... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

1.300 Istri dan Anak-anak Militan ISIS Ditahan Pasukan Iraq

Foto: Tal Afar, Iraq

KIBLAT.NET, Tal Afar – Pasukan Iraq menahan lebih dari 1.300 istri dan anak-anak warga negara asing dari para militan kelompok ISIS yang menyerah kepada pasukan Peshmerga Kurdi.

Pasukan Iraq dilaporkan mendesak militan ISIS dari markas mereka di Tal Afar yang dekat dengan wilayah Kurdistan Iraq pada akhir Agustus setelah menghadapi perlawanan sengit di kota Al-Ayadieh.

“Peshmerga menyerahkan 1.333 wanita dan anak-anak dari keluarga kelompok Negara Islam,” kata pejabat senior di Komando Operasi Gabungan Iraq (JOC), Senin (11/09).

“Wanita dan anak-anak menyerah kepada pasukan Kurdi di utara Al-Ayadieh,” imbuh pejabat tersebut, yang berbicara kepada AFP tanpa menyebut nama.

Pasukan Kurdi menyerahkan perempuan dan anak-anak tersebut kepada pasukan Iraq. Namun, mereka semuanya dianggap sebagai militan sehingga masih dalam tahanan mereka.

Istri dan anak-anak itu ditahan di sebuah kamp pengungsi yang dekat dengan Mosul, sekitar 70 kilometer timur Tal Afar. “Sebagian besar berasal dari Turki, sementara banyak lainnya berasal dari negara-negara bekas Soviet, seperti Tajikistan, Azerbaijan dan Rusia,” kata perwira militer dan intelijen Iraq.

Orang Asia termasuk, dan beberapa orang Perancis dan Jerman. Ribuan orang asing telah bergabung dalam kelompok ISIS di Iraq dan Suriah.

“Kami menahan keluarga ISIS di bawah tindakan keamanan yang ketat dan menunggu perintah pemerintah mengenai bagaimana cara menanganinya,” kata Kolonel Angkatan Darat IrakqAhmed al-Taie dari komando operasi Nineveh Mosul kepada Reuters.

Kementerian Luar Negeri Iraq ingin menegosiasikan kembalinya wanita dan anak-anak dengan kedutaan negara terkait. “Kami tidak bisa menyimpan mereka dalam tahanan kami untuk waktu yang lama,” kata seorang pejabat kementerian.

Sumber: The New Arab
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Foto

Foto-foto Unik Ibadah Haji 1438 Hijriah

Rangkaian ibadah haji tahun 1438 H atau 2017 M telah usai. Para jamaah pun secara berangsur-angsur meninggalkan tanah suci. Mereka yang ikhlas dalam beribadah tentunya akan meraih "gelar" haji yang mabrur. Namun jika noda-noda riya' menyelimuti, hal itu setidaknya menjadi koreksi diri.

Rabu, 13/09/2017 10:40 0

Artikel

Andaikan Kita Seorang Rohingya (2) : Kekejaman Umat Budha Myanmar atas Rohingya Bag.1

"Orang Arakan memperlakukan kami dengan sangat buruk, menghentikan pasokan makanan. Bahkan, seorang Arakan mengatakan kepada kami, “Kami akan menghentikan semua makananmu, dan kamu tahu mengapa? Kami melakukannya agar kalian segera pergi dari sini secepatnya dan secara permanen.

Rabu, 13/09/2017 10:00 0

Feature

“Laskar Radikal” Itu Bekerja Untuk Kemanusiaan

Dari sekian banyak pengguna jalan, Wahhab menuturkan, yang paling banyak memberi donasi untuk Myanmar adalah para driver ojek online.

Selasa, 12/09/2017 21:31 0

Indonesia

Beredar Foto-foto Palsu soal Rohingya, Begini Cara Memastikannya

Foto ini bukanlah tragedi pembantaian. Namun, foto di bawah ini adalah foto situasi ketika umat Buddha di Tibet membantu evakuasi mayat pasca terjadinya gempa di Cina.

Selasa, 12/09/2017 19:09 0

Indonesia

Kuasa Hukum Asma Dewi Akan Ajukan Praperadilan

Mulanya, polisi menangkap Dewi karena mengunggah konten ujaran kebencian dan penghinaan agama dan ras tertentu. Dari pengembangannya, Dewi diduga turut mentransfer uang sebesar Rp 75 juta ke pengurus inti kelompok Saracen.

Selasa, 12/09/2017 17:54 0

Indonesia

Try Sutrisno Jadi Pengarah UKP Pancasila, Keluarga Korban Peristiwa Priok Protes

Langkah Presiden RI Joko Widodo menunjuk Try Sutrisno sebagai salah satu dewan pengarah Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) menuai protes dari keluarga korban peristiwa berdarah Tanjung Priok 12 September 1984.

Selasa, 12/09/2017 17:49 0

Indonesia

Kronologi Penangkapan Asma Dewi, Sosialita yang Diduga Terlibat Saracen

Asma Dewi, ibu rumah tangga dan seorang pengguna media sosial ditangkap karena kasus hate speech dan dugaan keterlibatannya dengan Seracen.

Selasa, 12/09/2017 17:19 0

Indonesia

Potong Gaji Anggota, Fraksi PKS Galang Donasi hingga 250 Juta untuk Rohingya

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggalang dana dari seluruh anggota, staf dan pegawainya di DPR untuk didonasikan kepada Rohingya

Selasa, 12/09/2017 16:47 0

Indonesia

Pembubaran Kegiatan Muhammadiyah di Jepara, Wantim MUI: Ukhuwah Islamiyah Jangan Diabaikan

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Din Syamsuddin menyayangkan pembubaran paksa Daurah Tahfidul Quran Muhammadiyah di Karimunjaya, Jepara. Hal itu ia sampaikan melalui akun Twitter pribadi miliknya.

Selasa, 12/09/2017 15:40 0

Artikel

Andaikan Kita Seorang Rohingya (1) : Sejarah Rohingya

Asal kata Rohingya hingga kini banyak menjadi perdebatan para ahli sejarah. Menurut etimologi, istilah "Rohingya" berasal dari kata Rohang,

Selasa, 12/09/2017 15:10 0