... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

UKP Pancasila: Orang Ateis Itu Boleh, Murtad Pun Boleh

Foto: Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Drs. Anas Saidi, Drs. Anas Saidi.

KIBLAT.NET, Jakarta – Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Drs. Anas Saidi mengemukakan bolehnya seseorang menganut Ateis alias tidak bertuhan. Ia berdalih dengan mengutip potongan ayat Al-Qur’an bahwa tidak ada paksaan dalam agama.

“Orang Ateis itu boleh, laa ikrooha fiddien (tidak ada paksaan di dalam agama). Tuhan saja tidak memaksa, yang tidak boleh ketika mereka memprovokasikan anti-agama,” ujarnya di hadapan wartawan seusai acara Simposium Nasional Pemuda Indonesia di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (30/08).

Pria yang dikenal sebagai peneliti bidang filsafat, agama, dan sosiologi itu menambahkan bahwa sejauh ruang sosial tidak diganggu oleh ideologi apapun, maka murtad (keluar dari Islam.red) pun tidak masalah.

“Sejauh ruang sosial itu tidak diganggu oleh ideologi apapun maka tidak masalah. Masalahnya adalah ketika (ruang sosial) terganggu. Orang mau murtad kan boleh,” ujarnya.

“Yang dipersoalkan ketika menjadi Ateis adalah jika menyerang orang yang berkeyakinan yang beragama, seperti PKI dulu misalnya,” kata Guru Besar Universitas Negeri Malang itu menambahkan.

Perlu diingat, Pancasila yang disebut-sebut sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia memuat asas Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Sila Pertama. Asas tersebut secara jelas menafikan ideologi non-Tuhan atau Ateis.

Adapun terkait murtad atau keluar dari Islam, memiliki konsekuensi-konsekuensi yang akan dihadapi pelakunya. Seperti hilangnya hak dan kewajiban sebagai seorang Muslim dan ancaman dosa besar.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

3 comments on “UKP Pancasila: Orang Ateis Itu Boleh, Murtad Pun Boleh”

  1. Anto

    Sila pertama itu jelas. Ketuhanan YME. Disini jelas setiap orang hrs beragama alias berTuhan alias meyakini adanya Tuhan.

  2. Pupung

    Kalau begitu…kenapa pula Panacasila dijadikan Dasar Bernegara…padahal di dalammya 1,Ketuhanan Yang Maha Esa….kalau Atheis kan tidak bertuhan….jadi dia tidak mengikuti Dasar Negara….jadi kalau orang tidak mengikuti Dasar Negara …yang nggak apa-apa juga?

  3. Maizon

    Hah…..ini dia satu lagi manusia tak bertuha.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Bangladesh Akan Bebaskan 2.000 Hektar Lahan untuk Pengungsi Rohingya

Pemerintah Bangladesh berencana untuk membebaskan sebuah lahan sebagai kamp atau tempat penampungan baru bagi pengungsi Rohingya. Sheikh Hasina, selaku perdana menteri mengatakan 2.000 hektar lahan yang dibebaskan berada di dekat kamp Kampakalong.

Selasa, 12/09/2017 11:21 0

Myanmar

Ledakan Ranjau Renggut Nyawa 3 Rohingya di Perbatasan Myanmar

Sedikitnya tiga pengungsi Rohingya dilaporkan tewas dan beberapa lainnya luka-luka akibat terkena ranjau yang meledak di daerah dekat perbatasan Myanmar dengan Bangladesh pada hari Ahad (10/09) kemarin.

Selasa, 12/09/2017 10:49 0

Afghanistan

Taliban Serang Pasukan AS di Hari Peringatan 9/11

Seorang pengendara mobil meledakkan bom yang diangkutnya menargetkan konvoi pasukan dukungan pimpinan NATO di Afghanistan.

Selasa, 12/09/2017 09:50 0

Arab Saudi

Al-Jazeera: Saudi Tangkap 20 Orang, Mayoritas Dai

Kabar penangkapan ini mengguncangkan jagad media sosial Saudi. Mayoritas mengutuk namun juga ada yang mendukung.

Selasa, 12/09/2017 09:19 1

Asia

Cucu Mahatma Gandhi Surati Pemimpin Myanmar Terkait Rohingya

Seorang cucu Mahatma Ghandi dilaporkan telah mengirim surat desakan kepada Aung San Suu Kyi terkait Genosida Muslim Rohingya.

Selasa, 12/09/2017 08:27 0

Turki

Turki Luncurkan Kampanye Nasional untuk Bantu Rohingya

KIBLAT.NET, Ankara – Badan bantuan Turki dikabarkan telah meluncurkan sebuah kampanye bantuan nasional untuk Muslim...

Selasa, 12/09/2017 07:40 1

Rusia

Polisi Rusia Ciduk Puluhan Peserta Aksi Solidaritas Rohingya

Polisi Rusia menangkap puluhan peserta aksi solidaritas untuk Rohingya. Jumlah peserta aksi yang digiring ke mobil tahanan diperkirakan hampir 100 dari 200 peserta.

Senin, 11/09/2017 20:48 0

Inggris

“Iran dan Rusia Bantu Pengembangan Program Nuklir Korea Utara”

Sumber senior Whitehall mengatakan bahwa ilmuwan Korea Utara tidak mampu sendirian memajukan progam nuklir tanpa bantuan negara lain. Dalam hal ini, ia mengatakan indikasi kuat jatuh ke Iran, lalu Rusia.

Senin, 11/09/2017 18:15 0

Feature

Surat dari Rohingya: Kami Sedang Menghadapi Kepunahan

Sepanjang hidupku, tepatnya sejak 24 tahun lalu, aku telah menjadi seorang tahanan di sebuah penjara terbuka, Anda tahu? Penjara itu adalah Rakhine State.

Senin, 11/09/2017 17:40 1

Opini

Berkorban untuk Taat

KIBLAT.NET – Masih dalam bulan Zulhijjah. Masih dalam suasana memperingati agungnya pengorbanan Nabi Ibrahim as....

Senin, 11/09/2017 17:31 0