... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

772 Sipil Suriah Tewas Selama Agustus, Mayoritas Karena Serangan Koalisi

Foto: Serangan koalisi AS di Idlib/ilustrasi

KIBLAT.NET, Damaskus – Jaringan HAM Suriah mendokumentasikan korban sipil yang ditimbulkan pihak-pihak yang berperang di Suriah sepanjang bulan Agustus 2017. Menurut data yang dikumpulkan, total korban selama bulan kemarin sebanyak 772 sipil.

Dalam laporan yang didapat portal enabbaladi.net pada Senin (04/09), mayoritas korban ditimbulkan oleh serangan koalisi pimpinan AS. Adapun rinciannya, koalisi AS menewaskan sedikitnya 285 sipil, rezim Suriah sebanyak 229 sipil, Rusia 11 sipil, milisi Kurdi 54 sipil, Daulah Islamiyah (ISIS) 102 sipil, Hai’ah Tahriri Al-Syam (HTS) 5 dan faksi-faksi oposisi lainnya 13.

Sebanyak 73 korban sisanya tewas karena tenggelam saat mengungsi, ledakan bom yang tidak diketahui pemasangnya, peluru Turki atau Yordania atau Lebanon.

Dari jumlah tersebut, termasuk dari korban serangan koalisi AS 97 anak-anak dan 58 wanita. Sementara di antaranya korban yang ditimbulkan rezim Suriah rinciannya, 24 anak-anak, 17 wanita dan 27 tewas karena disiksa.

Sementara berdasarkan prosentasi, korban sipil yang ditimbulkan koalisi sekitar 37%, termasuk di antaranya 55% anak-anak dan wanita.

Kelompok HAM tersebut menekankan bahwa militer Suriah dan Rusia telah melanggar undang-undang HAM internasional yang menjamin kehidupan setiap orang, kendati korban yang ditimbulkan Rusia sedikit.

Laporan tersebut juga menyoroti tidak ada pengurangan korban signifikan meskipun masing-masing pihak menyepakati gencatan senjata yang ditandatangani di Astana Mei lalu.

Terakhir, jaringan HAM Suriah mendesak Dewan Keamanan dan lembaga internasional yang bersangkutan bertangung jawab atas pembunuhan yang tak pernah berhenti di Suriah. Mereka juga menyeru rezim Suriah menghentikan praktek bombardir terhadap sipil.

Sumber: enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ingin Bantu? Ini yang Paling Dibutuhkan Muslim Rohingya Menurut LazisMu

LazisMu siap salurkan dana bantuan untuk muslim Rohingya sebesar Rp1 miliar

Senin, 04/09/2017 19:02 0

Indonesia

Amnesty Internasional: Seluruh Etnis Muslim Rohingya Jadi Korban Militer Myanmar

Pemerintah Myanmar itu melakukan penghukuman kolektif terhadap masyarakat Rohingya di sana

Senin, 04/09/2017 17:38 0

Indonesia

Hakim Putuskan SP3 Tidak Sah, Kasus Ade Armando Berlanjut

"Menyatakan tidak sah Surat Perintah Penghentian Penyidikan Nomor SPPP/22/II/2017/ Ditreskrimsus tanggal 1 Februari 2017 Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dan Surat Ketetapan Nomor S.Tap/22/II/2017 Ditreskrimum tentang surat Perintah Penghentian Penyidikan"

Senin, 04/09/2017 15:53 0

Indonesia

Aksi Solidaritas Rohingya di Bandung Minta Pemerintah Kirim Tentara Ke Myanmar

Pemerintah diharapkan bisa mengirimkan pasukan untuk menyelamatkan umat muslim Rohingya.

Senin, 04/09/2017 15:52 0

Tazkiyah

Kisah Shahabat yang Bersembunyi di Bawah Bayangan Rembulan

Orang-orang pun keluar dan berusaha untuk mencarinya. Namun, Martsad senantiasa mencari tempat di bawah bayangan bulan

Senin, 04/09/2017 15:00 0

Indonesia

Postingan Konyol Ade Armando Dibalas Polling “Pecat Ade Armando dari UI”

Sebuah polling kembali meramaikan jagat dunia maya. Pasalnya polling kali ini dilakukan netizen terkait postingan nyleneh Ade Armando dalam akun facebook-nya.

Senin, 04/09/2017 14:30 0

Indonesia

Mahasiswa Sulteng Turun ke Jalan, Desak Pemerintah Lakukan Langkah Konkret untuk Rohingya

Sejumlah lembaga-lembaga kemahasiswaan diantaranya Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (BADKO HMI), KAMMI, LMND, PMII dan mahasiswa IAIN Palu turun ke jalan melakukan aksi solidaritas untuk Rohingya.

Senin, 04/09/2017 13:39 0

Indonesia

IMM Instruksikan Seluruh Anggotanya Gelar Aksi Lawan Genosida Rohingya

"Menginstruksikan ke seluruh pimpinan IMM di seluruh Indonesia dan di luar negeri untuk melakukan aksi kemanusiaan untuk melawan tindakan genosida di Myanmar,"

Senin, 04/09/2017 12:54 0

Indonesia

Heboh Protes Netizen atas Pernyataan Menag terkait Genosida Rohingya

Menerima jawaban tersebut, Zara Zetiiraa pun menujukkan sebuah screenshot ketika Menag mengutuk serangan bom bunuh diri di Gereja St Yoseph pada 29 Agustus 2016 lalu.

Senin, 04/09/2017 12:10 0

Artikel

Aung San Suu Kyi, Ironi Peraih Nobel Perdamaian

kon Myanmar Aung San Suu Kyi merupakan salah satu wanita terkenal di dunia, pemegang hadiah Nobel Perdamaian, dan pernah dijuluki sebagai “Mandela Asia” karena reputasinya di bidang hak-hak asasi manusia.

Senin, 04/09/2017 11:30 0

Close
CLOSE
CLOSE