... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Bercadar, Mahasiswi Unila Ini Raih Prestasi Jadi Finalis PIMNAS 2017

Foto: Seorang mahasiswi bercadar dari Unila mempresentasikan penelitian timnya dalam ajang Pimnas pada 25 Agustus 2017

KIBLAT.NET – Baru-baru ini, Universitas Lampung (Unila) mengirimkan tujuh tim mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS). Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) pada 23-28 Agustus 2017 di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar.

Menjadi finalis PIMNAS bukan perkara yang mudah. Langkah-langkah panjang harus ditempuh yang dimulai dari pengajuan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kepada Kemenristek Dikti. PKM yang orisinil, kreatif, dan memiliki nilai guna dalam masyarakat akan didanai oleh Kemenristek Dikti.

Selanjutnya, PKM yang telah didanai dan dikerjakan akan memasuki tahap monitoring dan evaluasi internal dari pihak kampus serta eksternal dari Kemenristek Dikti. PKM yang dinyatakan layak, kemudian dilombakan secara nasional di PIMNAS.

Tahap Proses Penyelenggaran PKM 5 Bidang Sampai ke PIMNAS

Tahap Proses Penyelenggaran PKM 5 Bidang Sampai ke PIMNAS

Menurut surat penugasan program kreativitas mahasiswa (PKM) Kemenristek Dikti nomor 547/B3.1/KM/2017 tanggal 9 Maret 2017, tahun ini Kemenristek Dikti mendanai 3918 proposal PKM dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dan hanya menerima 420 proposal PKM di PIMNAS.

Dari Unila sendiri awalnya mengusulkan 1773 proposal PKM, lima puluh satu di antaranya berhasil didanai Kemenristek Dikti, namun hanya tujuh PKM yang lolos PIMNAS. Ini menandakan, lolos dan menjadi finalis dalam kompetisi paling bergengsi tersebut tidaklah mudah dan mereka yang berhasil bukanlah orang sembarangan.

BACA JUGA  Mendomplang Suara Pemilu dengan Suara Orang Gila

Baca halaman selanjutnya: Uniknya, dari ketujuh tim...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ade Armando Tuding Aa Gym, Arifin Ilham dan Habib Rizieq Sekolah Agamanya Tak Jelas

"Yang jadi masalah ada orang kayak (Habib, red) Rizieq Syihab sekolah agamanya nggak jelas. Orang kayak Aa Gym, nggak sekolah agama. Arifin Ilham, sekolah agamanya nggak jelas dan Khalid Basalamah," ujarnya.

Ahad, 27/08/2017 22:10 3

Eropa

Karena Berjilbab, Seorang Muslimah Dipukuli hingga Geger Otak di Madrid

Aparat kepolisian Spanyol sedang menyelidiki sebuah serangan yang menjurus pada Islamofobia setelah sekelompok pria muda memukuli seorang wanita Muslimah di Madrid karena berjilbab.

Ahad, 27/08/2017 21:16 0

Artikel

Budaya Kekerasan di Kalangan Usia Dini

Dengan sanksi yang tegas, Islam mampu memberikan solusi guna mengatasi berbagai problematika yang terjadi di tengah umat khususnya masalah keamanan. Sehingga dengannya tercipta rasa aman dan menghentikan budaya kekerasan di tengah masyarakat secara sempurna. Wallahu 'alam.

Ahad, 27/08/2017 20:34 0

Wawancara

[Wawancara] Haikal Hassan: Di Akhir Zaman Bukanlah Nasionalisme, Tapi Islamisme

Tapi pasti, dunia akan menerima bahwa suatu saat, pemisahan akan berdasarkan agama. Rasulullah SAW sudah menyuratkan, bahwa di akhir zaman nanti, akan ada perang besar, antara dua kubu besar yaitu Yahudi dan Islam. Ini sudah menjadi tanda, bahwa ada kubu Islam yang besar dan kubu Yahudi, akan bertarung, mau tidak mau semua mengarah ke sana.

Ahad, 27/08/2017 20:09 0

News

Profesionalisme Harga Mutlak Seorang Guru 

Menariknya, lanjut Nur, mengatakan menjadi seorang guru merupakan salah satu keistimewaan, dikarenakan bisa memperpanjang umur dan memperlama proses penuaan.

Ahad, 27/08/2017 18:49 0

Feature

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriah: Haji Itu Tentang Ketaatan [Bagian 6]

Namun, dalam ibadah haji, logika ini harus diletakkan di bawah kehendak Allah SWT. Inilah ubudiyah. Inilah penghambaan kepada Allah SWT.

Ahad, 27/08/2017 18:40 0

Arab Saudi

Saudi: Infrastruktur Haji Terus Diperluas untuk Tingkatkan Jumlah Jamaah

Arab Saudi memperluas Dua Masjid Suci dan tempat-tempat suci di Arab Saudi. Kementerian Kebudayaan dan Informasi mengakui bahwa peningkatan layanan dan infrastruktur di dalamnya berperan penting dalam meningkatkan jumlah jamaah yang datang untuk melakukan haji dalam beberapa tahun terakhir.

Ahad, 27/08/2017 13:44 0

Arab Saudi

Serang Hutsi, Arab Saudi Akui Tewaskan Warga Sipil Yaman

Menurut sebuah pernyataan dari Badan Pers Saudi, terjadi kesalahan teknis yang ditemukan oleh penyidik di balik insiden itu.

Ahad, 27/08/2017 11:24 0

Yaman

WHO: 2.018 Warga Yaman Meninggal Karena Kolera

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa telah ada ribuan orang yang terbunuh karena wabah kolera di Yaman.

Ahad, 27/08/2017 10:30 0

Myanmar

Hendak Mengungsi, Warga Rohingya Ditembaki

Puluhan tentara Myanmar dilaporkan telah menghujani warga sipil Rohingya dengan mortir dan peluru.

Ahad, 27/08/2017 10:07 0

Close