... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Belum Tersertifikasi LPPOM MUI, Pelabelan Halal Vaksin Rubella dalam Waktu Dekat

Foto: Vaksin Measles-Rubella (MR)

KIBLAT.NET, Jakarta- Anggota Komisi Fatwa MUI, Aminudin Yakub mengungkapkan bahwa vaksin campak dan rubella atau measles-rubella (MR) yang saat ini dijalankan pemerintah belum tersertifikasi halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

“Imunisasi rubella yang saat ini dijalankan sampai hari rabu dan kamis belum didaftarkan di LPPOM MUI,” kata Yakub dalam diskusi ‘Imunisasi dalam Pandangan Islam’ di Masjid Asy-Syifa Jakarta pada Sabtu (09/09).

Ia menegaskan bahwa sebelum sebuah produk yang dinikmati masyarakat tersebar luas, harus ada sertifikasi halal dari MUI. Sebab, MUI bertangung jawab untuk menjaga umat.

“Sejatinya, sebelum dilakukan itu, dilakukan sertifikasi halal. Bagaimana hal-hal yang dapat menjadi kendala dihilangkan, supaya target tercapai,” ujarnya.

Yakub juga menegaskan bahwa tidak bisa menyatakan apakah vaksin rubella halal atau haram. Sebab, harus ada kajian yang mendalam.

“Ini harus diputuskan oleh lembaga yang otoritatif. Maka kita harapkan sinergi yang lebih erat dengan pemerintah, supaya yang kita ingin wujudkan dan cita citakan selesai,” tukasnya.

Ia juga mengatakan bahwa menyerahkan kepada masyarakat bagaimana menyikapi vaksin rubella yang belum terdaftar di LPOM MUI. Namun, ia menegaskan bahwa jika sebuah vaksin mengandung zat haram maka harus ditolak.

Kementerian Kesehatan Lakukan Pelabelan dalam Waktu Dekat

Sementara, di acara yang sama Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa & Napza Kemenkes, Dr.Fidiansjah menyatakan pihaknya akan segera mengadakan pelabelan halal pada vaksin MR (measles rubella) kepada MUI dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat kita berkoordinasi kepada semua stakeholder, bahwa itu sudah menjadi kewajiban maka tinggal pelabelan halal,” ungkapnya

Lanjutnya, dengan munculnya isu-isu miring terkait vaksin tersebut, Maka pihaknya terdorong untuk segera mengadakan pelabelan. Namun pelabelannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan membutuhkan proses.

“Karena itu sesuatu yang memang harus menunggu kesabaran tentang masalah pelabelannya,” ujarnya.

Menurut Dr.Fidiansjah, seminar tentang vaksin dan imunisasi merupakan salah satu langkah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Pihaknya akan terus melakukan edukasi dan seminar tentang vaksin agar masyarakat dapat memahami bahwa vaksinasi baik untuk diaplikasikan.

“Solusi seperti inilah untuk memberikan suatu pemahaman, jika suatu daerah menghadapi persoalan seperti ini (isu vaksinasi) sudah kita edukasi,” tukasnya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa & Napza Kemenkes, Dr.Fidiansjah dan anggota Komisi Fatwa MUI Aminudin Yakub (peci hitam)

 

Reporter: Taufiq Ishaq/Afriza DS
Editor: Imam S.

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Kisah Kepedulian Seorang Penjual Roti untuk Muslim Rohingya

KIBLAT.NET, Kocaeli – Seorang lelaki penjual roti simit di provinsi Kocaeli di bagian barat laut...

Sabtu, 09/09/2017 15:23 0

Asia

270.000 Muslim Rohingya Melarikan Diri ke Bangladesh, Sebagian Besar Wanita

Kamp-kamp pengungsian di Bangladesh telah membeludak

Sabtu, 09/09/2017 13:28 0

Turki

2 Lembaga Kemanusiaan Turki Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

KIBLAT.NET, Ankara – Bulan Sabit Merah Turki dilaporkan telah mendistribusikan bantuan senilai $2,5 juta untuk...

Sabtu, 09/09/2017 13:07 0

News

Muazin Masjidil Haram kepada Jamaah Indonesia: Esensi Haji itu 4T

Ini nasehat salah satu muazin Masjidil Haram kepada jamaah haji asal Indonesia

Sabtu, 09/09/2017 12:53 0

Mesir

Laporkan Kasus Penyiksaan Tahanan di Mesir, Situs HRW Diblokir

Human Rights Watch (HRW) mengatakan bahwa Mesir memblokir situsnya pada Kamis (07/09) setelah merilis sebuah laporan tentang dugaan penyiksaan oleh petugas keamanan. Sejumlah situs yang bertentangan dengan pemerintah Mesir dilaporkan juga ikut diblokir.

Sabtu, 09/09/2017 11:20 0

Suriah

Rakyat Suriah Kembali Turun ke Jalan, Tuntut Bashar Assad Diadili

Ratusan warga Suriah turun ke jalan-jalan di Ghauta Timur dan sejumlah daerah lainnya dalam aksi protes terbaru untuk menuntut diadilinya Bashar Assad.

Sabtu, 09/09/2017 10:40 0

Myanmar

Pembantaian Tula Toli: Kengerian Tragedi Rohingya Tergambar Jelas Di Sini

Selama wawancara dengan lebih dari selusin orang Rohingya dari Tula Toli, terdapat cerita-cerita pembantaian yang menghancurkan saat angkatan bersenjata Myanmar menyapu desa tersebut pada tanggal 30 Agustus dan membunuh sejumlah orang.

Sabtu, 09/09/2017 10:04 0

Palestina

Imam Palestina Desak Negara Muslim Bantu Rohingya

Imam masjid di wilayah Gaza Palestina, Wael al-Zerd menyampaikan krisis yang menimpa Muslim Rohingya di Myanmar.

Sabtu, 09/09/2017 09:10 0

Amerika

Trump Sesumbar Akan Segera Selesaikan Krisis Teluk

Kendati demikian, dalam sebuah pidato di Arab Saudi beberapa waktu lalu, Trump memberikan pernyataan yang bertolakbelakang. Ia justru menambah ketegangan di Teluk dengan menuduh Qatar mendanai terorisme. Penyataan untuk mendorong blokade juga ia ungkapkan dalam sejumlah postingan di Twitter.

Sabtu, 09/09/2017 08:21 0

Turki

Erdogan Ingin Bangun Kamp Pengungsian Baru untuk Rohingya

Terkait masalah Rohingya, Erdogan juga memaparkan bahwa Turki akan terus membahas masalah ini dengan para pemimpin dunia karena badan bantuan Turki telah memberikan bantuan vital kepada para pengungsi.

Sabtu, 09/09/2017 07:07 0