Butuh Persiapan, Tim Pencari Fakta PBB Berangkat ke Myanmar 2 Minggu Lagi

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Tim Pencari Fakta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Myanmar, Marzuki Darusman mengatakan bahwa TPF baru akan datang ke negara itu dalam waktu dua minggu kedepan. Dia berharap rezim Myanmar memberikan kesempatan kepada timnya untuk melakukan penelitian.

“Tim peneliti ke lapangan dalam dua minggu kedepan. Sebelumnya kita melakukan persiapan, dari perekrutan anggota dan sebagainya,” kata Marzuki dalam konferensi pers di Jakarta pada Ahad (04/09).

Oleh sebab itu, ia meminta kepada pemerintah Myanmar untuk dapat bekerja sama sebaik-baiknya dengan tim peneliti kami. Caranya dengan memberikan kemudahan bagi TPF untuk melakukan penelitian.

“Tim peneliti kami diharapkan mendapatkan peluang untuk melakukan penelitian di lapangan,” ujarnya.

Marzuki mengatakan pemerintah Myanmar tidak perlu khawatir terkait Tim Pencari Fakta. Marzuki mengatakan, TPF akan bekerja sesuai fakta.

“TPF melaksanakan tugasnya dengan pikiran terbuka dan tidak ada prasangka yang kami gunakan untuk melakukan penelitian. Ini penelitian yang terbuka dan diarahkan oleh fakta-fakta di lapangan,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat