... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LSM Eropa: Kekerasan terhadap Rohingya Tidak Manusiawi

Foto: Militer Myanmar

KIBLAT.NET , Naypyidaw – Sejumlah LSM di Eropa mengutuk kekerasan yang sedang berlangsung di Myanmar sebagai tindakan yang “tidak manusiawi”. Kecaman tersebut dilontarkan setelah adanya laporan bahwa masyarakat Rohingya dibantai oleh pasukan keamanan Myanmar.

Ibrahim oglun, selaku ketua komunitas Islam Austria, menyatakan bahwa pihaknya mengecam keras tindakan pembantaian pemerintah Myanmar kepada kaum muslimin Rohingya.

“Kami mengecam keras kekerasan dan penindasan yang tidak manusiawi di negara Myanmar terhadap Muslim Rohingya,” ujarnya kepada Anadolu Agency pada hari Selasa (29/08).

Esad Memic, kepala Muslim Bosnia di Austria juga mendesak masyarakat internasional agar mengambil langkah-langkahnyata  untuk melindungi minoritas Muslim Rohingya.

“Kehormatan umat manusia di sana (Rohingya) sedang diinjak-injak. Orang-orang di negara bagian Rakhine (pemerintah Myanmar) kurang memiliki hak asasi manusia, “katanya.

Mohammad Faroque al-Madani, anggota eksekutif Islamic Center Bangladesh di Wina, juga meminta negara-negara Muslim untuk mengangkat suara.

Nourdeen Wildeman, presiden yayasan As-Salaamah di Utrecht, Belanda, mengatakan bahwa telah ada pengurangan hak-hak masyarakat secara sistematis di Myanmar.

Sementara itu, juru bicara kelompok Burma yang berbasis di Brussels Gillet Pierre-Yves mengungkapkan gambaran kekerasan yang menimpa Muslim Rohingya.

“Warga sipil hidup di bawah tekanan kematian. Situasinya sangat mengerikan. Komunitas internasional harus segera bertindak mengambil langkah,” ujarnya.

Serangan mematikan terhadap pos perbatasan di negara bagian Rakhine pecah pada hari Jum’at, meninggalkan seorang tentara, 10 petugas polisi, seorang petugas imigrasi dan 77 gerilyawan tewas. Demikian menurut Penasihat Negara Bagian Aung San Suu Kyi dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA  Setelah 5 Tahun, Azan di Jerman Kembali Berkumandang

Kemudian, laporan media muncul dengan mengatakan bahwa pasukan keamanan Myanmar menggunakan kekuatan yang berlebihan dan memaksa ribuan penduduk desa Rohingya mengungsi, menghancurkan rumah dengan mortir dan senapan mesin.

Kawasan ini telah menyaksikan ketegangan antara populasi Budha dan Muslim sejak kekerasan komunal meletus pada tahun 2012. (Rud)

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Afriza


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Romo Benny: Konflik Rohingya Harus Diselesaikan Agar Tidak Merembet ke Kawasan

Pastor Romo Benny Susetyo mengatakan bahwa Indonesia dapat membantu dan mengurai konflik yang ada di Rohingya dengan menggunakan jalur politik diplomatik. Terlebih lagi, menurutnya tidak ada yang menghalangi Indonesia untuk membantu Muslim Rohingya, tapi mau atau tidaknya melakukan hal teresbut.

Rabu, 30/08/2017 19:01 0

Indonesia

Kelompok Kafilah Syuhada Bantah Rencanakan Makar di Aksi 411

Kelompok Kafilah Syuhada pimpinan Abu Nusaibah membantah tuduhan yang menyebut mereka menyusup dan merencanakan makar dalam aksi 411 pada 4 November 2016 silam.

Rabu, 30/08/2017 18:30 0

Video News

Wawancara Eksklusif: Ada Apa dengan Rohingya?

KIBLAT.NET – Konflik Rohingya membara lagi, pembantaian dan pembakaran terjadi lagi. Korban-korban baru berjatuhan lagi....

Rabu, 30/08/2017 17:54 0

Indonesia

Mengapa Jonru Akhirnya Berani Muncul di Acara ILC? Ini Rahasianya

Kehadiran aktivis media Jonriah Ukur Ginting alias Jonru dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) pada Selasa malam (29/08) menimbulkan banyak pertanyaan dari warganet. Pasalnya, sebelumnya dia mengonfirmasi batal ikut dalam acara ILC karena diirinya dikaitkan dengan Saracen.

Rabu, 30/08/2017 16:30 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Adha 1438 H: Teladan Ibrahim, Menjadi Hamba Allah Seutuhnya

Kiblat menyediakan khotbah Idul Adha 1438 H, tulisan Ustadz Muhajirin Ibrahim, Lc. Anda dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis dalam link berikut

Rabu, 30/08/2017 14:50 1

Indonesia

Global Qurban Imbau Masyarakat Salurkan Dana Kurban untuk Rohingya

Dalam hal ini, Muslim Rohingya di Myanmar menjadi salah satu prioritas penyaluran hewan kurban dari Global Qurban. Selain Muslim di beberapa negara lainnya.

Rabu, 30/08/2017 14:32 0

Indonesia

Menaikkan Harga Rokok Dinilai Dapat Menekan Jumlah Perokok

Tokoh-tokoh lintas agama sepakat menilai rokok menimbulkan dampak negatif di Indonesia. Yakni mencakup berbagai aspek, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

Rabu, 30/08/2017 13:42 0

Indonesia

Hindu Indonesia Kecam Kekerasan terhadap Etnis Rohingya 

Bendahara Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Ida I Dewa Gede Ngurah Utama mengecam keras tindakan militer Myanmar yang melakukan pembantaian terhadap etnis Rohingya yang beragama Islam.

Rabu, 30/08/2017 13:06 0

Indonesia

Bang Japar: Ujaran Ade Armando Kerap Mengandung Kebencian

Ade Armando dinilai kerap memberikan komentar negatif. Bahkan, diskriminatif terhadap umat Islam. Demikian dikatakan Direktur LBH Bang Japar, Djudju Purwantoro.

Rabu, 30/08/2017 11:30 0

Indonesia

Pembantaian Rohingya Berlanjut, Pemuda Muhammadiyah Desak Indonesia Tarik Dubes dari Myanmar

KIBLAT.NET, Jakarta – PP Pemuda Muhammadiyah mendesak PBB untuk menghukum Myanmar atas kejahatan kemanusiaan yang...

Rabu, 30/08/2017 11:08 1

Close
CLOSE
CLOSE