Santunan untuk 36 Korban Crane Roboh asal Indonesia Segera Cair

KIBLAT.NET, Makkah – Araab Saudi telah mencairkn santunan untuk korban robohnya crane di Masjidil Haram dua tahun lalu. Sebanyak 36 orang korban akan menerima santunna itu.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menyampaikan kepastian segera cairnya santunan tersebut. Pihak kedutaan telah  menerima nota diplomatik yang sifatnya sangat segera, Senin (28/08) sore.

Dalam surat itu pemeritah Arab Saudi menyebut telah selesai menentukan siapa saja jemaah haji yang mendapat santunan dari Raja Salman Abdulaziz Al-Saud. “Karena sifatnya sangat segera, maka kita akan lakukan sangat segera juga,” kata Agus Maftuh saat memberikan sambutan pada Malam Ta’aruf Petugas Haji 1438H/2017M di Makkah, Senin (28/08) malam.

“Alhamadulliah, kabar gembira itu langsung saya sampaikan di sini. Sejak saya datang, selalu melakukan diplomasi terkait masalah ini,” imbuhnya.

Agus Maftuh menjelaskan surat tersebut juga mencantumkan daftar nama jemaah haji yang mendapat dana santunan. Total ada 36 jemaah haji Indonesia yang akan mendapat santuanan. Terdiri dari 10 korban meninggal, satu korban cacat permanen, 19 luka berat, dan enam orang luka ringan.

Tragedi robohnya crane di Masjidil Haram terjadi pada musim haji 1436H/2015M tepatnya Jumat, 11 September 2015. Sejumlah jemaah wafat dan mengalami luka akibat musibah ini, termasuk jemaah haji Indonesia. Menyusul peristiwa itu, pemerintah Arab Saudi menyatakan pihaknya akan memberikan santunan kepada para korban.

BACA JUGA  Sistem Demokrasi Liberal Bikin Hoaks Makin Marak

Sumber: Kemenag.go.id
Redaktur: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat