... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sejarawan Imbau Jangan Ada Perpecahan Sesama Negara Mayoritas Islam

Foto: Indonesia vs Malaysia
KIBLAT.NET, Jakarta – Pembina komunitas sejarah Jejak Islam untuk Bangsa (JIB) memberikan komentar soal jargon ‘nasionalisme’ yang digencarkan masyarakat untuk membela bendera Indonesia yang terbalik di ajang SEA GAMES 2017.
Menurutnya, jargon tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Kecuali, Malaysia secara sengaja menghina Indonesia.
“Nasionalisme artinya kita membela kepentingan kita. Kecuali Malaysia dia secara sengaja menghina kita, mengejek kita, melakukan persekusi. Ini sebenarnya hanya persoalan teknis belaka, yang tidak signifikan,” ujar Wasekjen Persatuan Islam (Persis), DR. Tiar Anwar Bachtiar saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (24/08).
DR Tiar juga menegaskan, pemerintah Malaysia sudah minta maaf soal permasalahan tersebut. Ia menegaskan, jangan ada oknum yang memprovokasi masyarakat dengan hal yang tidak substansif.
“Saya kira harus komunikasi lah, menteri Malaysia sudah minta maaf. Jangan kemudian diprovokasi kemudian masyarakat menjadi marah dengan masalah yang tidak substansif,” ujarnya.
Sejarawan Indonesia ini juga menegaskan bahwa hubungan yang saling menguntungkan antara Indonesia-Malaysia lebih banyak daripada yang saling merugikan. Maka, ia menekankan jangan ada perpecahan antara negara yang sama-sama mayoritas Islam ini.
“Jadi hal yang semacam ini jangan sampai merusak kerjasama politik, ekonomi, militer yang sudah berjalan sangat lama,” tukasnya.
Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Fajar Shadiq

Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Sejarawan Imbau Jangan Ada Perpecahan Sesama Negara Mayoritas Islam”

  1. Uranglonyot

    bukan provokato : even SEAGames, adalah even internasional, so kenapa tidak menggunakan standar internasional, soal editing saja kok nggak bisa…, so kalau itu mentri bilang : ni sebenarnya hanya persoalan teknis belaka, yang tidak signifikan,”…. itu tidak bisa diterima.. lha kalau pesertanya se pedukuhan slangor silahkan, ini momen antar bangsa je…, kalau permintaan maaf itu seharusnya yang membuat kesalahana dihukum, .. salah ki yo salah, dimaafkan atau tidak itu tergantung korbannya… ya to kang

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khazanah

Inilah yang Menjadikan Awal Bulan Dzulhijjah Menjadi Mulia

Tidak seperti hari-hari yang lain, pada awal bulan Dzulhijjah Allah Ta'ala kumpulkan semua bentuk ibadah di dalamnya. Shalat, zakat mal bagi yang sudah mencapai nishab dan haul, puasa bagi siapa saja yang ingin menambahkan amalan sunnahnya atau jamaah haji yang wajib membayar dam (denda) atau al-hadyu tapi tidak memperoleh hewan sesembelihan.

Kamis, 24/08/2017 14:53 0

Amerika

Perang Baru AS di Afghanistan Bakal Sedot Banyak Anggaran

Pidato Donald Trump pada Senin (21/08) yang menyatakan bahwa AS akan melanjutkan perang di Afghanistan, tampaknya akan meningkatkan biaya militer yang cukup besar untuk tahun 2018. Biaya semakin meningkat untuk menutupi biaya tambahan dari sebuah konflik yang lebih besar

Kamis, 24/08/2017 14:35 0

Prancis

Kembali Berulah, Charlie Hebdo Identikkan Islam dengan Terorisme

Majalah satir Perancis Charlie Hebdo kembali berulah dengan memuat sampul depan baru yang menyinggung Islam.

Kamis, 24/08/2017 14:00 0

Opini

Arti Penting Mengisi Kemerdekaan Bagi Penguasa

KIBLAT.NET – Tema “mengisi kemerdekaan” selalu menjadi perbincangan yang diulang setiap peringatan hari Kemerdekaan Indonesia....

Kamis, 24/08/2017 13:50 0

Suriah

Israel Khawatir Kehilangan Peran di Suriah

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas masalah Israel mengenai peran Iran di Suriah.

Kamis, 24/08/2017 11:15 0

Video Kajian

Jadi Tahu : Baca Quran Setelah VS Sebelum Ramadhan

KIBLAT.NET – Ramadhan memang sudah meningggalkan kita. Namun pertanyaaan besarnya adalah apakah semangat ibadah kita...

Kamis, 24/08/2017 09:19 0

Suriah

“Perisai Efrat” Gulirkan Kampanye Pembersihan Preman

Dalam pernyataan yang didapat portal enabbaladi.net, kampanye melawan preman itu digelar di wilayah-wilayah kontrol “Dar’ul Furat”, bekerja sama dengan institusi keamanan. Dar’ul Furat merupakan ruang operasi oposisi Suriah yang didukung Turki di wilayah utara untuk menghadapi ISIS dan milisi Kurdi.

Kamis, 24/08/2017 08:07 0

Siyasah

Constantinopel Has Fallen: Rahasia Kemenangan Muhammad Al-Fatih

Maka dari itu, Al Fatih pun menyadari bahwa untuk memperoleh kemenangan istimewa diperlukan persiapan yang istimewa juga. Al Fatih menyadari bahwa “sehebat-hebat pemimpin” serta “sekuat-kuat pasukan” bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan.

Rabu, 23/08/2017 22:17 0

Opini

Sudah 72 Tahun Muslim Indonesia Merdeka, Bagaimana Nasib Muslim Patani?

KIBLAT.NET – Pada bulan Agustus 2017 ini,  seluruh rakyat Indonesia (anak kecil, remaja, santri, pelajar,...

Rabu, 23/08/2017 21:53 0

Amerika

Plin-plan, Beginilah Kebijakan Donald Trump soal Perang di Afghanistan

Kebijakan ini jelas bertolak belakang dengan pandangan Trump sebelumnya, dimana dalam 48 postingan di Twitter sejak 2011, ia kerap menunjukkan kecaman terkait keterlibatan AS di negara tersebut.

Rabu, 23/08/2017 18:00 0

Close