... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muazin Masjidil Haram kepada Jamaah Indonesia: Esensi Haji itu 4T

Foto: Syaikh Ahmad bin Yunus bersama KH. Tengku Zulkarnaen

KIBLAT.NET, Mekkah — Prosesi ibadah haji musim 2017 telah berakhir. Namun bukan berarti semangat untuk saling menguatkan makna ibadah juga berakhir. Setidaknya itu yang tergambar dari pertemuan jamaah haji Indonesia dengan Syaikh Ahmad bin Yunus Khaujah, salah satu muazin Masjidil Haram.

Dalam ramah-tamah yang digagas oleh Markaz Inayah bil Jaliyat Indonesia itu, ia menekankan beberapa hal yang menjadi esensi dari pelaksanaan ibadah haji.

Logo Markaz Inayah bil Jaliyah Al-Indunisiyah

Pertama, taalluq. Menurut Syaikh Ahmad, ibadah haji sesungguhnya adalah sarana bagi seorang hamba untuk hanya taalluq (bergantung) hanya kepada Allah semata. Karena itu ia sangat mewanti-wanti agar para jamaah tidak tersita waktunya oleh tayangan TV di hotel maupun HP.

“Anda sekarang berada di Mekkah, tempat manusia belajar bagaimana bergantung sepenuhnya kepada Allah,” nasihatnya. “Anda juga jauh-jauh datang dari negeri Anda, untuk melafalkan talbiyah Labbaik Allahumma Labbaik…”

Kedua, taayusy. “Anda berada di Mekkah, tempat Nabi Muhammad SAW menghabiskan sebagian umurnya.” Syaikh mengajak para jamaah untuk taayusy, meresapi suasana Mekkah, membayangkan bagaimana dahulu Rasulullah SAW dan para shahabatnya hidup di sini. “Ini adalah bumi di mana Nabi Muhammad SAW menghabiskan sebagian umurnya. Beliau lahir di bumi ini, dan bernafas dengan udara ini,” lanjutnya.

Ketiga, taaruf dan talaqqi. Mekkah merupakan tempat berkumpulnya berbagai ragam bangsa dan suku. Apalagi pada saat pelaksanaan ibadah haji. Di sinilah pentingnya untuk saling bertemu dan berkenalan antara satu kelompok/bangsa dengan lainnya.

BACA JUGA  10 Negara Penghasil Polusi Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk?

Syaikh Ahmad kemudian menyitir beberapa firman Allah, di antaranya:

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujurat: 10)

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal,” (QS. Al-Hujurat: 13)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pertemuan ini dilaksanakan di ruang pertemuan Masjid Al-Rajihi, Mekkah pada Rabu (06/09). Dihadiri sekitar 200 jamaah haji asal Indonesia, di antaranya Ust. Tengku Zulkarnain, Ust. Farid Ahmad Okbah, Ust. Fadlan Garamatan dan Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi.

Reporter: Tony Syarqi
Editor: Hamdan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Janggal Penangkapan Alfian Tanjung, Kuasa Hukum Lapor ke Komnas HAM

Tim Advokasi untuk Alfian Tanjung (TAAT) melihat penangkapan dan penahanan kliennya banyak kejanggalan dan ada dugaan pelanggaran hak asasi manusia. Karenanya, TAAT tidak mengambil jalur hukum berupa praperadilan, namun akan melaporkan kasus ini ke dewan pengawas terkait.

Sabtu, 09/09/2017 07:41 0

Opini

Dosen Bercadar Ini Raih Hak Paten atas Penemuannya dari Kemenkumham RI

Cadar, yang selama ini orang menghujatnya, mengeluarkan larangan atas penggunaannya, dan menganggapnya sebagai fenomena keterbelakangan, ternyata juga digunakan oleh seorang dosen sekaligus peneliti yang cerdas.

Sabtu, 09/09/2017 06:44 0

Indonesia

GTA Salurkan Hewan Quban di Pegunungan Menoreh

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Untuk kesekian kalinya, Griya Tabung Akhirat (GTA) melalui program SEBAR QURBAN 1438...

Sabtu, 09/09/2017 06:28 0

Artikel

“Jangan Ambil Pusing dengan Isu yang Membuat Rumit Masalah Rohingya”

Datuk Hishamudin melanjutkan bahwa kita tidak boleh berdiam diri melihat penderitaan yang dialami muslim Rohingya. Berikutnya, beliau menandaskan bahwa momentum krisis Rohingya ini mengandung ibroh yang cukup besar.

Sabtu, 09/09/2017 06:16 0

Opini

Mati Tertindas atau Melawan dengan Gelar ‘Teroris’?

KIBLAT.NET- Dari waktu ke waktu, generasi ke generasi, Islam dan kaum Muslimin tak henti-hentinya mendapat...

Jum'at, 08/09/2017 22:01 0

Indonesia

Akses ke Magelang Dihadang Polisi, Dahnil: Berlebihan dan Paranoid

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak memberikan komentar terkait penutupan akses jalan menuju ke aksi solidaritas untuk Rohingya di Magelang.

Jum'at, 08/09/2017 21:59 0

Indonesia

Keterangan Relawan Rakhine: Kelompok Wirathu Tak Ingin Myanmar seperti Indonesia

Para pemuka agama Buddha dari "kelompok 969" dibawah pimpinan Biksu Wirathu terus menerus melakukan propaganda dalam khutbahnya.

Jum'at, 08/09/2017 21:56 0

Indonesia

Gubernur Ahmad Heryawan: Donasi Jawa Barat Peduli Rohingya Capai 1,2 Miliyar

Uang tersebut telah dikumpulkan selama satu pekan terakhir, dari donasi Masjid-masjid pemerintah, masjid masyarakat Jawa barat, serta infaq masyarakat Jawa barat.

Jum'at, 08/09/2017 21:29 0

Indonesia

Usai Khutbah Jumat, Gubernur Jabar Pimpin Aksi Solidaritas untuk Rohingya

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menjadi khatib Jumat di Masjid Pusdai, Jawa Barat. Selain itu, ia juga mempimpin aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Rohingya.

Jum'at, 08/09/2017 20:48 0

Indonesia

Elemen Mahasiswa dan Pemuda Bali Galang Dana untuk Korban Kemanusiaan Rohingya

Usai shalat Jumat (08/09), ratusan pemuda dan mahasiswa di Bali turun ke jalanan. Mereka melakukan penggalangan dana yang nantinya akan didonasikan untuk etnis Muslim Rohingya.

Jum'at, 08/09/2017 20:20 0

Close