... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Selat Singapura, BMH Turun Aksi Peduli Rohingya

KIBLAT.NET, Batam – Krisis kemanusiaan di Myanmar yang menyebabkan ribuan etnis minoritas Rohingya yang tinggal di Rakhine State meninggalkan negara itu tak hanya menjadi perhatian dunia, tetapi juga menuai simpati warga masyarakat dari berbagai lapisan termasuk Batam, Kepulauan Riau.

Lembaga Zakat Nasional, Baitul Maal Hidayatulah Perwakilan Kepulauan Riau (KEPRI) bergerak untuk membantu korban kekerasan yang dialami masyarakat Rohingya di Myanmar, Ahad (10/9/2017).

Setidaknya puluhan amil dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Hidayatullah Batam yang tersebar di Jalan Raya Simpang Kabil, Batam Centre mengumpulkan donasi dari masyarakat di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

General Manager BMH Kepri mengatakan, Umar Said, aksi ini selain sebagai bentuk kepedulian dan rasa solidaritas terhadap sesama ummat Muslim, tapi aksi ini juga menjadi sebuah upaya mengedukasi generasi muda Islam di Kota Pariwisata Batam untuk menumbuhkan jiwa yang punya kepekaan sosial terhadap sesama, khususnya terkait ummat Islam di Rakhine Myanmar.

“Jika satu anggota tubuh terluka, bagian tubuh yang lain akan turut merasakannya. Maka inilah sesungguhnya substansi dari aksi galang dana kali ini,” kata pria kelahiran Berau, 26 Januari 1982.

Kedepannya nanti, Umar, demikian beliau disapa berharap aksi-aksi seperti ini lebih terkoordinasi dengan baik dan diharapkan Kota Batam menjadi barometer secara nasional sebagai kota yang dihuni insan-insan yang mempunyai perhatian dan rasa empati yang tinggi terhadap persoalan-persoalan kemanusiaan khususnya yang menyangkut warga muslim di mana pun berada.

BACA JUGA  Netty Aher: Ustadz Hilmi Aminuddin Berjasa Atas Kebangkitan Politik Islam

Koordinator Lapangan Asep menambahkan, aksi galang dana ini menurunkan puluhan tenaga-tenaga mahasiswa STIT Hidayatullah Batam selama 2 hari full. “Alhamdulillah, antusias mahasiswa sangat besar, sehingga kami juga rela panas-panas di jalan raya guna menggalang dana untuk saudara kita,” jelas Asep Mahasiswa Semester VII.

 

Reporter: Andre Rahmatullah
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Beban Pajak, Sebuah Prakondisi Jihad Diponegoro

Pajak yang semakin tinggi membuat rakyat semakin miskin dan menderita. Apalagi ditambah dengan bencana alam gunung meletus dan wabah penyakit kolera yang semakin memperburuk keadaan. Pemerintah lokal dan penjajah Belanda yang mengontrolnya tidak peka dengan penderitaan rakyat, tetapi justru menaikkan pajak dan berbagai jenis bea (pajak) bagi barang-barang dagangan di gerbang-gerbang tol.

Senin, 11/09/2017 14:07 1

Video News

Editorial : Ketika Kaum Terpelajar Menolak Cadar

KIBLAT.NET – Entah kenapa cadar bagi Muslimah kini seolah menjadi barang tabu. Sejumlah negara-negara Eropa...

Senin, 11/09/2017 12:37 0

Video News

Tengku Zulkarnain: Ini yang Bisa Kita Lakukan untuk Rohingya

KIBLAT.NET – Kezaliman terhadap muslim Rahingya mengundang perhatian dunia, terutama kaum muslimin. Termasuk saudara-saudara mereka...

Senin, 11/09/2017 10:40 0

Myanmar

Pemerintah Myanmar Tolak Gencatan Senjata ARSA

Pemerintah tidak akan berunding dengan “teroris”. Pernyataan itu ditulisnya beberapa jam setelah pernyataan gencatan senjata ARSA

Senin, 11/09/2017 09:35 1

Rusia

Rusia Tangkap Puluhan Peserta Aksi Solidaritas Rohingya

Sementara itu, polisi tidak memberikan informasi mengenai jumlah peserta aksi yang ditahan. Kantor berita AFP menyebutkan, jumlah demonstran yang ditangkap di kota Saint Petersburg sebanyak 100 orang.

Senin, 11/09/2017 08:17 0

Prancis

Interpol Hapus Nama Syaikh Yusuf Al-Qardhawi dari Daftar DPO

Organisasi Polisi Internasional (Interpol) menghapus nama presiden Persatuan Cendikiawan Muslim Dunia (Al-Ittihad Al-Alami li Ulama Al-Muslimin), Dr. Yusuf al-Qardhawi, dari daftar yang dicari. Penghapusan DPO itu setelah menemukan bahwa tuduhan yang diajukan kepadanya oleh rezim Mesir dibuat-buat.

Senin, 11/09/2017 07:32 0

Arab Saudi

Syaikh Salman Al-Audah dan Awad Al-Qarni Ditangkap

Kabar penangkapkan dua ulama Saudi ini pun banyak dibicarakan di media sosial pada Ahad (10/09). Bahkan, hastag yang mengabarkan penangkapan Syaikh Salman menduduki trending topik kedua di jagad Twitter Timur Tengah.

Senin, 11/09/2017 06:50 0

Myanmar

Menlu Bangladesh Tegaskan yang Menimpa Muslim Rohingya Genosida

Ali juga memaparkan, 300.000 orang Rohingya telah tiba di Bangladesh dalam dua minggu terakhir sementara 4.000 dari mereka sebelumnya telah melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari penyiksaan pasukan Myanmar.

Senin, 11/09/2017 06:10 0

Asia

Di Forum OKI, Erdogan Desak Bantu Rohingya

"Kami ingin bekerja sama dengan pemerintah Myanmar dan Bangladesh untuk mencegah keadaan buruk kemanusiaan di kawasan ini," katanya pada sesi pembukaan pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Astana pada Ahad (10/09)

Senin, 11/09/2017 06:03 0

Myanmar

ACT: Kekerasan Militer terhadap Etnis Muslim Rohingya Masih Berlanjut

Faisol Amrullah mengungkapkan bahwa kekerasan yang dilakukan oleh militer Myanmar hingga saat ini masih berlangsung terhadap etnis Muslim minoritas Rohingya.

Ahad, 10/09/2017 20:05 0

Close