... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Baru Tiba di Indonesia Takaran Mud Asli dari Nabi Muhammad SAW

Foto: Penyerahan takaran Mud. Penting untuk takaran zakat fitrah.

KIBLAT.NET, Jakarta — Membayar zakat fitrah atau fidyah sebenarnya ada ukurannya sendiri, yaitu mud dan sha’. 1 sha’ setara dengan 4 mud. Masalahnya, di Indonesia tidak ada ukuran mud atau sha’, maka dikonversikan menjadi kilogram. 1 sha’ kira-kira 3 kg; ½ sha’ kira-kira setara 2 mud atau kira- kira 1½ kg. Maka 1 mud = 0,75 kg atau 3/4 kg.

Kini umat Islam Indonesia tidak lagi bingung atau main kira-kira dengan ukuran mud atau sha’. Karena pada Selasa (13/09) takaran mud yang sebenarnya telah tiba di Indonesia. Tepatnya pukul 14.15 WIB bersama dengan kedatangan rombongan haji undangan Kedubes Arab Saudi yang diberangkatkan melalui Yayasan Al-Manarah Al-Islamiyah, Jakarta.

Alkisah, saat masih berada di Arab Saudi, pada Jumat (08/09) rombongan ini mendapatkan jamuan dari tokoh dakwah asal Saudi, Syaikh Khalid Al-Hamoudi di Thaif. Di kawasan pegunungan Al-Hada yang sejuk berjarak sekitar 100 Km dari Mekkah itulah rombongan juga dijamu oleh DR. Nashir Al-Ghuraibi.

Dosen Dakwah dan Ushuludin Universitas Ummul Qura ini kemudian menghadiahkan kepada rombongan berupa dua buah takaran mud. Takaran ini asli, bukan asal-asalan, karena mempunyai sanad yang tersambung langsung hingga ke Nabi SAW. Kiblat.net yang ikut bersama rombongan melihat langsung terdapat tulisan sanad yang menghiasi takaran berwarna kuning keemasan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Syaikh Syaikh Nashir Al-Ghuraibi juga memberikan sanad mud-nya kepada beberapa tokoh Indonesia yang ada di dalam rombongan tersebut. Di antaranya KH. Tengku Zulkarnain (MUI Pusat), Ustadz Farid Ahmad Okbah (Al-Islam Islamic Centre, Bekasi), Ust. Fadlan Garamatan (AFKN, Bekasi), dan Ust. Ikhwan Abdul Jalil (Wahdah Islamiyah, Makassar).

Kepada Kiblat.net, para tokoh tersebut sepakat nantinya akan memperbanyak takaran mud asli dari Nabi SAW tersebut sehingga umat Islam tidak lagi kesulitan menentukan ukuran tepat untuk zakat fitrah dan fidyah mereka. “Nanti kita akan perbanyak. Apalagi beberapa dari kita sudah mendapatkan sanad langsung dari Syaikh Nashir Al-Ghuraibi,” tutur KH. Tengku Zulkarnain.

Reporter: Tony Syarqi
Editor : Hamdan

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Komisi XI: Tidak Boleh Ada Pembangunan Justru Membebani Rakyat

"Tidak boleh ada pembangunan yang justru memberatkan dan membebani rakyat. Itu harus menjadi perhatian," tegas Sukiman saat ditemui Kiblat.net di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa (12/09).

Rabu, 13/09/2017 12:08 0

Irak

1.300 Istri dan Anak-anak Militan ISIS Ditahan Pasukan Iraq

Pasukan Iraq menahan lebih dari 1.300 istri dan anak-anak warga negara asing dari para militan kelompok ISIS yang menyerah kepada pasukan Peshmerga Kurdi.

Rabu, 13/09/2017 11:11 0

Foto

Foto-foto Unik Ibadah Haji 1438 Hijriah

Rangkaian ibadah haji tahun 1438 H atau 2017 M telah usai. Para jamaah pun secara berangsur-angsur meninggalkan tanah suci. Mereka yang ikhlas dalam beribadah tentunya akan meraih "gelar" haji yang mabrur. Namun jika noda-noda riya' menyelimuti, hal itu setidaknya menjadi koreksi diri.

Rabu, 13/09/2017 10:40 0

Artikel

Andaikan Kita Seorang Rohingya (2) : Kekejaman Umat Budha Myanmar atas Rohingya Bag.1

"Orang Arakan memperlakukan kami dengan sangat buruk, menghentikan pasokan makanan. Bahkan, seorang Arakan mengatakan kepada kami, “Kami akan menghentikan semua makananmu, dan kamu tahu mengapa? Kami melakukannya agar kalian segera pergi dari sini secepatnya dan secara permanen.

Rabu, 13/09/2017 10:00 0

Arab Saudi

Kampanye Penangkapan Ulama dan Akademisi di Saudi Berlanjut

Pemerintah Arab Saudi melanjutkan kampanye penangkapan akademisi, penulis, wartawan, pengamat dan ulama yang dekat dengan gerakan Islam hingga hari ketiga, seperti dilaporkan koran online Al-Araby Al-Jadid pada Rabu (13/09). Tuduhan yang dikenakan bermacam-macam namun paling utama “diam terhadap Qatar dan tidak ikut serta dalam kampanye anti-Qatar”.

Rabu, 13/09/2017 09:39 0

Turki

Turki Teken Pembelian Rudal S-400 dari Rusia

“Pembayaran dilakukan di awal," ujar Erdogan.

Rabu, 13/09/2017 08:31 0

Myanmar

UNICEF: 200 Ribu Anak Rohingya Butuh Bantuan Mendesak

Kepala perlindungan anak Unicef menyatakan, lebih dari 200.000 anak-anak Rohingya yang telah melarikan diri ke Bangladesh memerlukan dukungan mendesak.

Rabu, 13/09/2017 07:46 0

Myanmar

ASEAN Ingin Bahas Krisis Rohingya, Myanmar Keberatan

"Myanmar keberatan. Jadi, pasti kita tidak dapat menempatkan ini di antara isu-isu yang harus dibahas dalam pleno," ujar Artemio Adesa pada Selasa (12/09)

Rabu, 13/09/2017 06:40 0

Feature

“Laskar Radikal” Itu Bekerja Untuk Kemanusiaan

Dari sekian banyak pengguna jalan, Wahhab menuturkan, yang paling banyak memberi donasi untuk Myanmar adalah para driver ojek online.

Selasa, 12/09/2017 21:31 0

Palestina

Setelah Berulang Kali Gagal, Hamas Siap Rekonsiliasi Lagi dengan Fatah

KIBLAT.NET, Yerusalem- Harakah Muqawamah Al-Islamiyah (Hamas) menyatakan siap melakukan rekonsiliasi dengan pemerintahan Presiden Palestina, Mahmoud...

Selasa, 12/09/2017 19:48 0