Taliban Serang Pasukan AS di Hari Peringatan 9/11

KIBLAT.NET, Kabul – Sejumlah tentara AS dan warga sipil Afghanistan cedera pada hari Senin (11/09) dalam sebuah serangan menargetkan konvoi mereka di distrik Bagram, Afghanistan utara, kata pernyataan oleh pasukan NATO di Afghanistan.

Seorang pengendara mobil meledakkan bom yang diangkutnya menargetkan konvoi pasukan dukungan pimpinan NATO di Afghanistan.

Juru bicara pasukan AS di Afghanistan, William Salvan, mengaku AFP bahwa dua tentara Amerika terluka dalam insiden tersebut dan kondisinya tidak berbahaya. Sementara komandan polisi setempat Mohamed Zaman Mamuzai menambahkan bahwa sedikitnya tiga warga terluka akibat serangan itu.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan bahwa serangan tersebut menewaskan 13 tentara Amerika dan melukai 11 lainnya, selain menghancurkan tiga kendaraan lapis baja.

Serangan tersebut terjadi pada peringatan 16 tahun serangan 11 September 2001 yang menyebabkan invasi pimpinan AS ke Afghanistan dan penggulingan rezim Taliban.

Itu merupakan serangan kedua dari jenisnya dalam waktu kurang dari seminggu, menargetkan wilayah Bagram, di mana terdapat pangkalan udara AS yang dinamai dengan nama kota tersebut.

Serangan sebelumnya sebagai pembalasan atas selebaran propaganda yang dibagi-bagikan tentara AS. Isi selebaran itu dianggap menyinggung umat Islam, dan memicu gelombang kemarahan di Afghanistan.

Militer AS meminta maaf di Afghanistan karena membagikan selebaran tersebut, dengan mengatakan bahwa hal itu “sangat menyinggung” kaum Muslim dan penyelidikan akan dibuka.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat