... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI: Persatuan Umat Lebih Utama daripada Perbedaan ‘Khilafiah’

Foto: Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH. Cholil Nafis

KIBLAT.NET, Palu – Pegadaian Syariah bekerja sama dengan Forum Umat Islam Sulawesi Tengah menggelar Dialog Kebangsaan pada Rabu (30/08) malam di Hotel Santika Palu.

Sejumlah ormas dan tokoh masyarakat Palu dan Sulawesi Tengah hadir dalam acara ini. Diantaranya MUI Kota Palu, ODOJ, LIDMI, Wahdah Islamiyah, Hidayatullah, KAMMI, serta Pemuda Muhammadiyah.

Tema yang diangkat dalam dialog tersebut adalah “Indonesia dan Masa depan Gerakan Dakwah”. Sebagai pemateri utama, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Muhammad Cholil Nafis menyampaikan pentingnya persatuan umat Islam.

“Persatuan umat Islam kedepan jauh lebih penting daripada hanya selalu memperdebatkan perbedaan-perbedaan ‘khilafiah’,” ujarnya.

Kyai Cholil, yang juga menjadi Dewan Pengawas Syariah PT Pegadaian Syariah kemudian berpesan kepada seluruh tokoh dan ormas Islam di Sulawasi Tengah -khususnya Kota Palu- untuk memahami tantangan umat Islam kedepannya.

“Kita perlu memperkuat kekuatan umat Islam dan mewaspadai ancaman, terutama bagi kita adalah perpecahan diantara umat,” tuturnya.

“Menyatukan visi antar umat ibarat seperti bermain sepak bola yang mana antara kiper, bek, dan penyerang harus saling mendukung,” kata Kyai Cholil menambahkan.

Reporter: Moh.Salam
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Inggris

24 Ribu Muslim Inggris Tahun Ini Haji ke Baitullah

Kantor media dan hubungan regional pemerintah Inggris menyebutkan bahwa Deplu menyadari pentingnya ibadah haji bagi warga Muslim Inggris. Untuk itu, kami memberikan bantuan konsuler di banyak wilayah.

Kamis, 31/08/2017 08:30 0

Suriah

HTS Sedot Pejuang dari Kelompok Lain, Ini Penyebabnya

Menurut jurnalis Suriah, Qutaybah Yasin, kepada harian online Al-Quds Al-Araby pada Rabu (29/08), banyaknya pejuang tertarik dan bergabung dengan HTS karena kelompok pimpinan Abu Jabir Al-Syaikh itu dinilai organisasi paling bagus, ganas dalam bertempur, tangguh menghadapi rezim dan menolak agenda asing. “Ini yang menjadi daya tarik utama”, ujarnya.

Kamis, 31/08/2017 07:05 0

Artikel

Jumhur, Sholat ‘Id Tidak Menggugurkan Kewajiban Jum’at

Ada yang mengatakan bahwa jika Idul Adha bertepatan dengan hari Jum’at, maka diperbolehkan meninggalkan sholat Jum’at. Hal ini dikarenakan adanya dua khutbah dan dua hari raya dalam satu hari. Sebenarnya bagaimana kajian tema ini dalam khazanah fikih Islam?

Rabu, 30/08/2017 20:10 0

Eropa

LSM Eropa: Kekerasan terhadap Rohingya Tidak Manusiawi

Sejumlah LSM di Eropa mengutuk kekerasan yang sedang berlangsung di Myanmar sebagai tindakan yang "tidak manusiawi". Kecaman tersebut dilontarkan setelah adanya laporan bahwa masyarakat Rohingya dibantai oleh pasukan keamanan Myanmar.

Rabu, 30/08/2017 19:30 0

Arab Saudi

Tausiyah Mina: Indonesia Butuh Doa Kita!

Rabu siang waktu Mekkah, sebagian besar jamaah haji tahun 2017 sudah berada di Mina untuk melakukan tarwiyah. Mereka mulai memenuhi tenda-tenda di lembah Mina sejak Selasa (29/08) waktu setempat.

Rabu, 30/08/2017 17:54 0

Video News

Wawancara Eksklusif: Ada Apa dengan Rohingya?

KIBLAT.NET – Konflik Rohingya membara lagi, pembantaian dan pembakaran terjadi lagi. Korban-korban baru berjatuhan lagi....

Rabu, 30/08/2017 17:54 0

News

Wanita Rohingya Tak Sesali Kepergian Suami Mereka untuk Berjihad

Begum yang baru berusia 25 tahun diungsikan dari wilayah Rakhine karena adanya medan pertempuran baru antara pasukan Budha Myanmar dan para pejuang Rohingya yang memperjuangkan hak dasar mereka sebagai manusia, yaitu tetap hidup.

Rabu, 30/08/2017 15:43 2

Turki

Turki: Persekusi terhadap Muslim Rohingya Dilakukan Sistematis

Muslim Rohingya berada di bawah penindasan dan penganiayaan sistematis. Dibutuhkan solusi permanen untuk mengatasinya. Demikian kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu pada Selasa (29/08).

Rabu, 30/08/2017 15:21 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Adha 1438 H: Teladan Ibrahim, Menjadi Hamba Allah Seutuhnya

Kiblat menyediakan khotbah Idul Adha 1438 H, tulisan Ustadz Muhajirin Ibrahim, Lc. Anda dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis dalam link berikut

Rabu, 30/08/2017 14:50 1

Myanmar

Rohingya: Tolong Selamatkan Kami, Jika Kami Terus di Sini Kami Akan Dibunuh

Setelah konflik kembali berkecamuk pada Jumat dini hari (25/8) di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, ribuan Muslim Rohingya serentak meninggalkan desa mereka.

Rabu, 30/08/2017 14:07 0

Close