Bagi Pengikut Hindu, Rokok Adalah Musuh

KIBLAT.NET. Jakarta – Bendahara Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Ida I Dewa Gede Ngurah Utama mengatakan dalam Weda tidak ada aturan tentang rokok, tetapi merokok bertentangan dengan ajaran Hindu.

Ngurah mengatakan bahwa umat manusia seharusnya memakan dan mengonsumsi makanan yang “satwika”, yaitu yang penuh gizi, menyehatkan dan menyegarkan. Sementara, kata dia, rokok termasuk barang yang bertentangan dengan “satwika”.

“Memang rokok kalau di Hindu musuh. Walaupun tidak ada di Kitab Suci kita. Tapi di Kitab Suci kita disebutkan bahwa makanan yang harus dikonsumsi adalah makan yang bagus bernutrisi dan segar. Tapi di luar itu jangan,” ujar Ngurah di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/08).

Selain dari sisi keagamaan, Ngurah juga berbicara dari sisi ilmiah. Menurut dia, telah banyak penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa rokok menyebabkan banyak penyakit dan mengancam generasi yang akan datang.

“Rokok ini kan menyakiti diri sendiri, sehingga menimbulkan penyakit. Kita malah mendukung haram rokok dari Muhammadiyah. Walaupun pengertian haram kan Islam. Tapi kita istilahnya beda,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundii

Editor: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat