... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Islam Bisa Menang tanpa Perang? Begini Penjelasan DR Zain An-Najah

Foto: DR. Ahmad Zain An-Najah

KIBLAT.NET, Bekasi- Direktur Pesantren Tinggi Al-Islam, DR. Zain An-Najah memberikan penjelasan tentang ‘Menang tanpa Perang’. Maknanya, memenangkan Islam dengan mengedepankan dakwah. Ia mencontohkan seperti peristiwa fathul Makkah.

“Maka dalam kisah perang fathu Makkah, Rasulullah dengan sepuluh ribu pasukan dengan senjata lengkap, bisa saja menghabisi musuh Islam. Tetapi tidak dilakukan, karena bukan tujuan,” katanya dalam acara wisuda Pesantren Tinggi Al-Islam pada Ahad (20/08).

“Fathun artinya pembukaan. Dalam Islam, berperang itu tujuannya bukan menumpahkan darah. Tapi tujuannya adalah supaya manusia mendapat hidayah,” imbuhnya.

Ia menegaskan, peristiwa fathul Makkah memberikan dampak positif bagi umat Islam. Sebab, setelah itu orang kafir berbondong-bondong masuk Islam. Dengan adanya peristiwa fathul Makkah, ia juga mengatakan bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin.

“Makkah tidak bisa dibuka oleh Abrahah dengan pasukan gajah, tapi bisa dibuka oleh Nabi Muhammad tanpa pertumpahan darah, ini membuktikan kemenangan Islam, Islam rahmatan alamin. Ini kemenangan yang hakiki,” tegasnya.

Anggota Komisi Fatwa MUI ini juga menjelaskan kisah Ratu Bilqis dan Nabi Sulaiman. Ia menjelaskan, Ratu Bilqis merupakan ratu yang bijaksana. Yaitu, dia memilih jalan damai dengan Nabi Sulaiman.

“Mungkin kerajaan Saba akan hancur karena melawan Raja Sulaiman,” ujarnya.

Sementara itu, Nabi Sulaiman adalah pribadi yang tegas namun lembut. Menurutnya, Nabi Sulaiman tidak memiliki rencana untuk menyerang kerajaan Saba.

BACA JUGA  PKS: Satu Tahun Jokowi Masih Jauh dari Capaian Keberhasilan

“Beliau (Nabi Sulaiman.red) tidak mengatakan ‘serang kerajaan Saba’. Tapi beliu berfikir, apa manfaat dari perang. Kalau dibunuh, pasti masuk neraka. Jadi cita-citaya bukan menghabisi orang lain, tapi memberikan hidayah pada orang lain,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia berharap para wisudawan Al-Islam tidak mengedepankan konflik dalam menghadapi masyarakat. Ia menegaskan, berdakwah memiliki pahala yang sangat besar.

“Maka kita harus ikut beratisipasi dalam menegakkan Islam dengan cara damai. Menang tanpa perang, salah satunya dengan dakwah,” tukasnya.

 
Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Islam Bisa Menang tanpa Perang? Begini Penjelasan DR Zain An-Najah”

  1. Gtx

    Kalau ngasih pencerahan mbok ya yg runtut, domai damai, islam berdiri tegak dulu, baru lawan takut seperti era kenabian dan sahabat, lha sekarang lemah gemulai seperti ini malah digembosi dg jargon damai, weleh2, muslim byk yg dibunuh, dipenjara, diintimidasi koq mikir damai, logika dg dasar apa? Liberal, syiah atau murjiah?

