... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wisuda Pesantren Tinggi Al-Islam Angkatan 11, DR Zain An-Najah: Ini Paling Bergengsi

Foto: Wisuda Pesantren Tinggi Al-Islam Angkatan 11, DR Zain An-Najah: Ini Paling Bergengsi

KIBLAT.NET, Bekasi- Hari ini Ahad (21/08), Pesantren Tinggi Al-Islam meluluskan duapuluh satu wisudawan angkatan ke-11 yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Semua mahasiswa yang dinyatakan lulus, telah menyetorkan hafalan 30 juz dan melewati serangkaian tes ilmu agama Islam.

Menurut penjelasan Direktur Pesantren Tinggi Al-Islam, DR Zain An-Najah, sebelum diwisuda, para mahasiswa diwajibkan menyetorkan 30 juz yang dihafal selama 2 tahun masa pendidikan. Ditambah lagi, para wisudawan juga telah dibekali ilmu-ilmu pokok seputar agama Islam.

“Jadi wisudawan hari ini adalah angkatan ke-sebelas Pesantren Tinggi Al-Islam yang telah menyetor tiga puluh juz sama pernah mempelajari enam pokok-pokok ilmu. Ilmu hadist, ilmu tafsir, ilmu nahwu, akidah, fiqih dan ilmu ushul fiqih,” katanya saat ditemui Kiblat.net.

Selain itu, ternyata Pesantren Tinggi Al-Islam juga menyelenggarakan program khusus untuk peserta didik yang fokus hafalan Al-Quran. Untuk program ini, DR Zain An-Najah mengungkapkan ada empat peserta didik. Sementara yang berhasil memenuhi syarat untuk wisuda terdapat satu orang saja.

“Ada empat mahasiswa, yang sudah ujian baru satu. Yang tiga belum diuji. Semua jadi total ada duapuluh satu wisudawan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, wisudawan tahun ini istimewa. Sebab, para wisudawan akan disebar ke sejumlah daerah di Indonesia untuk mengabdikan ilmnya selama masa pendidikan di Pesantren Tinggi Al-Islam. Dan sebelumnya, kata dia, mereka telah mengabdi selama satu bulan, saat Ramadhan di pelosok tanah air.

BACA JUGA  MUI Seru Umat Islam Boikot Produk Prancis

“Termasuk di Irian Jaya, NTT, Sulawesi. Jadi mereka dalam satu tahun itu dua tugas. Dan ini belum terjadi pada tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Ustadz Zain juga menyampaikan mengapa wisuda tahun ini istimewa adalah karena dihadiri oleh banyak wali mahasiswa. Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga mengatakan, momen semacam ini jarang.

“Apalagi wali-wali ini adalah para tokoh, para ustadz dan para pimpinan pesantren. Ini keistimewaan. Sehingga dikatakan ini wisudawan paling bergengsi,” tuturnya.

 

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Djarot Cabut BPJS Pedagang Kurban di Trotoar, Tengku Zulkarnain: Segitunya Arogansi Pejabat

Menurut Tengku Zulkarnain, seharusnya jika melanggar harus diproses sesuai hukum yang berlaku, namun kenapa justru BPJS yang diperkarakan.

Ahad, 20/08/2017 20:17 0

Malaysia

Tak Sengaja, Malaysia Sudah Minta Maaf terkait Insiden Bendera Terbalik

Panitia Pelaksana SEA Games 2017 Malaysia menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia, atas kesalahan pemuatan gambar bendera Indonesia. Mereka menyebutkan, terbaliknya gambar bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games XXIX/2017 adalah sebuah kesalahan yang tidak disengaja.

Ahad, 20/08/2017 19:45 0

Palestina

Lagi, Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina di Tepi Barat

Anggota kepolisian Israel kembali menembak mati seorang remaja Palestina berusia belasan tahun di sebuah pos pemeriksaan di Tepi Barat.

Ahad, 20/08/2017 19:43 0

Foto

(Foto) Secercah Cinta di Tengah Derita Pengungsi Irak

Meski diterpa derita, nyatanya fotografer bernama Tommy Trenchard banyak mendokumentasikan kehidupan para yang tak lupa akan senyuman dan kasih sayang.

Ahad, 20/08/2017 18:16 0

Eropa

Selain Bersepeda ke Tanah Suci, 8 Jemaah Haji London Juga Galang Donasi untuk Suriah

Hajj Ride, mereka tiba di Madinah pada Sabtu (19/08) pukul 08.00 waktu Arab Saudi. Sesampainya di Arab Saudi, rombongan Hajj Ride mendapat sambutan sekaligus penghargaan dari Saudi Cyclist.

Ahad, 20/08/2017 16:17 0

Irak

Operasi Tal Aftar, Haidar Al-Abadi Tantang ISIS: Menyerah atau Terbunuh

Operasi Tal Aftar merupakan kebijakan terbaru yang diputuskan oleh pemerintah Irak untuk merebut markas terakhir ISIS di provinsi Nineveh.

Ahad, 20/08/2017 15:17 0

Arab Saudi

Tunaikan Ibadah Haji, Delapan Muslim Bersepeda dari Inggris ke Tanah Suci

Delapan Muslim Inggris telah mencapai Madinah, Arab Saudi setelah bersepeda lebih dari 2.000 mil selama 6 minggu. Videonya dapat dilihat di sini.

Ahad, 20/08/2017 12:57 0

Palestina

Seorang Remaja Palestina Terbunuh di Pos Pemeriksaan Israel

Kementerian Kesehatan Palestina mengkonfirmasi seorang remaja berusia 17 tahun itu telah terbunuh pada hari Sabtu (19/08)

Ahad, 20/08/2017 12:28 0

Suriah

Adakan Pertemuan, Israel dan Rusia Akan Bahas Soal Suriah

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu akan berkunjung ke Rusia pada Rabu (23/08) pekan depan untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Tema utama bahasan mengenai perang di Suriah.

Ahad, 20/08/2017 09:18 0

Suriah

Hanya Karena Momen Ini, Penasehat Bashar Assad Klaim Perang Suriah Telah Berakhir

Penasihat utama Presiden Suriah Bashar Assad, Bouthaina Shaaban pada Jum'at (18/08) menyebut bahwa Perang Suriah telah berakhir. Ia mengatakan bahwa Damaskus International Fair menandai berakhirnya perang dan awal rekonstruksi.

Ahad, 20/08/2017 07:46 0

Close