Usai Bertemu Netanyahu, Al-Sisi Desak Palestina Hidup Berdampingan dengan Israel

KIBLAT.NET, Kairo- Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi mendesak warga Palestina untuk bersatu dan “siap untuk hidup berdampingan” dalam damai dengan Israel, hal itu disampaikannya dalam pidatonya di Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York, Amerika Serikat.

Berbicara sehari setelah pertemuan pertama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Al-Sisi berdalih kesepakatan damai Israel-Palestina merupakan “prasyarat yang diperlukan untuk seluruh wilayah” untuk menikmati stabilitas.

Mesir telah memimpin upaya mediasi antara saingan berat Palestina Fatah dan Hamas sebagai bagian dari dorongan untuk kembali ke garis depan diplomasi Timur Tengah. Kata Al-Sisi, Palestina dapat mengikuti jejak Mesir yang hidup damai dengan Israel selama puluhan tahun.

“Puluhan tahun perdamaian Israel-Mesir dapat diperluas ke Palestina,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Mesir telah menandatangani sebuah perjanjian damai dengan Israel pada tahun 1979. Selain itu juga telah meminta langkah-langkah untuk memulai perundingan Israel-Palestina yang telah berlangsung sejak tahun 2014.

Pertemuan antara Al-Sisi dan Netanyahu di New York pada hari Senin mengikuti percakapan telepon langka antara pemimpin Palestina Mahmud Abbas dari Fatah dan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Mesir memiliki peran dalam menengahi perselihan antara Otoritas Palestina yang dipimpin oleh Mahmoud Abbas yang berada di Tepi Barat dan Hamas, yang telah menguasai Jalur Gaza sejak 2007.

Setelah Haniyeh bertemu dengan pejabat Mesir di Kairo pekan lalu, Hamas bersedia untuk membubarkan pemerintah bayangannya di Jalur Gaza. Selain itu, Hamas juga bersedia untuk membuka ruang rekonsiliasi dengan lawan politiknya tersebut.

BACA JUGA  Human Rights Watch: Vaksinasi Warga Palestina Tanggung Jawab Israel

 

Sumber: Arabnews
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat