... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bangladesh Siapkan Pulau Terpencil Lagi Rawan Banjir untuk Tampung Rohingya

Foto: Kondisi pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh

KIBLAT.NET, Dhaka – Bangladesh, salah satu negara termiskin dan terpadat di dunia, berencana terus maju mengembangkan pulau terpencil dan rentan banjir di Teluk Benggala untuk menjadi penampungan sementara puluhan ribu Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan di negara tetangga Myanmar, kata beberapa pejabat.

Dhaka menolak menampung pengungsi Rohingya dan telah memerintahkan penjaga perbatasan untuk menghadang pengungsi Rohingya yang mencoba masuk secara ilegal. Akan tetapi, sekitar 125.000 Muslim Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh hanya dalam waktu 10 hari untuk bergabung dengan lebih dari 400.000 lainnya, yang tinggal di kamp-kamp sementara yang penuh sesak.

“Kami mencegah mereka dimanapun kita bisa, tapi ada daerah dimana kita tidak bisa mencegahnya karena medan perbatasannya, seperti hutan dan perbukitan,” kata H.T. Imam, Penasihat Senior Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina.

“Kami telah meminta bantuan badan-badan internasional untuk sementara memindahkan Rohingya ke tempat di mana mereka dapat tinggal –sebuah pulau bernama Thingar Char. Pengembangan Pulau Thigar Char harus dipandang serius,” imbuhnya.

Leonard Douilly, juru bicara Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), mengatakan telah ada pembicaraan tentang rencana memindahkan pengungsi ke pulau itu selama bertahun-tahun. Namun, Douilly mengaku tidak mendengar informasi baru terkait rencana itu dalam beberapa hari terakhir.

Pulau Thigar Char terbentuk sebagai hasil akumulasi lumpur dari Delta Bangladesh yang beralangsung hanya 11 tahun yang lalu. Berjarak dua jam dari pemukiman paling dekat, pulai ini terkena banjir sering direndam banjir ketikamusim huja,n dari bulan Juni sampai September. Ketika lautan tenang, para perompak berkeliaran di perairan terdekat untuk mencari nelayan dan menculiknya untuk mendapatkan uang tebusan. .

BACA JUGA  Sejak Awal Pandemi, Korut Klaim Nol Positif Covid-19

Seperti diketahui, pemerintah Myanmar memandang etnis Muslim Rohingya sebagai pendatang illegal meski mereka sudah tinggal di wilayah Arakan sejak beberapa dekade. Akibatnya, mereka diusir dan dibantai. Saat ini, mereka tidak memiliki Negara dan hidup terlunta-lunta tanpa kepastian di pengungsian.

Sumber: arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ustadz Arifin Ilham Serahkan Bantuan untuk Rohingya

Ustadz yang memiliki ribuan jamaah itu menyerahkan bantuan sebesar 10 juta. Uang tersebut diserahkan pada hari Selasa (05/09), seusai melaksanakan shalat subuh, melalui Ustadz Ferry Nur, Ketua Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina (KISPA).

Rabu, 06/09/2017 06:03 0

Indonesia

Ini Alasan Hasene Kembali Gandeng IZI Bantu Daerah Rawan Bencana di Indonesia

  KIBLAT.NET, Jakarta – Lembaga Kemanusiaan Internasional Hasene Germany sinergi bersama Lembaga Amil Zakat Indonesia...

Selasa, 05/09/2017 20:22 0

Artikel

Jejak Israel dalam Genosida Muslim Rohingya di Myanmar

Kita tidak bisa melupakan catatan sejarah bahwa pendiri negara ilegal Israel, sekaligus Perdana Menteri pertama Israel, David Ben-Gurion, di masanya pernah menjalin hubungan erat dengan Birma.

Selasa, 05/09/2017 18:29 0

Indonesia

Meme-meme Solidaritas Rohingya, Nomor 4 dan 5 Bisa Diaminkan

Tragedi kemanusiaan di Rohingya tidak bisa diterima dengan akal manusia. Ribuan Muslim terusir dari kampung halamannya, selain tewas di tangan pasukan militer dan kelompok Buddha Myanmar.

Selasa, 05/09/2017 10:34 0

Video News

Seruan Peduli Rohingya Ustadz Farid Ahmad Okbah, MA. Seri 1

KIBLAT.NET – Saudara seiman kita di Rohingya kembali ditindas dan dibantai. Apa yang harus kita...

Selasa, 05/09/2017 09:38 0

Video Kajian

Nikmat Ibadah dengan Cinta (Ust. Taqiyuddin, Lc.)

KIBLAT.NET – Banyak dari kita yang susah sekali menikmati ibadah. Padahal kalau kita berkaca pada...

Selasa, 05/09/2017 09:08 0

Indonesia

Ingin Bantu? Ini yang Paling Dibutuhkan Muslim Rohingya Menurut LazisMu

LazisMu siap salurkan dana bantuan untuk muslim Rohingya sebesar Rp1 miliar

Senin, 04/09/2017 19:02 0

Indonesia

Amnesty Internasional: Seluruh Etnis Muslim Rohingya Jadi Korban Militer Myanmar

Pemerintah Myanmar itu melakukan penghukuman kolektif terhadap masyarakat Rohingya di sana

Senin, 04/09/2017 17:38 0

Indonesia

Hakim Putuskan SP3 Tidak Sah, Kasus Ade Armando Berlanjut

"Menyatakan tidak sah Surat Perintah Penghentian Penyidikan Nomor SPPP/22/II/2017/ Ditreskrimsus tanggal 1 Februari 2017 Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dan Surat Ketetapan Nomor S.Tap/22/II/2017 Ditreskrimum tentang surat Perintah Penghentian Penyidikan"

Senin, 04/09/2017 15:53 0

Indonesia

Aksi Solidaritas Rohingya di Bandung Minta Pemerintah Kirim Tentara Ke Myanmar

Pemerintah diharapkan bisa mengirimkan pasukan untuk menyelamatkan umat muslim Rohingya.

Senin, 04/09/2017 15:52 0

Close