... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pembubaran Kegiatan Muhammadiyah di Jepara, Wantim MUI: Ukhuwah Islamiyah Jangan Diabaikan

Foto: Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, Din Syamsuddin.

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Din Syamsuddin menyayangkan pembubaran paksa Daurah Tahfidul Quran Muhammadiyah di Karimunjaya, Jepara. Hal itu ia sampaikan melalui akun Twitter pribadi miliknya.

“Pembubaran paksa Daurah Tahfizhul Qur’an Muhammadiyah di Karimun Jaya adalah bentuk intoleransi, seyogyanya sesama Muslim bertasamuh,” ujarnya pada Senin (11/09).

Tak hanya itu, Din juga mengingatkan bahwa sebagai Muslim seharusnya bisa saling menyayangi sesama saudaranya, bukan malah sebaliknya.

“Sesuai Al-Qur’an, kaum beriman itu asyiddau ‘alal kuffar (tegas thd kaum kafir) ruhamau bainahum (menyayangi sesama mereka). Jangan dibalik,” tegasnya.

Terakhir, Din mengingatkan jika umat Islam ingin bersatu dalam perjuangan Islam, harusnya bisa satu suara. Hal itu sebagai bentuk Ukhuwah Islamiyah.

“Sebelum umat Islam melangkah ke ukhuwah wathoniyah dan basyariah, ukhuwah Islamiyah sbg titik tolak jgn diabaikan. Perlu satu ucap dan laku,” tulisnya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa sejak hari Senin 4 September 2017, Ittihadul Ma’ahid Muhammadiyah (ITMAM / Persatuan Pondok Pesantren Muhammadiyah) mengadakan Daurah Tahfidzul Qur’an program dua bulan dengan target hafalan 30 juz di Karimunjawa, Jepara.

Namun pada hari Rabu, kegiatan tersebut diancam akan dibubarkan oleh kelompok tertentu. Alasan pembubaran karena bangunan gedung yang ditempati belum memiliki IMB.

“Ancaman pembubaran tersebut disampaikan malam Kamis. Pihak Kecamatan Karimunjawa dan pihak NU menemui panitia untuk membubarkan kegiatan ini. Atas ancaman tersebut, ITMAM diberi tenggang waktu sepekan,” ujar Ketua ITMAM, Yunus seperti dikutip dari Sangpencerah.id.

Baca halaman selanjutnya: Pernyataan Bersama PCNU...

Halaman Selanjutnya 1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Andaikan Kita Seorang Rohingya (1) : Sejarah Rohingya

Asal kata Rohingya hingga kini banyak menjadi perdebatan para ahli sejarah. Menurut etimologi, istilah "Rohingya" berasal dari kata Rohang,

Selasa, 12/09/2017 15:10 0

Mesir

Imam Besar Al-Azhar Minta Negara Muslim Jatuhkan Sanksi ke Myanmar

Imam Besar Universitas Al-Azhar Mesir melayangkan kecaman terkait genosida etnis Muslim Rohingya di Myanmar.

Selasa, 12/09/2017 14:25 0

Eropa

WHO: 800 Ribu Orang Bunuh Diri Tiap Tahun

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (The World Health Organization) mengungkapkan bahwa 800 ribu orang di dunia meninggal karena bunuh diri setiap tahun. Sebagian besar dari mereka adalah dari negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Selasa, 12/09/2017 13:50 0

Myanmar

Genosida Rohingya Belum Usai, Akses Internasional ke Rakhine Ditutup

Aksi kekerasan yang mengarah kepada genosida atau pembersihan etnis terhadap Muslim Rohingya oleh para nasionalis Buddhis dan tentara Myanmar masih terus berlangsung hingga saat ini.

Selasa, 12/09/2017 13:20 0

Asia

Bangladesh Akan Bebaskan 2.000 Hektar Lahan untuk Pengungsi Rohingya

Pemerintah Bangladesh berencana untuk membebaskan sebuah lahan sebagai kamp atau tempat penampungan baru bagi pengungsi Rohingya. Sheikh Hasina, selaku perdana menteri mengatakan 2.000 hektar lahan yang dibebaskan berada di dekat kamp Kampakalong.

Selasa, 12/09/2017 11:21 0

Myanmar

Ledakan Ranjau Renggut Nyawa 3 Rohingya di Perbatasan Myanmar

Sedikitnya tiga pengungsi Rohingya dilaporkan tewas dan beberapa lainnya luka-luka akibat terkena ranjau yang meledak di daerah dekat perbatasan Myanmar dengan Bangladesh pada hari Ahad (10/09) kemarin.

Selasa, 12/09/2017 10:49 0

Afghanistan

Taliban Serang Pasukan AS di Hari Peringatan 9/11

Seorang pengendara mobil meledakkan bom yang diangkutnya menargetkan konvoi pasukan dukungan pimpinan NATO di Afghanistan.

Selasa, 12/09/2017 09:50 0

Arab Saudi

Al-Jazeera: Saudi Tangkap 20 Orang, Mayoritas Dai

Kabar penangkapan ini mengguncangkan jagad media sosial Saudi. Mayoritas mengutuk namun juga ada yang mendukung.

Selasa, 12/09/2017 09:19 1

Asia

Cucu Mahatma Gandhi Surati Pemimpin Myanmar Terkait Rohingya

Seorang cucu Mahatma Ghandi dilaporkan telah mengirim surat desakan kepada Aung San Suu Kyi terkait Genosida Muslim Rohingya.

Selasa, 12/09/2017 08:27 0

Turki

Turki Luncurkan Kampanye Nasional untuk Bantu Rohingya

KIBLAT.NET, Ankara – Badan bantuan Turki dikabarkan telah meluncurkan sebuah kampanye bantuan nasional untuk Muslim...

Selasa, 12/09/2017 07:40 1