... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Massa Berdemo, Protes Meningkatnya Kekerasan Terhadap Perempuan di Maroko

Foto: Pasukan keamanan Maroko

KIBLAT.NET, Casblanca – Ratusan orang Maroko dilaporkan telah melakukan demonstrasi massal di kota Casablanca dan Rabat pada Jum’at (25/08).

Massa menuntut keadilan terkait adanya serangan seksual terhadap seorang gadis di sebuah bus umum yang mengejutkan negara itu pekan lalu.

Massa juga menyerukan adanya undang-undang untuk menangani kekerasan seksual dan kekerasan terhadap perempuan, yang telah berlangsung sejak 2013 silam.

Hampir dua pertiga perempuan Maroko diperkirakan telah mengalami setidaknya satu serangan kekerasan akan. Banyak yang enggan melaporkan serangan karena hampir tidak ada tindakan yang dilakukan terhadap pelaku.

Sebelumnya, sebuah video yang diunggah secara online menunjukkan seorang perempuan muda telah dianiaya dan dilecehkan oleh sekelompok remaja di sebuah bus di Casablanca, namun sopir bus malah mengabaikan jeritannya.

Akibatnya, hal ini pun memicu perdebatan di negara Afrika Utara tersebut, mengenai tingkat kekerasan terhadap perempuan dan kasus pelecehan seksual yang ada.

Perusahaan angkutan umum M’Dina Bus di Casablanca mengakui bahwa serangan tersebut terjadi di salah satu kendaraannya. Namun pihaknya masih belum mengetahui apakah pengemudi bus tersebut akhirnya bertindak atau diam.

Menurut sebuah survei internasional yang dilakukan secara online dan dipublikasikan baru-baru ini di Trip.com, Maroko menduduki peringkat kedua sebagai negara paling berbahaya di dunia bagi wisatawan wanita. (Rud)

Sumber: Middle East Monitor
Reporter: Dio Alifullah

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 4]

KIBLAT.NET – “Apakah kita sudah sampai di Madinah?” kata Ibrahim Wugaje Haruna, kepala suku Kokoda,...

Sabtu, 26/08/2017 15:47 1

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 3]

KIBLAT.NET – Nama lengkapnya Eduard Arnold van Der Elst. Ia keturunan Belanda, namun berdarah Yahudi....

Sabtu, 26/08/2017 12:42 0

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 2]

Mahmud, seorang nelayan yang tak pernah membayangkan bisa melihat Baitullah, justru lebih dahulu terbang ke Tanah Suci ketimbang jutaan kaum Muslim lain yang lebih mampu darinya.

Sabtu, 26/08/2017 09:29 0

Feature

Haji dan Insiden Merah Putih Terbalik

Ibadah haji meleburkan sekat-sekat kebangsaaan yang selama ini memisahkan kaum Muslimin dengan saudaranya di negara yang berbeda.

Sabtu, 26/08/2017 09:05 0

Indonesia

Sambut Idul Adha, ACT Usung Tema “Indonesia Berqurban”

Vice President ACT, Iqbal Setyarso mengatakan, gerakan Indonesia Berqurban diharapkan mampu meredam berbagai isu disintegrasi bangsa yang tengah menghantui Indonesia saat ini.

Sabtu, 26/08/2017 07:03 0

Indonesia

ACT: Penerima Manfaat Global Qurban Lebih Banyak di Dalam Negeri

Presiden Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rini Miryani mengatakan, penerimaa manfaat dari program Global Qurban selalu lebih banyak dibandingkan ke luar negeri. Menurutnya, sejak program ini digulirkan enam tahun lalu sebesar 60 persen disalurkan di dalam negeri.

Sabtu, 26/08/2017 06:35 0

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 1]

Pada musim Haji 1438 H/2017, anggota Dewan Syuro Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Mahladi, yang berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini, mengajak pembaca menyelami sebagian dari semua itu. Kisah perjalanan ini insya Allah akan disuguhkan secara berseri. Berikut catatan pertamanya!

Jum'at, 25/08/2017 21:21 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Fadhilah di Bulan Dzulhijjah (Ust. Jayyad Al Faza, S.Pd.I)

KIBLAT.NET – Di dalam hidup ini ada beberapa hari yang Allah limpahkan pahala di dalamnya....

Jum'at, 25/08/2017 16:24 0

Indonesia

Jubir FPI: Muslim Malaysia Saudara Kita

Juru bicara Front Pembela Islam (FPI), Munarman menegaskan bahwa umat Islam Malaysia adalah saudara umat Islam Indonesia. Maka, persatuan dan kesatuan harus tetap terjalin.

Jum'at, 25/08/2017 14:50 0

Indonesia

Timwas Haji Temukan Praktik Rentenir Terhadap Jamaah 

Timwas juga mendapatkan informasi yang mengagetkan. Yaitu adanya praktik rentenir dalam penukaran uang reyal. Setiap jamaah, lanjutnya, mendapat living cost (biaya hidup) 1.500 reyal dalam pecahan 500.

Jum'at, 25/08/2017 13:35 0

Close