... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bisa Istiqomah karena Cinta? Yuk Simak Kajian KAMMI Denpasar Ini

Foto: Kajian rutin KAMMI untuk mahasiswa dan pemuda Muslim dengan tema “Istiqomah karena Cinta” yang diadakan pada hari Sabtu (19/08).

KIBLAT.NET, Denpasar– Organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Bali mengadakan kembali kajian rutin untuk mahasiswa dan pemuda Muslim dengan tema “Istiqomah karena Cinta” yang diadakan pada hari Sabtu (19/08). Kegiatan kajian diadakan di lantai 1 Masjid Sadar Sesetan, Jalan Tegal Wangi Gang Kenanga, Denpasar, Bali.

Selain dikuti oleh Kader KAMMI se-Bali, kajian ini juga diikuti oleh remaja masjid yang ada di Kota Denpasar dan sekitaranya. Diantaranya, Remaja Masjid Generasi Muda Masjid Sadar (GEMMAR), Remaja Masjid Arbain Baitul Mukminin, Remaja Masjid Armada Nurul Huda Tabanan. Kegiatan kajian dimulai dari pukul 16.00 samapai dengan 18.00 WITA usai shalat Ashar berjamaah.

Kegiatan ini juga didukung oleh Komunitas Pecinta Film Islami (KOPFI) Bali dan Yuk Ngaji. Ustadz Nur Asyur pemateri dalam kajian ini memaparkan bahwa istiqomah harus harus didahului dengan doa. Bagi seorang Muslim yang ingin istiqomah di jalan Allah harus didahului dengan doa yang tulus dan semata-mata dilandasi dengan cinta kepada Allah SWT.

Seorang pemuda Muslim yang ingin istiqomah juga perlu sebuah “suplemen” yaitu ilmu. Selain itu berusaha untuk menjadi seorang pribadi yang sholeh dan juga muslih. Maksudnya adalah harus bisa menjadi baik individu untuk dirinya sendiri baru baik untuk orang banyak. Istiqomah pun harus perlu proses tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan.

BACA JUGA  Perppu Darurat Sipil Tak Mengatur Soal Wabah Penyakit

“Menjadi pribadi Muslim yang istiqomah perlu sebuah proses yang didahului dengan doa, berusahalah untuk tidak hanya menjadi individu yang sholeh saja tetapi juga muslih,” jelas Ustadz Nur Asyur.

Dalam konteks keimanan dan ketaatan sebuah keistiqomahan dapat dijabarkan dengan perbuatan-perbuatan seperti senantiasa memohon pertolongan kepada Allah SWT, berusaha
konsisten dalam beramal, selalu bertaubat dan mengucapkan istighfar, menargetkan ibadah, selalu introspeksi diri, dan selalu mengingat kematian.

Ustadz Nur Asyur juga mendefiniskan cinta dalam Islam. Pertama (marhalah ula) yakni cinta kepada Allah SWT, cinta kepada rasulullah, dan cinta kepada perjuangan Islam. Sedangkan yang kedua (marhalah wustha) yakni cinta kepada keluarga, cinta Kepada harta dan cinta kepada tahta.

“Jangan sampai marhalah wusta lebih tinggi dari marhalah ula, sebab bilamana marhalah wusta lebih tinggi maka seorang pemuda muslim akan fokus mengejar hal duniawi ketimbang dengan akhurat yang kekal abadi” terangnya.

Ustadz Nur Asyur menambahkan bahwa perlu diingat bagi seorang pemuda Muslim bahwa cinta kepada Allah ditandai dengan mengagumi, ridho dan pengorbanan. Dalam kajian ini juga dibagikan hadiah dua buku kepada dua orang peserta yang berani merangkum materi yang dipaparkan oleh Ustadz Nur Asyur.

