... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pertama di Indonesia, IZI Launching Permainan Edukasi “Zakat Game”

KIBLAT.NET, Jakarta – Banyak studi dan penelitian yang memprediksi potensi zakat yang dibisa dihasilkan di Tanah Air. Para pakar memperkirakan, potensi dana yang bisa dihasilkan melalui zakat berkisar antara Rp 100 triliun hingga 200 triliun. Tentunya melalui penghimpunan zakat berjumlah demikian dengan penanganan Amil Zakat yang professional akan membuahkan solusi untuk menstabilkan perekonomian Umat di Indonesia.

Hanya saja perlu edukasi secara berlanjut kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam berzakat. Semisal, Zakat yang diketahui pada umumnya adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh kaum Muslimin.

Selain itu wawasan masyarakat mengenai zakat hanya sebatas ditunaikan ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri saja (seperti halnya Zakat Fitrah), sementara masih banyak jenis Zakat yang sebenarnya harus ditunaikan (apabila mencapai nisab) seperti Zakat Mal, Zakat Profesi, Zakat Peternakan, Zakat Perniagaan, Zakat tabungan, Zakat Pertanian, Zakat Sewa Aset dan Zakat Emas Perak.

Dalam rangka edukasi dan meningkatkan kesadaran pentingnya berzakat, Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menginisiasi suatu permainan yang bernama “Zakat Game”. Karena seperti yang kita ketahui bahwa Game merupakan salah satu media yang mudah sekali diterima oleh semua kalangan. Sehingga ketika para pemain terus menerus bermain, tanpa sadar mereka pun sedang belajar mengenai zakat.

Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana menyampaikan bahwa hadirnya Zakat Game yang diinisiasi oleh seorang Guru Besar Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Azman Abdurrahman merupakan sebagai sarana edukasi masyarakat sekaligus solusi untuk memperluas wawasan masyarakat mengenai zakat.

BACA JUGA  Kemenag Klaim Penggunaan Zakat untuk Program SDCs Berpegang pada Fikih

“Hasil evaluasi perjalanan dalam dunia perzakatan di Indonesia yang masih menjadi kendala adalah minimnya partisipasi dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya berzakat. Maka dari itu sengaja kami hadirkan melalui pendekatan permainan Zakat Game agar masyarakat mudah menerima dan faham esensi zakat,“ kata Wildhan Dewayana ketika melaunching Zakat Game di Ballroom Aston Priority, Jakarta (15/8).

Kemudian senada dengan hal tersebut, Kepala Subdirektorat Edukasi, Inovasi dan Kerja Sama Zakat dan Wakaf Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Muhammad Fuad Nasar mengapresiasi hadirnya permainan edukasi Zakat Game yang diinisiasi oleh IZI yang menurutnya akan coba dijajaki oleh Bimas Islam Kemenag RI ke untuk dirumuskan menjadi kurikulum di Madrasah.

“Kami menyambut baik hadirnya permainan edukasi Zakat Game yang utamanya untuk membantu memahamkan masyarakat mengenai Zakat. Kemudian agar permainan edukasi Zakat Game ini bisa terus berkembang, kami akan coba jajaki bersama pihak Bimas Islam Kemenag RI yang selanjutnya semoga bisa diterapkan dalam kurikulum Madrasah di Indonesia,” Ujar Fuad Nasar.

Dalam tinjauan hukum syariah, Ketua Dewan Pengawas Syariah IZI, Oni Sahroni menyampaikan tujuan utama dibuatnya Zakat Game adalah mengedukasi dan memudahkan masyarakat untuk mehamahi zakat. Maka hukumnya dibolehkan karena hal ini merupakan salah satu upaya menegakkan Ekonomi Syariah.

“Tujuan utama dibuatnya permainan Zakat Game adalah untuk mengedukasi sekaligus memudahkan masyarakat untuk memahami zakat. Maka dalam hal ini dibolehkan, karena dalam rangka mempromosikan nilai-nilai Ekonomi Syariah juga,” pungkas Oni Sahroni.