  2. tong

    Hanya ulama su’ yg mengatakan Islam bida tegak tanpa perang, sedangkan Abu Bakr telah mngatakan barangsiapa suatu kaum meninggalkan Jihad niscaya akan Alloh timpakan kpdnya kehinaan, dan Rosululloh telah bersabda: “akan senantiasa ada sgolongan dr umatku yg berperang dijalan Alloh, mreka tdk takut dg celaan orng yg mencela (salahsatunya ulama SU’),,
    lalu atas dasar logika jenis apa orng ini bisa ngomong kalo islam bisa menang tanpa perang,,?? Logika jongkok kah?? Nagundzubillah,,

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Pilotnya Tertawan, Rezim Suriah Tangkapi Pengungsi Dier Zour

Rezim Suriah masih tidak mengakui kampanye penangkapan terhadap warga sipil di berbagai wilayah. Organisasi HAM melaporkan, sedikitnya 10 sipil ditangkap setiap bulannya tanpa tuduhan jelas.

Senin, 21/08/2017 19:31 0

News

Bahas Suriah, Putin dan Netanyahu akan Bertemu Pekan Depan

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan betemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di resor Scochi, Rusia pekan depan. Pengumuman ini dikeluarkan oleh Pemerintahan Israel pada Sabtu (19/08).

Senin, 21/08/2017 16:43 0

Suriah

Assad: Dukungan “Sahabat Dekat” Tentukan Kemajuan Besar

"Sahabat Dekat" yang dimaksud adalah Rusia, Iran dan Syiah Hizbullah Lebanon. Ketiga kekuatan itu drastis mengubah peta kekuatan militer rezim Suriah.

Senin, 21/08/2017 15:05 0

Arab Saudi

Tentukan 9 Dzulhijjah, Hari Ini Arab Saudi Gelar Rukyatul Hilal

Rukyatul hilal dilakukan untuk menentukan waktu hari Arafah pada 9 Dzulhijjah yang dilanjutkan dengan hari raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah.

Senin, 21/08/2017 14:40 0

Amerika

Strategi Baru Telah Diputuskan, Akankah AS Menggelar Invasi Kedua ke Afghanistan?

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengkonfirmasi bahwa pemerintah Presiden Trump telah memutuskan sebuah strategi baru untuk Afghanistan setelah melewati perdebatan yang cukup alot Trump dan jajarannya.

Senin, 21/08/2017 14:06 0

Qatar

Saudi CS Minta PBB Hapus Komnas HAM Qatar dari Daftar Kelas A

Jika hal itu terjadi, segala aduan Komnas HAM Qatar bisa dibatalkan di birokasi internasional

Senin, 21/08/2017 13:53 0

Irak

Milisi Syiah Iraq Latih Anak di Bawah Umur Teknik Membunuh Diam-diam

Milisi Syiah Iraq diduga kuat memanfaatkan anak-anak untuk terlibat dalam medan perang. Para milisi dari Hashd al-Shaabi dilaporkan melatih dan mendoktrin ratusan anak-anak di sebuah kamp besar di desa Bashir, sebelah selatan Kirkuk.

Senin, 21/08/2017 11:45 0

Qatar

UEA Desak Qatar Tutup Pangkalan Militer Turki di Doha

Duta Besar Qatar untuk Turki mengomentari seruan Uni Emirat Arab (UEA) untuk menutup pangkalan militer Ankara di negaranya.

Senin, 21/08/2017 11:11 0

Afghanistan

Raih Banyak Kemajuan di Kandahar, Pundi-Pundi Ghanimah Taliban Terus Bertambah

Data terbaru, Taliban berhasil memperoleh sejumlah besar senjata dan amunisi, termasuk berbagai peralatan militer lainnya dalam operasi militer yang digelar selama bulan Juli lalu di provinsi Kandahar.

Senin, 21/08/2017 10:10 1

News

Djarot Cabut BPJS Pedagang Kurban di Trotoar, Tengku Zulkarnain: Segitunya Arogansi Pejabat

Menurut Tengku Zulkarnain, seharusnya jika melanggar harus diproses sesuai hukum yang berlaku, namun kenapa justru BPJS yang diperkarakan.

Ahad, 20/08/2017 20:17 0

Close
CLOSE
CLOSE