... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Begini Kronologi Dua Insiden Ledakan di Barcelona

Foto: Polisi mengamankan lokasi kejadian ledakan di barcelona

KIBLAT.NET, Barcelona- Setidaknya 13 tewas sementara lebih dari 100 lainnya terluka karena dua serangan terpisah yang terjadi di Barcelona dan Cambrils. Dua serangan teror di kawasan wisata tersebut dilakukan dengan cara sama, yaitu menabrakkan mobil ke kerumunan van. Berikut kronologi peristiwa yang terjadi pada Kamis (17/08) sore tersebut.

Teror Pertama (Barcelona)

  • Pada pukul 04.50 sore waktu setempat, mobil van Fiat menerobos sekumpulan pejalan kaki dan pesepeda di di Las Ramblas, Barcelona. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan padat turis yang biasanya diwarnai aksi-aksi seniman jalanan hingga larut malam. Saksi mata menggambarkan terjadi kepanikan dan kekacauan di lokasi kejadian, dengan tubuh-tubuh bergelimpangan sementara ratusan coba menyelamatkan diri.
  • Van sempat melaju 500 meter ketika menerobos kerumunan sebelum akhirnya berhenti di depan mosaik milik artis Joan Miro. Mobil terhenti karena menabrak kios.
  • Pengemudi van kemudian melarikan diri tanpa kendaraan.
  • Polisi memerintahkan seluruh restoran dan toko yang berada di area untuk diamankan sehingga kurang lebih 600 pengunjung terkunci hingga pemeriksaan selesai.
  • Beberapa jam kemudian, kepolisian Spanyol menangkap dua orang terkait kasus Barcelona di tempat terpisah, yaitu satu berkebangsaan Maroko yang diamankan di kota Ripoll dan satu orang Spanyol keturunan Afrika Utara ditangkap di Alcanar. Belum diketahui peran keduanya dalam serangan di Barcelona.
  • Polisi menemukan mobil van kedua di kota Vic. Mobil yang ditelantarkan ini disewa dari tempat yang sama dengan van yang digunakan untuk serangan Las Ramblas.
  • Pemerintah daerah Katalonia menyatakan korban tewas dan korban luka serangan Las Ramblas berasal dari 24 negara.

Teror Kedua (Cambrils)

  • Di Cambrils, kota yang terletak 120 KM di selatan Barcelona, mobil Audi A3 juga menabrak pejalan kaki sehingga enam terluka. Satu korban kini berada dalam kondisi kritis.
  • Polisi kemudian menembak empat tersangka sementara pelaku kelima meninggal karena luka-luka.
  • Polisi menyatakan sedang menguji hipotesis bahwa serangan di Cambrils terkait pada teror di Las Ramblas, Barcelona.

 

Sumber: CNN Indonesia
Redaktur: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat : Dakwah dan Sebab Hidayah (Ust. Muiz Abu Turob )

KIBLAT.NET –  Allah SWT berfirman : وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ...

Jum'at, 18/08/2017 13:17 0

Indonesia

Polisi Mengaku Telah Gelar Perkara Kasus Siyono

"Menurut Kanit 1 Reskrim Polres Klaten Aiptu Andi menyampaikan bahwa Kasus Siyono masih berlanjut. Dan diakui baru saja dilakukan gelar perkara dengan Polda Jateng," kata Endro kepada Kiblat.net melalui rilisnya pada Kamis (17/08).

Jum'at, 18/08/2017 08:30 0

Indonesia

Sambangi Mapolres Klaten, LUIS Tanyakan Kelanjutan Kasus Siyono

"Dan diterima Kanit 1 Reskrim Aiptu Andi dan beberapa staf lain," ujar Endro kepada Kiblat.net melalui rilisnya.

Jum'at, 18/08/2017 06:45 0

Indonesia

Ikut Lomba Panjat Pinang, Seorang Warga Tewas Terjatuh

Siapa menyangka, perlombaan memperingati perayaan HUT RI ke-72 bisa berujung maut. Seorang warga bernama Icim tewas terjatuh saat mengikuti lomba panjat pinang

Kamis, 17/08/2017 22:57 0

Indonesia

Densus Tipikor Dibentuk, Pejabat dan Penyidik dari Polri Diusulkan Mundur dari KPK

Ia menukas, sebagian besar pejabat dan penyidik kepolisian yang bertugas di KPK bisa ditarik kembali untuk bertugas di Densus Tipikor yang baru terbentuk tersebut. Sehingga, untuk mengisi kekosongan penyidik-penyidik dan pejabat-pejabat struktural KPK dari kepolisian yang ditarik kembali ke Kepolisian tersebut, KPK bisa melakukan rekrutmen penyidik dan Pejabat Struktural baru untuk mengisi kekosongan.

Kamis, 17/08/2017 22:50 0

Indonesia

Perppu Ormas Lebih Ambigu dari UU Subversif Orde Baru.

Perppu Ormas mengingatkan seorang sejarawan Muslim, Tiar Anwar Bachtiar pada Undang-undang Subversif di era Orde baru. Bahkan, menurut penilainnya, Perppu Ormas justru lebih ambigu.

Kamis, 17/08/2017 22:13 0

Indonesia

Kumparan.com Sebut DN Aidit Pahlawan, Netizen Geram

Situs berita Kumparan.com menarik perhatian netizen usai menampilkan gambar wajah tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI), DN Aidit sebagai salah satu pahlawan di akun Twitternya.

Kamis, 17/08/2017 21:44 2

Indonesia

Sejarawan:’Ketuhanan yang Maha Esa’ Itu Pastikan Indonesia bukan Negara Sekuler

Sejarawan Muslim, Tiar Anwar Bachtiar mengungkapkan bahwa saat ini, sila pertama yang berbunyi 'Ketuhanan yang Maha Esa' dimanfaatkan pihak tertentu.

Kamis, 17/08/2017 21:38 1

Indonesia

72 Tahun Indonesia, Tiar Anwar Bachtiar: Kita Semakin Sekuler

Sudah tujuh puluh dua tahun Indonesia merayakan kemerdekaan. Dalam hal ini, Sejarawan Muslim, Tiar Anwar Bachtiar menegaskan bahwa saat ini Indonesia semakin sekuler.

Kamis, 17/08/2017 20:47 0

Indonesia

Banyak Kejanggalan, Pengacara Alfian Tanjung Sebut Dakwaan Kliennya Dipaksakan

"Kita merasa janggal sekaligus juga lucu ketika membaca dan mendengar dakwaan JPU," kata Al Katiri sebagai salah satu kuasa hukum Alfian Tanjung.

Kamis, 17/08/2017 15:23 0

Close
CLOSE
CLOSE