BACA JUGA  IZI: Amil Zakat Harus Bermental Kuat

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dunia Islam Punya 4 Sumber Daya Unggulan, Tapi…

Yang pertama yaitu sumber daya manusia. Menurutnya, umat Islam merupakan umat beragama yang terbesar di dunia. Berbeda dengan umat Kristen dibagi menjadi dua, yaitu Katolik dan Protestan.

Selasa, 15/08/2017 16:48 0

Video News

Kiblat Review 09: Blokir Media Sosial

KIBLAT.NET – Era teknologi informasi sudah menjadi bagian dari masyarakat dunia. Begitupun di Indonesia. Keterbukaan...

Selasa, 15/08/2017 13:49 0

Indonesia

Sikap Dishubkominfo Tak Izinkan ‘Dzikir Kemerdekaan’ Dinilai Kurang Tepat

Terkait pembatakan kegiatan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) dalam acara 'Dzikir dan Tasyakuran' memperingati HUT RI ke-72 yang direncanakan pada Rabu sore 16 Agustus 2017, The Islamic Study and Action Center (ISAC) menilai bahwa sikap Dishubkominfo kurang tepat.

Selasa, 15/08/2017 13:10 0

Indonesia

Soal Pemakaian Cadar, Menteri Agama: Itu Keyakinan yang Harus Dihormati 

Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin menyayangkan adanya larangan penggunaan cadar bagi mahsiswi di kampus. Pasalnya penggunaan cadar merupakan bagian dari syariat agama yang diyakini.

Selasa, 15/08/2017 12:12 0

Indonesia

Tokoh Muhammadiyah: Penolakan Full Day School Lantaran Salah Paham

Penolakan kebijakan Full Day School (FDS) datang dari berbagai kalangan, mulai dari partai politik hingga santri Madrasah Diniyah. Tokoh Muhammadiyah, Din Syamsuddin menilai bahwa penolakan tersebut karena kesalahanpahaman semata.

Selasa, 15/08/2017 11:37 0

Indonesia

Dishubkominfo Tak Izinkan Event ‘Dzikir dan Tasyakuran Kemerdekaan RI ke-72’

Acara 'Dzikir dan Tasyakuran Kemerdekaan RI ke-72' yang diadakan oleh Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) terpaksa batal. Sebab, pemerintah Surakarta, dalam hal ini, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) tidak memberikan izin.

Selasa, 15/08/2017 10:37 0

Indonesia

Sekjen Liga Muslim Dunia Seru Umat Islam Bersatu di Bawah Tauhid

Salah satu penyebab terpuruknya umat Islam dunia saat ini adalah karena berpecah belah sesama Muslim. Seharusnya, umat Islam bisa disatukan dibawah satu Kalimat Tauhid.

Selasa, 15/08/2017 09:00 1

Indonesia

Din Syamsudin Apresiasi Muktamar Bersama Rabithah Alam Islami

Universitas Al Azhar Indonesia bersama Rabithah Al Alam Al lslami menggelar Seminar Internasional bertajuk ‘Peran Perguruan Tinggi dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat’ di Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia, Senin (14/08).

Selasa, 15/08/2017 06:30 0

Investigasi

Malam Kesaksian: Mengurai Benang Kusut Tragedi Pencurian Amplifier

Sepanjang hidupnya, Rojali tak pernah bersumpah. Namun dalam kasus yang melibatkan hilangnya nyawa seorang Muslim, Rojali tak mau main-main. “Seandainya hukum positif tidak mampu menghukum saya lantaran saya tidak bisa memberikan kesaksian berdasarkan fakta, biarlah Allah yang mengazab saya.”

Senin, 14/08/2017 23:40 0

Indonesia

UBN: Bagi Muslim, Merdeka adalah Tunduk pada ‘Undang-undang Tuhan’

Ketua Arrahman Quranic Learning (AQL), Ustadz Bachtiar Nashir menegaskan bahwa makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, khususnya umat Islam adalah 'berketuhanan yang maha Esa'.

Senin, 14/08/2017 22:34 0

Close