

Editorial: Manuver 5000 Senjata

Kini kita hitung-hitungan. Mana yang lebih mengkhawatirkan? Ambisi Panglima untuk berpolitik atau intelejen yang mahir menembak? Polantas bersenjata atau ancaman pseudo-terorisme yang semakin hari kian menambah pundi-pundi petugas?

Selasa, 26/09/2017 21:03 0

Indonesia

Kata Warga Soal Aksi Bu RW Bubarkan Konser Campursari: Bagus, Tapi…

Sebuah video pembubaran pentas dangdut campursari Desa Sonorejo, Sukoharjo yang dilakukan oleh Siti Aminah beredar luas

Selasa, 26/09/2017 19:41 0

Indonesia

DPR: Ada Kesan Tidak Solid Antara Panglima TNI dan Menkopolhukam

Politisi Aceh Nasir Djamil memberikan komentar soal perbedaan pendapat antara Panglima TNI dan Menkopolhukam terkait isu '5.000 senjata'.

Selasa, 26/09/2017 19:10 0

Indonesia

Jenderal Gatot Diberitakan Pemimpin Terburuk TNI, Warganet Bereaksi

“Enggak apa-apa terburuk versi Metromini, yang penting beliau adalah Panglima TNI terbaik versi umat islam,”

Selasa, 26/09/2017 18:22 0

Close