... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Indonesia Berqurban, Menjangkau Ratusan Kabupaten, Menyapa Puluhan Negeri

Foto: Foto : Suasana Diskusi Media bersama Global Qurban dan Aksi Cepat Tanggap di Resto Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (24/08).

KIBLAT.NET, Jakarta – Tak bisa dipungkiri, makna terbesar dari ibadah qurban adalah tentang berbagai seluas-luasnya kebahagiaan. Rini Maryani, President Global Qurban mengatakan bahwa berqurban adalah ibadah sekaligus bentuk kepedulian.

Qurban dalam Islam merupakan salah satu bentuk dan wujud kesempurnaan Islam sebagai rahmatan lil’alaminQurbanmembawa rahmat universal untuk semua manusia. Tanpa tersekat batas geografis atau perbedaan ras dan suku bangsa,” ungkap Rini saat ditemui dalam Diskusi Media mengenai Kurban dari Global Qurban di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (24/08).

Rini menjelaskan, sudah sejak tahun 2011, Global Qurban mendistribusikan qurban ke tiap penjuru. Menjangkau ratusan kabupaten dan menyapa puluhan negeri. Tak melihat jarak, etnis, suku apalagi warna kulit, Global Qurban menjadi jembatan silaturahim sekaligus kepedulian sesama.

Bukan hanya tentang fisik hewan kurban yang menjelajah lintasi tiap-tiap gerbang dan batas negeri lain, Rini menerangkan, tapi juga distribusi kebahagiaan hingga ke wilayah pelosok kabupaten.

Rini menjelaskan, bahwa Global Qurban juga menyambangi daerah konflik, menyapa area kemiskinan di belahan negeri lain.

“Menjelang ibadah qurban tahun 2017, pengalaman distribusi Global Qurban sejak tahun 2011 sudah menjelajahi 3 benua yang berbeda. Dari Asia, Afrika hingga ke Eropa. Dari dalam negeri pun, Global Qurban telah terdistribusikan hingga ke ratusan kabupaten dan kota, lengkap sebanyak 34 provinsi dijelajahi. Mempertemukan uluran tangan Muslim dalam bentuk ibadah qurban bagi mereka yang membutuhkan kepedulian,” tutur Rini.

BACA JUGA  Zainut Tauhid: Tangangan MUI di Era Disrupsi Tak Ringan

Rini mengungkapkan, pada Tahun 2016 lalu, Global Qurban rampung mendistribusikan kebahagiaan berkurban hingga ke 31 negara. Negara-negara sasaran distribusi tersebut termasuk daerah yang sedang dirundung konflik dan bencana kemanusiaan akut seperti Suriah, Palestina, Yaman, Myanmar, dan Somalia.

“Rinciannya mulai dari kawasan regional Timur Tengah meliputi Lebanon, Palestina, Suriah, Turki, Irak, dan Yaman. Lalu di Benua Asia, daging kurban terdistribusi sampai Afghanistan, Bangladesh, India, Kamboja, Kashmir, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Laos, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Vietnam, hingga Tiongkok,” sebutnya.

Rini menerangkan, distribusi Global Qurban juga sampai ke Benua Afrika menjangkau Kamerun, Kenya, Madagaskar, Somalia, Uganda, dan Guinea Conakry. Bahkan hingga menyapa Jerman, tempat jutaan pengungsi dari Asia dan Afrika ditampung untuk sementara.

Tidak berhenti sampai di situ, Rini Maryani mengatakan jangkauan distribusi Global Qurban bakal terus melebar hingga ke negeri-negeri lain yang sebelumnya tak pernah tersapa.

“InsyaAllah, tahun ini manfaat qurban dari Indonesia bakal sampai ke 40 negara. Tambahan bahagia qurban dari Indonesia itu akan sampai juga ke negeri Chad, Guinea Conakry, Kenya, Sudan Selatan, Nigeria, Mali, Mauritania, Sri Lanka, dan Yordania,” pungkas Rini.

 

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Fajar Shadiq

 

 


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Israel Khawatir Kehilangan Peran di Suriah

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas masalah Israel mengenai peran Iran di Suriah.

Kamis, 24/08/2017 11:15 0

Video Kajian

Jadi Tahu : Baca Quran Setelah VS Sebelum Ramadhan

KIBLAT.NET – Ramadhan memang sudah meningggalkan kita. Namun pertanyaaan besarnya adalah apakah semangat ibadah kita...

Kamis, 24/08/2017 09:19 0

Suriah

“Perisai Efrat” Gulirkan Kampanye Pembersihan Preman

Dalam pernyataan yang didapat portal enabbaladi.net, kampanye melawan preman itu digelar di wilayah-wilayah kontrol “Dar’ul Furat”, bekerja sama dengan institusi keamanan. Dar’ul Furat merupakan ruang operasi oposisi Suriah yang didukung Turki di wilayah utara untuk menghadapi ISIS dan milisi Kurdi.

Kamis, 24/08/2017 08:07 0

Siyasah

Constantinopel Has Fallen: Rahasia Kemenangan Muhammad Al-Fatih

Maka dari itu, Al Fatih pun menyadari bahwa untuk memperoleh kemenangan istimewa diperlukan persiapan yang istimewa juga. Al Fatih menyadari bahwa “sehebat-hebat pemimpin” serta “sekuat-kuat pasukan” bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan.

Rabu, 23/08/2017 22:17 0

Opini

Sudah 72 Tahun Muslim Indonesia Merdeka, Bagaimana Nasib Muslim Patani?

KIBLAT.NET – Pada bulan Agustus 2017 ini,  seluruh rakyat Indonesia (anak kecil, remaja, santri, pelajar,...

Rabu, 23/08/2017 21:53 0

Amerika

Plin-plan, Beginilah Kebijakan Donald Trump soal Perang di Afghanistan

Kebijakan ini jelas bertolak belakang dengan pandangan Trump sebelumnya, dimana dalam 48 postingan di Twitter sejak 2011, ia kerap menunjukkan kecaman terkait keterlibatan AS di negara tersebut.

Rabu, 23/08/2017 18:00 0

Info Event

Mengapa Anda Harus Ikut Program Kurban di Halmahera?

Idul Qurban sebentar lagi tiba. Syari'at yang penuh dengan makna. Tahukah kita? Di pedalaman Halmahera jarang sekali ada yang berkurban. Selain rendahnya perekonomian, juga karena minimnya pengetahuan tentang agama.

Rabu, 23/08/2017 17:00 0

Kolom

Haruskah Kita Menjadi Primitif Lagi?

Sayangnya, manusia seringkali tak menyadari bahwa hal-hal yang tampaknya baik dan dilakukan mayoritas manusia semisal mengolok-olok ide khilafah, menolak pemakaian cadar, serta nyaris mewajibkan penghormatan terhadap bendera bisa jadi merupakan pintu lebar bagi dirinya untuk menjadi primitif kembali.

Rabu, 23/08/2017 16:30 0

Arab Saudi

Video Remaja Tanggung Ludahi Al-Qur’an Picu Kemarahan Publik

Publik marah melihat tingkah seorang remaja yang meludahi Al-Qur'an dalam sebuah video yang viral di media sosial.

Rabu, 23/08/2017 14:32 0

Tazkiyah

Kisah Sarat Hikmah Hakim yang Bijak

Ada seorang hakim yang terkenal bijak dan berilmu. Hakim itu bernama Abu Khazim Al-Qadhi . Abu Khazim adalah lelaki yang berilmu. Suatu ketika, datang kepadanya seorang pemuda bersama orangtua yang sudah lanjut usianya.

Rabu, 23/08/2017 12:20 0

Close