... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Waspada Biaya Umroh Murah, YLKI: Kemenag Terkesan Tumpul Pengawasan

Foto: Pasutri penipuan biro perjalanan haji dan umrah Frist Travel.

KIBLAT.NET, Jakarta- Kasus penipuan biro travel haji dan umroh terus berulang, ribuan calon jamaah lagi-lagi menjadi korban. Niat ibadah menuju baitullah terpaksa kandas oleh biro travel nakal. Iming-iming harga murah menyeret korban pada kerugian. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Kementrian Agama teru-menerus lalai dalam pengawasan biro travel haji dan umroh.

Ketua Pelaksana Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan lembaganya terus menerima keluhan-keluhan korban calon jamaah haji dan umroh, korbannya selalu mencapai ribuan. Akantetapi tidak ada penindakan tegas dari pemerintah dan aparat, seakan penindakan hukum di Indonesia timbang pilih. Di satu sisi ada yang diusut cepat seperti kasus Firts Travel namun ada yang tak diusut.

“Data Kemenag sebanyak 750 biro travel haji dan umroh terdaftar di Kemenag. Hingga kini YLKI sudah menerima aduan bio travel nakal sebanyak 6 perusahaan. Jumlah itu yang sudah jelas terbukti bermasalah, namun YLKI meyakini masih ada biro-biro nakal lainnya. Sayangnya Kemenag selama ini hanya sebatas memberikan izin operasi tetapi tidak ada pengawasan,” ujarnya saat konfrensi pers di Kantor YLKI, Jakarta Selatan, Jumat (22/9).

Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk cerdas dalam memilih bio travel haji dan umroh. Hal utama yang harus dicermati adalah soal biaya umroh dan haji, sehingga jangan sampai iming-iming harga murah niat ibadah menuju baitullah berujung kandas tertipu. YLKI memperhitungkan untuk biaya umroh minimal di atas Rp20 juta.

BACA JUGA  Ustadz Hilmi Aminuddin Wafat, Jazuli: PKS Kehilangan Pembimbing Dakwah

“Waspada bila ada bio atau agen travel haji dan umroh menawarkan harga murah di bawah Rp20 juta!. YLKI bisa pastikan itu adalah penipuan, kami berharap masyarakat bisa cerdas dalam memilih. Pemerintah pun bisa mengawasi penawaran tarif murah yang ditawarkan biro-biro tersebut, jangan sampai menunggu ada korban baru jalan,” ingatnya.

Tulus melanjutkan dalam tarif minum umroh dan haji hingga kini belum ditentukan oleh Kemenag. Padahal hal itu penting agar tidak lahir penipuan-penipuan selanjutnya. Akantetapi lagi-lagi Kemenag lemah dalam hal itu, melihat di mana YLKI pernah mempertanyakan persoalan itu kepada Kemenag, mereka (Kemenag) beralasan lemahnya atau kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di jajaran Kemenag menjadi faktor tersebut.

“YLKI juga melihat beberapa oknum nakal dalam kasus penipuan biro travel ini justru mereka dari pejabat atau pensiunan Kemenag. Sehingga wajar saja pengawasan Kemenag terkesan tumpul, bagaimana mau tegas kalau oknumnya kawan mereka sendiri,” sindirnya.

 

Reporter: Hafiz Syarifudin
Editor: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Hingga Akhir Pemulangan Gelombang Pertama, Total 546 Jemaah Wafat di Saudi

Kementerian Agama menyatakan bahwa total jemaah haji yang wafat di tanah suci berjumlah 546 orang.

Jum'at, 22/09/2017 17:37 0

Info Event

Ikutilah! Aksi Solidaritas untuk Muslim Rohingya di Tangerang

Rohingya punya Allah sebaik-baik penolong mereka, tapi kelak Allah akan bertanya pada kita, "Apa yang sudah kalian lakukan untuk bantu mereka?"

Jum'at, 22/09/2017 17:31 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Muharam Bulan Kemenangan – Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc, M.Pd.I

KIBLAT.NET – Allah SWT berfirman salami surat Attaubah ayat 36 : إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ...

Jum'at, 22/09/2017 16:22 0

Myanmar

Hadang Kapal Bantuan untuk Rohingya, Warga Myanmar Lempar Bom Molotov

Ratusan nasionalis Buddha Myanmar mencoba menghentikan penyaluran bantuan untuk Rohingya dengan menghadang kapal yang berisi 50 ton bantuan di sebuah dermaga di Sittwe.

Jum'at, 22/09/2017 16:19 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : 3 Karakter Muslim Sejati (Ust. Taqiyyudin, Lc.)

KIBLAT.NET – Rosulullah SAW bersabda yang artinya : “Tidak akan masuk surga kecuali jiwa yang...

Jum'at, 22/09/2017 13:43 0

Myanmar

Arakan Project: Krisis Saat Ini Terburuk Sepanjang Sejarah Rohingya

Pendiri sebuah lembaga swadaya masyarakat non-profit, Arakan Project, Chris Lewa pada awal pekan mengatakan bahwa krisis saat ini menjadi yang terburuk dalam sejarah Rohingya. Untuk diketahui, Arakan Project merupakan lembaga non-pemerintah yang fokus bekerja untuk memperbaiki kondisi kelompok etnis minoritas tersebut.

Jum'at, 22/09/2017 13:40 0

Amerika

Erdogan: Turki Akan Sebar Pasukan di Idlib

“Turki akan mengirim pasukan ke wilayah Idlib di Suriah Utara, sebagai bagian dari kesepakatan zona de-eskalasi yang diperantarai di antara oleh Rusia bulan lalu,” katanya dalam wawancara dengan Reuters pada Kamis (21/09) di New York. Erdogan di AS untuk menghadiri sidang Majelis Umum PBB.

Jum'at, 22/09/2017 11:15 0

Irak

Turki, Iraq dan Iran Bersatu Lawan Referendum Kurdi

Turki, Iraq dan Iran bersatu menentang referendum kemerdekaan Kurdi yang direncanakan di Iraq utara. Ketiganya memperingatkan akan adanya "langkah tandingan" yang terkoordinasi untuk melawan jajak pendapat tersebut.

Jum'at, 22/09/2017 10:37 0

Suriah

Riyadh Hijab Dukung Operasi Militer di Idlib, Ini Tanggapan HTS

Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) mengecam dan menolak pernyataan Koordinator Badan Tinggi untuk Negosiasi oposisi Suriah, Riyadh Hijab. Tokoh oposisi yang bergerak dalam bidang politik itu menyatakan mendukung operasi militer di wilayah yang sudah dibebaskan di Idlib untuk memerangi HTS yang ia sebut bagian dari Organisasi Al-Qaidah.

Jum'at, 22/09/2017 09:55 0

Malaysia

Malaysia Tangkap Tujuh Satpam Terduga Anggota Abu Sayyaf

Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Fawzi Haroun mengatakan bahwa orang-orang itu bekerja sebagai penjaga keamanan (Satpam) di perusahaan swasta di ibukota Kuala Lumpur dan negara bagian Selangor.

Jum'at, 22/09/2017 07:43 0

Close