Selain Bersepeda ke Tanah Suci, 8 Jemaah Haji London Juga Galang Donasi untuk Suriah

KIBLAT.NET, Jeddah- Delapan jemaah haji asal Inggris akhirnya tiba di Madinah, Arab Saudi. Kedatangan mereka terbilang unik. Pasalnya, demi mengumpulkan donasi untuk pengungsi Suriah, mereka rela menempuh London-Madinah yang berjarak lebih dari 3.000 km dengan menggunakan sepeda.

Kedelapan jemaah haji yang dikenal dengan “Hajj Ride” itu menghabiskan waktu enam pekan, menyisiri wilayah Prancis, Swiss, Italia, Yunani, Mesir hingga sampai ke Arab Saudi. Salah-satu peserta seperti dikutip dari Al-Arabiya mengatakan bahwa misi Hajj Ride ialah menyampaikan bahwa Islam sebagai agama damai dan toleran kepada seluruh negara yang mereka lewati.

Pantauan Kiblat.net di laman Facebook Hajj Ride, mereka tiba di Madinah pada Sabtu (19/08) pukul 08.00 waktu Arab Saudi. Sesampainya di Arab Saudi, rombongan Hajj Ride mendapat sambutan sekaligus penghargaan dari Saudi Cyclist.

Selain itu, para Hajj Ride ini juga menggalang donasi untuk pengungsi Suriah. Dengan bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan asal Inggris “Human Aid UK”, aksi Hajj Ride ini berusaha mengumpulkan dana hingga £ 1 juta atau setara dengan 17 miliyar rupiah. Berikut video saat tiba di Masjid An-Nabawi, Madinah.

“Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah! Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar! Kami, Hajj Ride akhirnya tiba di Madinah Al-Munawarah. Berkat rahmat Allah SWT. Titip kami di setiap doa yang Anda panjatkan, karena setiap jam terpanjatkan doa kami untuk Anda. Setengah dari perjalanan kami sudah diselesaikan, ini semua untuk rakyat Suriah. Bantu kami mengumpulkan £ 1 JUTA untuk #Syiria melalui Human Aid UK,” tulis para Hajj Ride seperti dikutip dari laman Facebooknya.

Sebelumnya, sejak bulan April lalu, Human Aid UK bersama sejumlah lembaga kemanusiaan di Inggris dan Malaysia telah menyalurkan 80-85 ambulans ke Suriah. Sedangkan, dana yang terkumpul dari Hajj Ride nantinya akan digunakan untuk mengisi keperluan ambulans dan melengkapi peralatan yang dibutuhkan.

BACA JUGA  Membaca Langkah Biden di Afghanistan
Sesampainya di Arab Saudi, rombongan Hajj Ride mendapat sambutan sekaligus penghargaan dari Saudi Cyclist.

Abdul Wahid merupakan konseptor sekaligus orang yang berada di balik Hajj Ride. Ia merupakan muallaf yang baru 11 tahun memeluk agama Islam. Berdasarkan penjelasannya, aksi ini didasari karena hobinya bersepeda dan keinginannya untuk melaksanakan ibadah haji. Sedangkan di satu sisi, kondisi Suriah saat ini turut memanggilnya.

“Orang bilang, Anda harus mengubah segalanya ketika Anda memutuskan menjadi Muslim. Aku punya banyak waktu untuk memikirkan cara untuk menyatukan dalam hidupku. Kemudian, Aku pikir, Aku suka bersepeda dan Aku ingin menunaikan haji. Jadi apa salahnya bila kami berhaji seperti zaman dulu kala?” Wahid mengatakan kepada Al-Arabiya English pada bulan Juli sebelum perjalanan mereka dimulai dari London.

 
Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat