... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mengharukan! Inilah Indonesia di Mata Muazin Masjidil Haram

Foto: Syaikh Ahmad bin Yunus Al-Khaujah

KIBLAT.NET, Mekkah — Postur tubuhnya tinggi besar, sebagaimana rata-rata Arab. Mukanya putih bersih dengan kain putih (samagh) yang selalu menutupi kepalanya. Sebenarnya ia pun mengenakan gamis putih, namun kain pelapis gamis (misylah) warna hitam menutupinya. Namanya Syaikh Ahmad bin Yunus Al-Khaujah.

Pagi itu (Rabu 06/09) ia diundang oleh Markaz Inayah bil Jaliyat Indonesia, untuk hadir di Masjid Al-Rajihi, Mekkah bersama sekitar 200-an jamaah haji 2017 asal Indonesia. Markaz Inayah sendiri adalah perkumpulan yang terdiri dari beberapa mahasiswa asal Indonesia yang tinggal di Saudi, dan bergerak dalam kegiatan dakwah sesama warga Indonesia yang tinggal di Arab Saudi.

Tak hanya Syaikh Ahmad yang diundang, sebenarnya. Syaikh Bandar Jalilah, salah satu imam Masjidil Haram juga harusnya datang. Namun karena alasan kesehatan, ia batal menghadiri acara yang rutin digelar setiap tahunnya oleh Markaz Inayah bil Jaliyat Indonesia itu.

Syaikh Ahmad mengawali sambutannya di podium, didampingi Wakil Ketua MUI, KH. Tengku Zulkarnain. “Bagi kami, Indonesia adalah negeri yang berbarakah. Penduduknya dengan cepat bisa menerima dakwah Islam,” tutur Syaikh. Karenanya, Indonesia menjadi negara Muslim terbesar, dan rombongan jamaah hajinya pun paling banyak.

“Ketika datang ke Mekkah, sesungguhnya orang-orang Indonesia sedang mengunjungi tanah dan rumahnya sendiri,” lanjutnya disusul pekik takbir hadirin. “Tidak ada satu kawasan pun di Mekkah ini yang kosong dari orang-orang Indonesia. Bahkan di Mekkah beberapa ulama, ahli hadits dan ahli qiroat memiliki darah Indonesia.”

Syaikh Ahmad sempat berhenti sejenak ketika mengenang bagaimana orangtuanya mendidik dan mengenalkan akhlak Nabi SAW kepadanya sejak kecil. “Kalau berbicara tentang akhlak Rasulullah SAW, saya selalu ingat dan membanggakan akhlak orang-orang Indonesia,” tuturnya lirih. “Pada diri merekalah, sesungguhnya akhlak Rasulullah SAW tercermin.”

Ust. Tengku Zulkarnaen menerima hadiah tutup jubah (misylah) dari muazin Masjidil Haram

Sejumlah hadirin pun larut dalam suasana haru. Beberapa di antaranya memekikkan takbir. Di akhir sambutannya, Syaikh Ahmad pun menyerahkan misylah nya kepada KH. Tengku Zulkarnain. Menjelang azan Zuhur, acara ditutup dengan pembagian cindera mata dari panitia kepada beberapa tokoh dan tamu undangan.

Reporter: Tony Syarqi
Editor: Hamdan

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Solidaritas Muslim Rohingya, KAMMI Gelar Unjuk Rasa di 50 Kota

"PBB dan ASEAN harus punya solusi konkrit sehingga konflik ini bisa segera terselesaikan dan masyarakat Rohingya"

Kamis, 07/09/2017 15:19 0

Indonesia

Ditangkap Tiba-tiba, Alfian Tanjung Gagal Temui Ibunda yang Sedang Sakit

Ustadz Alfian Tanjung kini ditahan di Mako Brimob Kelapadua, Depok setelah polisi segera menangkapnya seusai diputus bebas oleh majelis hakim PN Surabaya

Kamis, 07/09/2017 14:08 0

Indonesia

Soal Diplomasi Indonesia ke Myanmar, FUI Sulteng: Mana Sikap Tegas Pemerintah?

Pemerintah Indonesia diminta lebih bersikap tegas atas tindakan militer Myanmar terhadap Muslim Rohingya di Rakhine. Hal itu kerena Indonesia berpenduduk mayoritas Muslim dan menindaklanjuti amanat dalam muqadimah UUD 1945 untuk menciptakan perdamaian dunia.

Kamis, 07/09/2017 13:48 1

Indonesia

Ini Sebabnya Ustadz Alfian Tanjung Kembali Ditahan

Ustadz Alfian Tanjung ditahan terkait kasus dugan pencemaran nama baik yang dilaporkan kader PDI Perjuangan, Tanda Perdamaian Nasution

Kamis, 07/09/2017 13:19 0

Indonesia

Kakek Saparuli di Aksi Bela Rohingya: Karena Iman Saya Tidak Capek

Bahkan, dengan umur yang sudah tak muda lagi, 72 tahun, Saparuli bersikeras untuk mengikuti aksi tersebut. Rambutnya yang memutih menjadi saksi semangat yang membara dari kakek asli Lampung ini.

Kamis, 07/09/2017 12:49 0

Indonesia

FUI Sulteng: Masalah Rohingya Tak Hanya Soal Kemanusiaan

Massa Aksi sudah berkumpul sejak pukul 13.00 WITA di Masjid Raya Baiturrahim Lolu Jalan Masjid Raya. Rafani Tuahuns selaku Kordinator lapangan terlihat mengatur barisan massa. Para peserta akan berjalan menuju Kanwil Kemenag Sulteng Jalan Moh Yamin.

Kamis, 07/09/2017 10:11 0

Indonesia

Mahasiswa Muslim Myanmar Berterima Kasih kepada Umat Islam Indonesia

"Di sana, muslimnya dibantai, ibu ibu, anak anak, nggak bisa apa apa," katanya saat berorasi di depan gedung Dubes Myanmar, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (06/09).

Kamis, 07/09/2017 08:09 0

Indonesia

Muslim Arakan: Apakah Salah Kami Karena La Ilaha Illallah?

"Kami nggak salah, apa salah kami? Apalah karena sebut la ilaha illallah?" katanya saat berorasi di depan Dubes Myanmar, Menteng, Jakarta pada Rabu (06/09).

Kamis, 07/09/2017 07:29 0

Indonesia

Kesaksian Muslim Arakan: Mayat Berserakan di Mana-mana

"Di sana (Arakan.red) , ribu-ribu mayat. Ribu-ribu mayat ibu dan anak di pantai. Darahnya diambil di sana. Saudara kami nggak punya rumah, sekarang tinggal di hutan," katanya dalam bahasa Indonesia yang terbata-bata pada Rabu (06/09).

Kamis, 07/09/2017 07:11 0

Indonesia

Terduga Provokator Diamankan di Aksi Solidaritas Rohingya

Aksi solidaritas untuk Rohingya yang digelar di depan Dubes Myanmar berjalan dengan lancar. Saat berada di ujung aksi, tiba-tiba ada keributan di barisan belakang massa aksi.

Kamis, 07/09/2017 06:43 0