... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Try Sutrisno Jadi Pengarah UKP Pancasila, Keluarga Korban Peristiwa Priok Protes

Foto: Try Sutrisno. (Republika)

KIBLAT.NET, Jakarta – Langkah Presiden RI Joko Widodo menunjuk Try Sutrisno sebagai salah satu dewan pengarah Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) menuai protes dari keluarga korban peristiwa berdarah Tanjung Priok 12 September 1984.

“Sampai hari ini kejelasan pertanggungjawaban dari pelaku yang satu-satunya masih hidup sampai sekarang adalah Try Sutrisno. Itupun tidak tersentuh, tidak terseret dan bahkan dilindungi,” kata Wanma Yetty di gedung Amnesty International Indonesia, Menteng, Jakarta Selatan pada Senin (11/09).

Peristiwa Tanjung Priok 33 tahun silam memakan korban tidak kurang 400 orang tewas ketika militer di bawah komando Pangkobkabtib mengumbar tembakan ke arah massa umat Islam. Saat itu, Pangkobkabtib berada di bawah pimpinan Pangab yang saat itu dipimpin LB Moerdani dan Pangdam Jaya di bawah Try Sutrisno.

Yetty mengungkapkan penyesalannya atas keputusan Jokowi tersebut. “Saya menyesalkan kenapa setiap pelaku itu diberi ruang untuk kedudukan yang sangat penting,” ujarnya yang didampingi sejumlah keluarga korban lain.

Di akhir, Yetty juga menyebut nama lain seperti Wiranto, yang diduga terlibat sejumlah pelanggaran HAM masa lalu namun ditunjuk sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

“Apa Jokowi tidak tahu masa lalu?” ucapnya.

Reporter: Reno Alfian
Editor: M. Rudy

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Inggris

Parah, Pria Ini Gunakan Anjing Buasnya untuk Serang Muslim

Hakim menyatakan bahwa Wendland menggunakan anjingnya sebagai senjata untuk melakukan serangan. Ia melukai seorang Muslim, sedang seorang muslimah lainnya mengalami ketakutan yang luar biasa akibat anjing itu.

Selasa, 12/09/2017 16:10 0

Artikel

Andaikan Kita Seorang Rohingya (1) : Sejarah Rohingya

Asal kata Rohingya hingga kini banyak menjadi perdebatan para ahli sejarah. Menurut etimologi, istilah "Rohingya" berasal dari kata Rohang,

Selasa, 12/09/2017 15:10 0

Mesir

Imam Besar Al-Azhar Minta Negara Muslim Jatuhkan Sanksi ke Myanmar

Imam Besar Universitas Al-Azhar Mesir melayangkan kecaman terkait genosida etnis Muslim Rohingya di Myanmar.

Selasa, 12/09/2017 14:25 0

Eropa

WHO: 800 Ribu Orang Bunuh Diri Tiap Tahun

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (The World Health Organization) mengungkapkan bahwa 800 ribu orang di dunia meninggal karena bunuh diri setiap tahun. Sebagian besar dari mereka adalah dari negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Selasa, 12/09/2017 13:50 0

Myanmar

Genosida Rohingya Belum Usai, Akses Internasional ke Rakhine Ditutup

Aksi kekerasan yang mengarah kepada genosida atau pembersihan etnis terhadap Muslim Rohingya oleh para nasionalis Buddhis dan tentara Myanmar masih terus berlangsung hingga saat ini.

Selasa, 12/09/2017 13:20 0

Asia

Bangladesh Akan Bebaskan 2.000 Hektar Lahan untuk Pengungsi Rohingya

Pemerintah Bangladesh berencana untuk membebaskan sebuah lahan sebagai kamp atau tempat penampungan baru bagi pengungsi Rohingya. Sheikh Hasina, selaku perdana menteri mengatakan 2.000 hektar lahan yang dibebaskan berada di dekat kamp Kampakalong.

Selasa, 12/09/2017 11:21 0

Myanmar

Ledakan Ranjau Renggut Nyawa 3 Rohingya di Perbatasan Myanmar

Sedikitnya tiga pengungsi Rohingya dilaporkan tewas dan beberapa lainnya luka-luka akibat terkena ranjau yang meledak di daerah dekat perbatasan Myanmar dengan Bangladesh pada hari Ahad (10/09) kemarin.

Selasa, 12/09/2017 10:49 0

Afghanistan

Taliban Serang Pasukan AS di Hari Peringatan 9/11

Seorang pengendara mobil meledakkan bom yang diangkutnya menargetkan konvoi pasukan dukungan pimpinan NATO di Afghanistan.

Selasa, 12/09/2017 09:50 0

Arab Saudi

Al-Jazeera: Saudi Tangkap 20 Orang, Mayoritas Dai

Kabar penangkapan ini mengguncangkan jagad media sosial Saudi. Mayoritas mengutuk namun juga ada yang mendukung.

Selasa, 12/09/2017 09:19 1

Asia

Cucu Mahatma Gandhi Surati Pemimpin Myanmar Terkait Rohingya

Seorang cucu Mahatma Ghandi dilaporkan telah mengirim surat desakan kepada Aung San Suu Kyi terkait Genosida Muslim Rohingya.

Selasa, 12/09/2017 08:27 0