... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hendak Mengungsi, Warga Rohingya Ditembaki

Foto: Sekitar 75.000 Muslim Rohingya terpaksa mengungsi sejak terjadinya serangan militer pada Oktober tahun lalu.

KIBLAT.NET, Naypyidaw – Puluhan tentara Myanmar dilaporkan telah menghujani warga sipil Rohingya dengan mortir dan peluru.

Kepala stasiun Border Guard Bangladesh (BGB) Manzurul Hassan Khan mengonfirmasikan bahwa pasukan Myanmar memberondong etnis Rohingya di pos perbatasan Ghumdhum, Bangladesh.

“Mereka telah menembaki warga sipil, kebanyakan adalah wanita dan anak-anak yang bersembunyi di perbukitan di dekat garis nol,” katanya pada Sabtu (26/08).

“Mereka menyerang dengan menggunakan senapan mesin dan peluru mortir secara tiba-tiba dengan menarget warga sipil, namun mereka belum berkonsultasi dengan BGB,” tambahnya.

Dalam hal terkait, Anita Schug dari Dewan Rohingya Eropa memaparkan bahwa pihaknya memiliki bukti video di lapangan dan akan membagikannya jika diperlukan.

“Kami memiliki video bagaimana tentara Burma bersama dengan ekstremis (Budha) Rakhine yang dipersenjatai dengan pisau, pedang, parang dan senjata menyerang warga Rohingya,” ujarnya.

Terkait penyeberangan, seorang wartawan AFP di tempat kejadian mengatakan bahwa ada ratusan orang Rohingya yang berhasil menyeberangi perbatasan pada Sabtu pagi saat terjadi hujan deras.

Akan tetapi, seorang dokter darurat mengatakan bahwa ada dua orang Rohingya yang telah ditembak di Myanmar saat memasuki Bangladesh dan kini telah dibawa ke rumah sakit.

“Salah satunya yang berusia 25 tahun telah meninggal beberapa jam setelah dia dirawat di sini,” kata dokter tersebut tanpa menyebut nama.

Perlu diketahui, ribuan Muslim Rohingya telah berusaha melarikan diri dari ke Bangladesh pasca adanya bentrokan antara para pejuang Rohingya dan militer Myanmar. (Rud)

BACA JUGA  Myanmar Tolak Diselidiki atas Kejahatan terhadap Muslim Rohingya

Sumber: Al-Jazeera
Reporter: Dio Alifullah

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Menag: Tenda Jemaah di Arafah Telah Siap 100 Persen

“Alhamdulillah, pihak Muassasah menjelaakan bahwa hari ini seluruh tenda jemaah haji Indonesia sudah berdiri, 100% tenda jemaah sudah berdiri tegak,”

Ahad, 27/08/2017 09:07 0

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 5]

Tapi selepas itu, Kainama mengaku selalu rindu dengan Baitullah. "Saya selalu ingin ke sini dan berdoa agar bisa ke sini lagi," jelas pria yang pernah kuliah di jurusan Liturgi Teologi, Leiden ini. Seluruh biaya kuliah ketika itu ditanggung oleh Gereja Zebaot.

Ahad, 27/08/2017 06:53 0

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 4]

KIBLAT.NET – “Apakah kita sudah sampai di Madinah?” kata Ibrahim Wugaje Haruna, kepala suku Kokoda,...

Sabtu, 26/08/2017 15:47 1

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 3]

KIBLAT.NET – Nama lengkapnya Eduard Arnold van Der Elst. Ia keturunan Belanda, namun berdarah Yahudi....

Sabtu, 26/08/2017 12:42 0

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 2]

Mahmud, seorang nelayan yang tak pernah membayangkan bisa melihat Baitullah, justru lebih dahulu terbang ke Tanah Suci ketimbang jutaan kaum Muslim lain yang lebih mampu darinya.

Sabtu, 26/08/2017 09:29 0

Feature

Haji dan Insiden Merah Putih Terbalik

Ibadah haji meleburkan sekat-sekat kebangsaaan yang selama ini memisahkan kaum Muslimin dengan saudaranya di negara yang berbeda.

Sabtu, 26/08/2017 09:05 0

Indonesia

Sambut Idul Adha, ACT Usung Tema “Indonesia Berqurban”

Vice President ACT, Iqbal Setyarso mengatakan, gerakan Indonesia Berqurban diharapkan mampu meredam berbagai isu disintegrasi bangsa yang tengah menghantui Indonesia saat ini.

Sabtu, 26/08/2017 07:03 0

Indonesia

ACT: Penerima Manfaat Global Qurban Lebih Banyak di Dalam Negeri

Presiden Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rini Miryani mengatakan, penerimaa manfaat dari program Global Qurban selalu lebih banyak dibandingkan ke luar negeri. Menurutnya, sejak program ini digulirkan enam tahun lalu sebesar 60 persen disalurkan di dalam negeri.

Sabtu, 26/08/2017 06:35 0

Artikel

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 1]

Pada musim Haji 1438 H/2017, anggota Dewan Syuro Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Mahladi, yang berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini, mengajak pembaca menyelami sebagian dari semua itu. Kisah perjalanan ini insya Allah akan disuguhkan secara berseri. Berikut catatan pertamanya!

Jum'at, 25/08/2017 21:21 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Fadhilah di Bulan Dzulhijjah (Ust. Jayyad Al Faza, S.Pd.I)

KIBLAT.NET – Di dalam hidup ini ada beberapa hari yang Allah limpahkan pahala di dalamnya....

Jum'at, 25/08/2017 16:24 0

Close