3571 Pengungsi Palestina Terbunuh Akibat Konflik Suriah

KIBLAT.NET, Damaskus – Kelompok Kerja untuk Palestina-Suriah baru-baru ini merilis laporan korban dan tahanan warga Palestina di penjara rezim Bashar Assad. Data itu dikumpulkan sejak awal revolusi Suriah pada 2011 lalu hingga September 2017.

Menurut laporan yang dilansir portal Suriah, enabbaladi.net pada Selasa (05/09), total korban warga Palestina selama konflik Suriah mencapai 3.571 jiwa, 463 di antaranya wanita.

Kelompok tersebut menjelaskan, dari seluruh korban itu, sebanyak 198 tewas akibat kelaparan dan tidak mendapat perawatan medis. Mayoritas mereka tinggal di Kamp Yarmouk yang terblokade selama 1.089 hari. Sisanya tewas karena serangan, mayoritas dari rezim.

Sementara total warga Palestina yang ditahan rezim Assad sebanyak 1633 ribu. 103 di antaanya wanita.

Jumlah pengungsi Palestina di Suriah lebih dari 600 ribu jiwa. Sebagian kamp mereka rusak parah sehingga memaksa penghuninya kembali mengungsi.

Perang di Suriah juga menyebabkan ribuan warga Palestina mengungsi ke negara tetangga dan Eropa. Sebagian dari mereka memilih mengungsi ke Jalur Gaza.

Terkait jumlah pengungsi Palestina yang meninggalkan Suriah, kelompok tersebut menunjukkan jumlah mereka mencapai 140 ribu orang.

Masih menurut laporan tersebut, sekitar 85 ribu pengungsi Palestina di Suriah telah tiba di Eropa hingga akhir 2016. Sementara yang mengungsi ke negara sekitar sebanyak 31 ribu di Lebanon, 17 ribu di Yordan, 6 ribu di Mesir, 8 ribu di Turki dan seribu di Gaza.

Sumber: enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat