... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mungkinkah Orang Indonesia Jadi Imam di Masjidil Haram?

Foto: Suasana thawaf di Masjidil Haram

KIBLAT.NET, Mekkah — Shalat di Masjidil Haram, menurut Nabi SAW pahalanya berlipat hingga 100.00 kali. Itulah sebabnya mengapa banyak kaum Muslimin bersemangat untuk melakukan shalat di sana, terlebih di saat mengerjakan ibadah haji atau umrah.

Pesona Masjidil Haram tidak terbatas pada pahala yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Bagi seorang Muslim, sujud dan rukuk langsung dengan Ka’bah berada persis di depan mata, memiliki nilai ruhiyah tersendiri.

Selain itu, mendengarkan kumandang azan dengan suara yang indah dan juga bacaan Al-Quran yang dilantunkan imam shalat, menjadi pengalaman batin yang luar biasa. Ka’bah yang biasa dilihat hanya di gambar, atau suara merdu imam Masjidil Haram yang hanya kita dengar lewat file digital, kini ada di hadapan kita.

Namun, mungkinkah orang Indonesia bisa menjadi muazin atau bahkan imam shalat di Masjidil Haram?

Pertanyaan itu dilontarkan seorang jamaah haji asal Indonesia dalam acara pertemuan bersama Syaikh Ahmad bin Yunus Khaujah, salah seorang muazin Masjidil Haram. Menjawab pertanyaan itu, ia mengatakan bukan wewenangnya untuk menjawab mungkin atau tidak.

“Tetapi Anda sekarang sering berada di Baitullah (Ka’bah). Harusnya orang bersemangat untuk memperbanyak doa di dalamnya,” kata Syaikh Ahmad bin Yunus mengingatkan.

Selanjutnya ia menceritakan pengalaman pribadinya, di mana sebelum lolos menjadi muazin Masjidil Haram, bapaknya telah mendoakannya selama 15 tahun. Demikian pula Syaikh Bandar Balilah, salah satu imam Masjidil Haram. “Selama 20 tahun sebelumnya, bapaknya selalu mendoakan agar ia menjadi imam Masjidil Haram,” tutur Syaikh Ahmad.

BACA JUGA  Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1441H di Tengah Pandemi

Ia menambahkan, ada ribuan lamaran masuk menjadi muazin. Selanjutnya, calon-calon tersebut akan diseleksi berdasarkan pengetahuan terhadap agama Islam, rekomendasi beberapa tokoh dan kemampuan si pelamar. “Dari 600 orang yang melamar bersama saya saat itu, hanya 3 yang diterima,” kenangnya.

Pertemuan dengan Syaikh Ahmad bin Yunus itu sendiri digagas oleh Markaz Inayah bil Jaliyat Indonesia. Sebuah perkumpulan yang terdiri dari beberapa mahasiswa asal Indonesia yang tinggal di Saudi, dan bergerak dalam kegiatan dakwah sesama warga Indonesia yang tinggal di Arab Saudi.

Pertemuan dilaksanakan di ruang pertemuan Masjid Al-Rajihi, Mekkah pada Rabu (06/09) kemarin. Dihadiri sekitar 200 jamaah haji asal Indonesia, di antaranya Ust. Tengku Zulkarnain, Ust. Farid Ahmad Okbah, Ust. Fadlan Garamatan dan Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi.

Reporter: Tony Syarqi
Editor: Hamdan


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Islam Versus Barat

Sulit ditaklukkan lewat perang fisik, umat Islam dilemahkan dengan pandangan dan pemikiran. Meskipun diantara Islam dengan Barat terdapat persamaan, tetapi secara mendasar saling bertentangan.

Jum'at, 08/09/2017 12:11 0

Indonesia

Sindiran KH. Tengku Zulkarnaen soal Penangkapan Kembali Alfian Tanjung

Ustadz Tengku Zulkarnain menyayangkan penangkapan kembali Ustadz Alfian Tanjung yang baru saja dinyatakan bebas dari dakwaan. Dalam Twitter pribadinya, ia menyindir kasus serupa yang lambat penanganannya.

Jum'at, 08/09/2017 11:17 0

Indonesia

Solidaritas Muslim Rohingya, KAMMI Gelar Unjuk Rasa di 50 Kota

"PBB dan ASEAN harus punya solusi konkrit sehingga konflik ini bisa segera terselesaikan dan masyarakat Rohingya"

Kamis, 07/09/2017 15:19 0

Indonesia

Ditangkap Tiba-tiba, Alfian Tanjung Gagal Temui Ibunda yang Sedang Sakit

Ustadz Alfian Tanjung kini ditahan di Mako Brimob Kelapadua, Depok setelah polisi segera menangkapnya seusai diputus bebas oleh majelis hakim PN Surabaya

Kamis, 07/09/2017 14:08 0

Indonesia

Soal Diplomasi Indonesia ke Myanmar, FUI Sulteng: Mana Sikap Tegas Pemerintah?

Pemerintah Indonesia diminta lebih bersikap tegas atas tindakan militer Myanmar terhadap Muslim Rohingya di Rakhine. Hal itu kerena Indonesia berpenduduk mayoritas Muslim dan menindaklanjuti amanat dalam muqadimah UUD 1945 untuk menciptakan perdamaian dunia.

Kamis, 07/09/2017 13:48 1

Indonesia

Ini Sebabnya Ustadz Alfian Tanjung Kembali Ditahan

Ustadz Alfian Tanjung ditahan terkait kasus dugan pencemaran nama baik yang dilaporkan kader PDI Perjuangan, Tanda Perdamaian Nasution

Kamis, 07/09/2017 13:19 0

Indonesia

Kakek Saparuli di Aksi Bela Rohingya: Karena Iman Saya Tidak Capek

Bahkan, dengan umur yang sudah tak muda lagi, 72 tahun, Saparuli bersikeras untuk mengikuti aksi tersebut. Rambutnya yang memutih menjadi saksi semangat yang membara dari kakek asli Lampung ini.

Kamis, 07/09/2017 12:49 0

Indonesia

FUI Sulteng: Masalah Rohingya Tak Hanya Soal Kemanusiaan

Massa Aksi sudah berkumpul sejak pukul 13.00 WITA di Masjid Raya Baiturrahim Lolu Jalan Masjid Raya. Rafani Tuahuns selaku Kordinator lapangan terlihat mengatur barisan massa. Para peserta akan berjalan menuju Kanwil Kemenag Sulteng Jalan Moh Yamin.

Kamis, 07/09/2017 10:11 0

Indonesia

Mahasiswa Muslim Myanmar Berterima Kasih kepada Umat Islam Indonesia

"Di sana, muslimnya dibantai, ibu ibu, anak anak, nggak bisa apa apa," katanya saat berorasi di depan gedung Dubes Myanmar, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (06/09).

Kamis, 07/09/2017 08:09 0

Indonesia

Muslim Arakan: Apakah Salah Kami Karena La Ilaha Illallah?

"Kami nggak salah, apa salah kami? Apalah karena sebut la ilaha illallah?" katanya saat berorasi di depan Dubes Myanmar, Menteng, Jakarta pada Rabu (06/09).

Kamis, 07/09/2017 07:29 0

Close