... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Bila Penentuan Awal Muharram Berbeda, Bagaimana dengan Puasa ‘Asyura?

Foto: Bulan Muharram (Ilustrasi)

KIBLAT.NET – Muharram adalah salah satu bulan yang diagungkan dalam Islam. Bulan pertama dalam hitungan tahun hijriyah ini digolongkan sebagai bulan haram (Asyhurulhurum). Saah satu amalan yang dianjurkan pada bulan tersebut adalah memperbanyak puasa. Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan bahwa puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Muharram.  Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, dia berkata, Rasululllah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُاللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah (shalat) fardhu adalah shalat malam.” (HR. Muslim, no. 1163)

Lebih khusus lagi, beliau memerintahkan umatnya untuk tidak melewatkan puasa ‘Asyura. Yaitu puasa hari ke-sepuluh di bulan tersebut. Fadilahnya, sebagaimana yang disebutkan olehnya, yaitu mampu menghapus dosa setahun yang lalu. Sabdanya:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

“Puasa hari Arafah saya berharap kepada Allah dapat menghapuskan (dosa) tahun sebelum dan tahun sesudahnya. Dan puasa hari ‘Asyura saya berharap kepada Allah dapat menghapus (dosa) tahun sebelumnya.” (HR. Muslim)

Bagaimana bila penentuan awal bulan Muharram berbeda?

Imam Ahmad berkata, “Jika timbul keraguan dalam menentukan awal bulan (Muharram), maka (sebagai bentuk kehati-hatian, pent) boleh baginya berpuasa tiga hari. Sebab, dengan seperti itu, secara pasti ia telah berpuasa pada hari ke-sembilan dan sepuluh.” (AlMughni, 3/2134)

Syekh Muhammad Al-Munajjid, sebagaimana yang dilansir dari halaman Saaid.net, ia menjelaskan, “Siapa saja yang tidak bisa memastikan awal masuk bulan (hilal) Muharram dan ingin berhati-hati agar bisa berpuasa pada hari ke sepuluh secara tepat, maka ia bisa menyempurnakan hitungan bulan Dzulhijjah menjadi tiga puluh hari. kemudian ia berpuasa pada hari ke-sembilan dan sepuluh. Dan jika ia hendak menjaga kehati-hatian hari ke-sembilannya maka ia boleh berpuasa pada hari ke-delapan, sembilan dan sepuluh. Hikmahnya, jika hitungan bulan Dzulhijjah tidak sampai tiga puluh hari, maka secara otomatis ia telah berpuasa pada hari sembilan dan sepuluh. Karena sebagaimana yang diketahui, puasa ‘Asyura adalah puasa sunnah bukan puasa wajib, maka kita pun tidak diwajibkan untuk melalukan ru’yah hilal bulan Muharram seperti ketika menentukan hilal bulan Ramadhan.”

Jadi, sikap yang tepat dalam hal ini adalah berpuasa tiga hari sekaligus sebagai bentuk kehati-hatian. Sebab, selain bisa menentukan puasa ‘asyura dengan tepat, berpuasa lebih banyak pada bulan tersebut juga bagian dari bentuk meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Sebagaimana yang diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu:

مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ إِلا هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ يَعْنِي شَهْرَ رَمَضَانَ

“Tidak aku saksikan ada hari dan bulan diniatkan untuk berpuasa  dan diutamakan Nabi sallallahu alaihi wa sallam untuk berpuasa dibanding hari lainnya, selain hari Asyura dan bulan ini, yaitu bulan Ramadan.” (HR. Bukhori)

Bila timbul keraguan atau terjadi perbedaan pendapat dalam menentukan hilal bulan Muharram, maka sebagai langkah kehati-hatian, berpuasa tiga hari atau lebih tentu lebih baik. Sebab, bukankah puasa bulan Muharram itu sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan? wallahu a’lam bis shawab!

Oleh: Fakhruddin

Sumber: Saaid.net

 

 

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kecam Buddhis Myanmar, WALUBI: Perilaku Tak Mencerminkan Pakaian Mereka

Suhadi mengaku sangat menyayangkan perilaku para biksu yang mendukung kekerasan tersebut. Pasalnya, biksu adalah panutan bagi umat Buddha. Ia menyatakan bahwa pakaian yang dikenakan biksu tersebut tidak mencerminkan gelar yang disandangnya.

Sabtu, 23/09/2017 09:37 0

Indonesia

KH. Said Aqil Siradj Sebut PKI Sudah Tidak Ada

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj mengklaim bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) sudah tidak ada. Ia berdalih bahwa negara-negara komunis di dunia juga sudah tidak ada.

Sabtu, 23/09/2017 09:05 0

Myanmar

Bangladesh Desak PBB Bangun Zona Aman di Rakhine

Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina meminta kepada pihak PBB untuk membangun zona aman di negara bagian Rakhine untuk etnis Muslim Rohingya.

Sabtu, 23/09/2017 07:47 0

Myanmar

Pengungsi Rohingya di Bangladesh Rawan Terkena Penyakit

Dalam hal terkait, juru bicara IOM Joel Millman mengatakan bahwa jumlah total orang Rohingya di Bangladesh telah mencapai 803.000 untuk saat ini.

Sabtu, 23/09/2017 07:13 0

Indonesia

NU Akan Gelar Munas di Mataram, Bahas Haji hingga Terorisme

Organisasi Muslim Nahdlatul Ulama (NU) akan mengadakan Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar pada 23-25 November 2017 mendatang. Menurut Ketua PBNU, KH. Said Aqil Siradj, Munas dan Konbes tahun ini akan digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Sabtu, 23/09/2017 06:50 0

Indonesia

Tindaklanjuti Program, BI Rilis Skema Harga Isi Ulang e-Money

Wacana peraturan adanya tambahan dalam isi ulang uang elektronik memicu kontroversi. Kendati demikian, Bank Indonesia (BI) akhirnya tetap merilis skema harga isi ulang uang elektronik (e-Money).

Sabtu, 23/09/2017 06:20 0

Indonesia

Long March Sejauh 3,3 Km, Umat Islam Solo Raya Kumpulkan Dana Rp 78 Juta untuk Rohingya

Dengan mengenakan pakaian serba putih, massa solidaritas Rohingya dari berbagai elemen melakukan long march dari Masjid Kota Barat menuju bunderan Gladak. Mereka berjalan teratur, dengan dijaga oleh aparat kepolisian.

Sabtu, 23/09/2017 05:44 0

Indonesia

Tak Ada Jaminan, Pengguna E-Money Rentan Kehilangan Uang

Staf Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Mustofa Aqib Bintoro menilai e-money rentan akan kehilangan uang yang tersimpan di dalamnya.

Jum'at, 22/09/2017 20:43 0

Indonesia

BI Untung karena Biaya Cetak Uang Turun, Kenapa Bebani Rakyat dengan Biaya Top Up?

Wacana peraturan adanya penarikan biaya top up e-money oleh perbankan terus ditentang, lantaran Bank Indonesia selaku pemilik kebijakan dinilai berpihak sebelah.

Jum'at, 22/09/2017 19:34 0

Indonesia

Waspada Biaya Umroh Murah, YLKI: Kemenag Terkesan Tumpul Pengawasan

Kasus penipuan biro travel haji dan umroh terus berulang, ribuan calon jamaah lagi-lagi menjadi korban. Niat ibadah menuju baitullah terpaksa kandas oleh biro travel nakal.

Jum'at, 22/09/2017 18:50 0