... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mahasiswa: Jokowi Manfaatkan Isu HAM untuk Terobosan Politik

Foto: Mahasiswa Solo Raya berdemo menuntut penuntasan kasus HAM Tanjung Priok dan Semanggi 2, Jumat (22-09-2017)

KIBLAT.NET, Surakarta – Mahasiswa dari berbagai kampus di Solo Raya berunjuk rasa menuntut janji penegakan HAM oleh pemerintah Indonesia, yang sampai saat ini dianggap tidak serius.

Mengambil lokasi Bundaran Tugu Kartasura, yang menghubungkan arah Solo-Jogja-Semarang, puluhan mahasiswa Solo Raya menggelar aksi demo bertajuk Tragedi Kemanusiaan, September Kelam. Merujuk pada tragedi pelanggaran HAM dalam kasus Tanjung Priok dan Semanggi 2, aksi yang digelar Jum’at (22/09) diikuti mahasiswa dari sejumlah kampus di Solo dan sekitarnya.

Koordinasi Aksi, Jire Akbar mengatakan Indonesia sebagai negara yang berlandaskan hukum belum menunjukkan esensinya sebagai Negara hukum. Terbukti dengan adanya kemacetan dalam penanganan kasus Tanjung Priok dan Semanggi 2 yang dinilainya belum ada kepastian hukumnya.

“Kenapa negara macet dalam penanganan kasus ini. Apakah kasus ini melibatkan penjabat Negara, sehingga takut mengungkapkan fakta dalam kasus ini”, ujar Jire saat menyampaikan orasinya, pada Jumat (23/09), di area Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Atau, Jokowi hanya memanfaatkan isu HAM untuk terobosan politiknya saja,” tambahnya

Menurut Jire, apabila semua tuduhan tersebut tidak benar maka seharusnya pemerintah Indonesia harus adil dan setara dalam menempatkan manusia yang bersalah dihadapan hukum. Jika tidak, luntur sudah Indonesia sebagai negara hukum. Sebab, keadilan telah digadaikan dengan kepentingan-kepentingan politik.

“Walau kasus ini (Tanjung Priok dan Semanggi 2-Red) menempatkan nama-nama besar di masa lalu, serta mempertaruhkan kejujuran bangsa. Rakyat hanya ingin semua pihak yang bersalah dalam kasus ini dihukum dengan hukuman yang setimpal-timpalnya”, ucapnya.

BACA JUGA  PKS: Satu Tahun Jokowi Masih Jauh dari Capaian Keberhasilan

Reporter: Usamah Rabbani
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Presiden Kurdi Iraq: Referendum Akan Terus Jalan Meski Banyak Penentang

Presiden wilayah otonomi Iraq Kurdistan berjanji untuk terus melanjutkan referendum kemerdekaan yang ditetapkan pekan depan meski ditentang keras pemerintah Iraq dan kekuatan internasional.

Sabtu, 23/09/2017 12:12 0

Fikih

Bila Penentuan Awal Muharram Berbeda, Bagaimana dengan Puasa ‘Asyura?

Muharram adalah salah satu bulan yang diagungkan dalam Islam. Bulan pertama dalam hitungan tahun hijriyah ini digolongkan sebagai bulan haram (Asyhurulhurum). Saah satu amalan yang dianjurkan pada bulan tersebut adalah memperbanyak puasa. Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan bahwa puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Muharram. Bagaimana dengan puasa Asyura bila penentuan awal Muharram berbeda?

Sabtu, 23/09/2017 11:21 0

Myanmar

Bangladesh Desak PBB Bangun Zona Aman di Rakhine

Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina meminta kepada pihak PBB untuk membangun zona aman di negara bagian Rakhine untuk etnis Muslim Rohingya.

Sabtu, 23/09/2017 07:47 0

Myanmar

Pengungsi Rohingya di Bangladesh Rawan Terkena Penyakit

Dalam hal terkait, juru bicara IOM Joel Millman mengatakan bahwa jumlah total orang Rohingya di Bangladesh telah mencapai 803.000 untuk saat ini.

Sabtu, 23/09/2017 07:13 0

Arab Saudi

Hingga Akhir Pemulangan Gelombang Pertama, Total 546 Jemaah Wafat di Saudi

Kementerian Agama menyatakan bahwa total jemaah haji yang wafat di tanah suci berjumlah 546 orang.

Jum'at, 22/09/2017 17:37 0

Info Event

Ikutilah! Aksi Solidaritas untuk Muslim Rohingya di Tangerang

Rohingya punya Allah sebaik-baik penolong mereka, tapi kelak Allah akan bertanya pada kita, "Apa yang sudah kalian lakukan untuk bantu mereka?"

Jum'at, 22/09/2017 17:31 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Muharam Bulan Kemenangan – Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc, M.Pd.I

KIBLAT.NET – Allah SWT berfirman salami surat Attaubah ayat 36 : إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ...

Jum'at, 22/09/2017 16:22 0

Myanmar

Hadang Kapal Bantuan untuk Rohingya, Warga Myanmar Lempar Bom Molotov

Ratusan nasionalis Buddha Myanmar mencoba menghentikan penyaluran bantuan untuk Rohingya dengan menghadang kapal yang berisi 50 ton bantuan di sebuah dermaga di Sittwe.

Jum'at, 22/09/2017 16:19 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : 3 Karakter Muslim Sejati (Ust. Taqiyyudin, Lc.)

KIBLAT.NET – Rosulullah SAW bersabda yang artinya : “Tidak akan masuk surga kecuali jiwa yang...

Jum'at, 22/09/2017 13:43 0

Myanmar

Arakan Project: Krisis Saat Ini Terburuk Sepanjang Sejarah Rohingya

Pendiri sebuah lembaga swadaya masyarakat non-profit, Arakan Project, Chris Lewa pada awal pekan mengatakan bahwa krisis saat ini menjadi yang terburuk dalam sejarah Rohingya. Untuk diketahui, Arakan Project merupakan lembaga non-pemerintah yang fokus bekerja untuk memperbaiki kondisi kelompok etnis minoritas tersebut.

Jum'at, 22/09/2017 13:40 0

Close