Ditemui disela-sela kajian, Ketua KAMMI Komisariat Dewata yakni Muhammad Khairul Fathin mengatakan bahwa kajian yang diadakan kali ini bertujuan untuk mengajak pemuda Muslim untuk aktif mengikuti kegiatan kajian di masjid ketimbang menghabiskan waktunya dengan hal-hal yang mubazir. Semoga kajian ini bermanfaat dan ilmunya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA  Cegah Covid-19, BMH Papua Buka Layanan Semprot Disinfektan

“Tujuan kegiatan ini untuk mengajak seluruh pemuda muslim untuk datang dan aktif mengikuti kajian di Masjid maupun Musholla. Semoga kajian ini dapat bermanfaat dan ilmu yang diperoleh dari pemateri bisa diamalkan dalam kehiduoan sehari-hari,” pungkasnya.

 

Kontributor: Herdian Armandhani (Denpasar, Bali)
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Foto

(Foto) Secercah Cinta di Tengah Derita Pengungsi Irak

Meski diterpa derita, nyatanya fotografer bernama Tommy Trenchard banyak mendokumentasikan kehidupan para yang tak lupa akan senyuman dan kasih sayang.

Ahad, 20/08/2017 18:16 0

Eropa

Selain Bersepeda ke Tanah Suci, 8 Jemaah Haji London Juga Galang Donasi untuk Suriah

Hajj Ride, mereka tiba di Madinah pada Sabtu (19/08) pukul 08.00 waktu Arab Saudi. Sesampainya di Arab Saudi, rombongan Hajj Ride mendapat sambutan sekaligus penghargaan dari Saudi Cyclist.

Ahad, 20/08/2017 16:17 0

Irak

Operasi Tal Aftar, Haidar Al-Abadi Tantang ISIS: Menyerah atau Terbunuh

Operasi Tal Aftar merupakan kebijakan terbaru yang diputuskan oleh pemerintah Irak untuk merebut markas terakhir ISIS di provinsi Nineveh.

Ahad, 20/08/2017 15:17 0

Arab Saudi

Tunaikan Ibadah Haji, Delapan Muslim Bersepeda dari Inggris ke Tanah Suci

Delapan Muslim Inggris telah mencapai Madinah, Arab Saudi setelah bersepeda lebih dari 2.000 mil selama 6 minggu. Videonya dapat dilihat di sini.

Ahad, 20/08/2017 12:57 0

Palestina

Seorang Remaja Palestina Terbunuh di Pos Pemeriksaan Israel

Kementerian Kesehatan Palestina mengkonfirmasi seorang remaja berusia 17 tahun itu telah terbunuh pada hari Sabtu (19/08)

Ahad, 20/08/2017 12:28 0

Suriah

Adakan Pertemuan, Israel dan Rusia Akan Bahas Soal Suriah

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu akan berkunjung ke Rusia pada Rabu (23/08) pekan depan untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Tema utama bahasan mengenai perang di Suriah.

Ahad, 20/08/2017 09:18 0

Suriah

Hanya Karena Momen Ini, Penasehat Bashar Assad Klaim Perang Suriah Telah Berakhir

Penasihat utama Presiden Suriah Bashar Assad, Bouthaina Shaaban pada Jum'at (18/08) menyebut bahwa Perang Suriah telah berakhir. Ia mengatakan bahwa Damaskus International Fair menandai berakhirnya perang dan awal rekonstruksi.

Ahad, 20/08/2017 07:46 0

Mesir

Mesir, Salah Satu Penjara Terbesar di Dunia bagi Jurnalis

Reporter Tanpa Batas (Reporters Without Borders) menggambarkan Mesir sebagai salah satu penjara terbesar di dunia bagi para jurnalis. Pernyataan ini menyusul pemblokiran situs pengawas media berbasis di Paris tersebut pada Kamis (17/08).

Ahad, 20/08/2017 06:15 0

Afghanistan

Soal Strategi di Afghan, Trump Hadapi Tekanan dari Para Pembantunya

Pembicaraan tentang Afghanistan di Camp David pada hari Jumat (18/08) kemarin oleh para pejabat elit AS nampaknya berakhir tanpa ada keputusan final dari Presiden Donald Trump. Jalan buntu masih membayangi terutama terkait dengan jumlah pasukan.

Ahad, 20/08/2017 05:24 0

Opini

Indonesia Belum Merdeka

KIBLAT.NET- Tanggal 17 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun kita harus merenungi...

Sabtu, 19/08/2017 18:36 1

Close