... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Catatan Perjalanan Haji 1438 Hijriyah [Bagian 2]

Foto: Mahmud Sangaji, jamaah calon haji asal Papua dalam penerbangan dari Jakarta menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, musim Haji 1438 H/2017. [Foto: Mahladi/INA]

 

KIBLAT.NET – MAHMUD Sangaji seorang nelayan. Tangannya yang kekar hitam dan guratan di wajahnya menyiratkan ia pekerja keras. Kakap merah menjadi tangkapan favoritnya. Ia bisa jual ikan tersebut seharga Rp 60 ribu per ekor.

“Panjangnya bisa segini,” kata ayah satu anak ini kepada Islamic News Agency seraya menyejajarkan kedua tangannya membentuk jarak sekitar 30 cm.

Mahmud tinggal di Sorong, Papua Barat. Ia memang asli Papua. Ia jarang meninggalkan kampung halamannya kecuali untuk melaut.

Namun, Rabu, 16 Agustus 2017, ia terbang menuju Jakarta. Ia bersama 29 warga Papua lainnya mendapat undangan khusus dari Allah Subhanahu Wata’ala untuk menunaikan ibadah haji tahun 1438 H/2017 ini.

Adalah Syeikh Khalid al-Hamudi, Pendiri Yayasan al-Manarah al-Islamiyah, yang berpusat di Arab Saudi, menjadi perantara undangan tersebut. Dan, hari ini, Selasa, 22 Agustus 2017, kaki hitam Mahmud, yang terbiasa menjejak pasir Sorong, telah menjejak tanah Madinah.

“Masya Allah, masya Allah, saya tak pernah membayangkan bisa pergi haji,” jelasnya seraya menyunggingkan senyum.

Ia tampak gagah berdiri di tanah Jeddah, dengan jubah putih membalut kulitnya yang hitam, selepas pesawat mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Demikianlah bila Allah Subhanahu Wata’ala telah berkehendak, tak ada satu pun makhluk yang bisa mencegahnya.

Mahmud, seorang nelayan yang tak pernah membayangkan bisa melihat Baitullah, justru lebih dahulu terbang ke Tanah Suci ketimbang jutaan kaum Muslim lain yang lebih mampu darinya.

BACA JUGA  Mengenal Ulama Bersama KH. Hasyim Asy’ari

Barangkali, ada selarik doa yang pernah dilantunkan Mahmud di masa lalu dan diijabah oleh Allah Subhanahu Wata’ala sehingga ia dimudahkan berhaji ke Tanah Suci.

Barangkali juga, ada doa dari orang-orang yang menyayangi Mahmud yang juga diijabah oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Itulah kuasa Allah.

Jangan pernah berhenti berdoa. Jangan pernah berhenti berupaya. Labaik Allahuma labaik.* Mahladi/INA

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Feature

Haji dan Insiden Merah Putih Terbalik

Ibadah haji meleburkan sekat-sekat kebangsaaan yang selama ini memisahkan kaum Muslimin dengan saudaranya di negara yang berbeda.

Sabtu, 26/08/2017 09:05 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Bersedia Bubar, Namun dengan Syarat Ini

“Mereka yang pertama mengatakan kepada kami Hai’ah Tahrir Al-Syam harus bubar. Maka kami katakan, kami siap membubarkan organisasi (HTS), yang dibentuk sebagai sarana bukan tujuan, akan tetapi dengan syarat faksi-faksi yang lain juga membubarkan diri dan melebur di bawah satu komando,” ungkapnya.

Sabtu, 26/08/2017 08:54 0

Afrika

Tentara AS dan Somalia Serbu Kampung Petani dengan Brutal, 9 Tewas

Wakil Gubernur Shabelle untuk Urusan Keamanan, Ali Nur Ahmad, membenarkan bahwa pembunuh sembilan petani tersebut militer AS. Berbicara kepada media di rumah sakit tempat para korban tersebut dievakuasi, Ahmad mengungkapkan bahwa para petani tersebut dikenal luas orang bukan ekstremis.

Sabtu, 26/08/2017 07:38 0

Indonesia

Sambut Idul Adha, ACT Usung Tema “Indonesia Berqurban”

Vice President ACT, Iqbal Setyarso mengatakan, gerakan Indonesia Berqurban diharapkan mampu meredam berbagai isu disintegrasi bangsa yang tengah menghantui Indonesia saat ini.

Sabtu, 26/08/2017 07:03 0

Indonesia

ACT: Penerima Manfaat Global Qurban Lebih Banyak di Dalam Negeri

Presiden Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rini Miryani mengatakan, penerimaa manfaat dari program Global Qurban selalu lebih banyak dibandingkan ke luar negeri. Menurutnya, sejak program ini digulirkan enam tahun lalu sebesar 60 persen disalurkan di dalam negeri.

Sabtu, 26/08/2017 06:35 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Fadhilah di Bulan Dzulhijjah (Ust. Jayyad Al Faza, S.Pd.I)

KIBLAT.NET – Di dalam hidup ini ada beberapa hari yang Allah limpahkan pahala di dalamnya....

Jum'at, 25/08/2017 16:24 0

Indonesia

Jubir FPI: Muslim Malaysia Saudara Kita

Juru bicara Front Pembela Islam (FPI), Munarman menegaskan bahwa umat Islam Malaysia adalah saudara umat Islam Indonesia. Maka, persatuan dan kesatuan harus tetap terjalin.

Jum'at, 25/08/2017 14:50 0

Myanmar

Militan Arakan Kembali Muncul, Balas Kekerasan Myanmar atas Muslim Rohingya

Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA), sebuah kelompok milisi yang melakukan serangan serupa di wilayah tersebut pada Oktober lalu, telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Jum'at, 25/08/2017 14:00 6

Indonesia

Timwas Haji Temukan Praktik Rentenir Terhadap Jamaah 

Timwas juga mendapatkan informasi yang mengagetkan. Yaitu adanya praktik rentenir dalam penukaran uang reyal. Setiap jamaah, lanjutnya, mendapat living cost (biaya hidup) 1.500 reyal dalam pecahan 500.

Jum'at, 25/08/2017 13:35 0

Eropa

Wali Kota Venesia Perintahkan Sniper Tembak Siapa Saja Teriak ‘Allahu Akbar’

Wali Kota Venesia, Italia, Luigi Brugnaro, memerintahkan polisi penembak runduk atau sniper untuk menembak mati siapa saja yang meneriakkan “Allahu Akbar” di alun-alun Santo Markus di kota yang terkenal di dunia bagi para turis itu.

Jum'at, 25/08/2017 13:24 0

Close