... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Galeri

Editorial : Ketika Kaum Terpelajar Menolak Cadar

KIBLAT.NET – Entah kenapa cadar bagi Muslimah kini seolah menjadi barang tabu. Sejumlah negara-negara Eropa kenakan aturan yang ketat terkait cadar, semisal Perancis, Inggris, ataupun Spanyol. Negara-negara tersebut semula berdalih bahwa cadar merupakan identitas kaum ekstremisme, namun dalam praktiknya aturan itu membuat masyarakat justru bersikap ekstrem terhadap individu yang hendak mengekspresikan identitas keagamaan.

Kekerasan verbal hingga fisik dilakukan sebagai sikap anti-cadar dalam bingkai Islamophobia. Di Barcelona, Spanyol, misalnya, seorang ibu bercadar harus merasa kesakitan ketika perutnya ditendang orang tak dikenal. Sementara di Sunderland, Inggris, seorang muslimah yang tengah menunggu suaminya terhempas ke tanah setelah cadar yang dipakainya ditarik paksa seorang fanatik. Tak hanya itu, ia pun menerima ucapan kasar dari penyerang yang meneriakinya “bodoh”.

Jauh dari Eropa, sikap anti-cadar juga terjadi di Indonesia meski bukan sikap resmi diterapkan pemerintah. Kasus yang pertama kali sempat terdengar terjadi pada akhir di era Orde Baru pada 30 November 1999. Dua mahasiswi kedokteran USU (Universitas Sumatera Utara) menerima surat resmi pelarangan cadar. Alasannya karena cadar dapat menghalangi aktivitas belajar dan komunikasi dengan dosen.

Video dapat dilihat dan diunduh di sini.

Editor : Abdullah Muhammad

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Pemerintah Myanmar Tolak Gencatan Senjata ARSA

Pemerintah tidak akan berunding dengan “teroris”. Pernyataan itu ditulisnya beberapa jam setelah pernyataan gencatan senjata ARSA

Senin, 11/09/2017 09:35 1

Rusia

Rusia Tangkap Puluhan Peserta Aksi Solidaritas Rohingya

Sementara itu, polisi tidak memberikan informasi mengenai jumlah peserta aksi yang ditahan. Kantor berita AFP menyebutkan, jumlah demonstran yang ditangkap di kota Saint Petersburg sebanyak 100 orang.

Senin, 11/09/2017 08:17 0

Prancis

Interpol Hapus Nama Syaikh Yusuf Al-Qardhawi dari Daftar DPO

Organisasi Polisi Internasional (Interpol) menghapus nama presiden Persatuan Cendikiawan Muslim Dunia (Al-Ittihad Al-Alami li Ulama Al-Muslimin), Dr. Yusuf al-Qardhawi, dari daftar yang dicari. Penghapusan DPO itu setelah menemukan bahwa tuduhan yang diajukan kepadanya oleh rezim Mesir dibuat-buat.

Senin, 11/09/2017 07:32 0

Arab Saudi

Syaikh Salman Al-Audah dan Awad Al-Qarni Ditangkap

Kabar penangkapkan dua ulama Saudi ini pun banyak dibicarakan di media sosial pada Ahad (10/09). Bahkan, hastag yang mengabarkan penangkapan Syaikh Salman menduduki trending topik kedua di jagad Twitter Timur Tengah.

Senin, 11/09/2017 06:50 0

Myanmar

Menlu Bangladesh Tegaskan yang Menimpa Muslim Rohingya Genosida

Ali juga memaparkan, 300.000 orang Rohingya telah tiba di Bangladesh dalam dua minggu terakhir sementara 4.000 dari mereka sebelumnya telah melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari penyiksaan pasukan Myanmar.

Senin, 11/09/2017 06:10 0

Asia

Di Forum OKI, Erdogan Desak Bantu Rohingya

"Kami ingin bekerja sama dengan pemerintah Myanmar dan Bangladesh untuk mencegah keadaan buruk kemanusiaan di kawasan ini," katanya pada sesi pembukaan pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Astana pada Ahad (10/09)

Senin, 11/09/2017 06:03 0

Indonesia

Ini Kesulitan ACT Saat Salurkan Bantuan untuk Rohingya

"Tantangannya yang sangat jelas dari penolakan pemerintah negara yang bersangkutan. Misal dari Myanmar, masih menutup dan memblokade bantuan kemanusiaan, baik dari NGO (Non Government Organization, red) atau lembaga apapun, tidak bisa masuk, bukan dipersulit, tapi tidak bisa masuk, diblokade," ungkapnya saat dihubungi Kiblat.net, Ahad (10/09).

Senin, 11/09/2017 05:42 0

Myanmar

ACT: Kekerasan Militer terhadap Etnis Muslim Rohingya Masih Berlanjut

Faisol Amrullah mengungkapkan bahwa kekerasan yang dilakukan oleh militer Myanmar hingga saat ini masih berlangsung terhadap etnis Muslim minoritas Rohingya.

Ahad, 10/09/2017 20:05 0

Suriah

Rusia Akui Kehilangan Dua Tentaranya Akibat Serangan Mortir di Deir Az-Zour

Dua anggota militer Rusia dilaporkan tewas di provinsi Deir Az-Zour setelah terkena tembakan artileri pejuang-pejuang ISIS yang menghantam konvoi mereka.

Ahad, 10/09/2017 19:02 0

Myanmar

Berhasil Tembus Rakhine, Begini Kesaksian Relawan Kemanusiaan ACT

Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) berhasil menyalurkan bantuan kepada korban kekerasan di Rakhine State

Ahad, 10/09/2017 18:55 0