... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pendiri Al-Shabab yang Membelot Dijemput Pakai Pesawat Khusus

Foto: Abu Manshur Robou (tengah) saat masih di Gerakan Al-Shabab Al-Mujahidin Somalia

KIBLAT.NET, Mogadishu – Mantan komandan tinggi Gerakan Al-Shabab Al-Mujahidin Somalia, Mukhtar Robou (Abu Manshur) akhirnya membelot dan bergabung pemerintah. Ia dijemput dengan pesawat khusus oleh pemerintah Mogadishu dari tempat persembunyiannya di tenggara negara tersebut.

Robou pernah menduduki jabatan penting di gerakan yang disebut-sebut cabang Al-Qaidah itu. Ia pernah menjadi wakil pemimpin gerakan dan juga juru bicara resmi Al-Shabab.

Harian Timur Tengah, Al-Syarq Al-Ausath, Senin (14/08), melaporkan bahwa Abu Manshur tiba telah tiba di Mogadishu menggunakan pesawat khusus yang dikirim pemerintah kemarin. Ia dijemput di kota Hader, provinsi Bakool, tenggara Somalia.

Menteri Pertahanan Somalia, Abdur Rasyin Muhammad dan Wakil Dinas Intelejen Negara Abdul Qadir Jami’ ikut melakukan penjemputan. Mereka berada dalam satu pesawat menuju Mogadishu.

Sebelum tiba di ibukota, juru bicara pemerintah Bakool mengatakan bahwa Abu Munshur menyerahkan diri dan bersedia taat kepada pemerintah Bakool dan juga Republik Somalia. Ia sudah bertemu dengan Menteri Pertahanan Somalia dan sejumlah pejabat lokal untuk menogosiasikan nasib pengikut setianya.

Beberapa waktu sebelumnya, kantor berita Reuters menyebutkan seorang komandan militer di kota Hader, Kolonel Muhammad, mengungkapkan melalui sambungan telepon bahwa Robou dan tujuh pengikutnya saat ini sudah berada di Hader dan bertemu dengan pejabat lokal. Ia akan diterbangkan menuju ibukota Mogadishu secepatnya.

Abu Manshur Robou membelot dari Al-Shabab sejak 2013 setelah terjadi perselisihan dengan para komandan gerakan tersebut. Belum diketahui permasalahan yang membuat pembelotan tersebut. Beberapa laporan media mengatakan bahwa Robou tidak setuju dengan operasi-operasi militer Al-Shabab terhadap militer pemerintah dan pasukan PBB, yang dianggapnya brutal.

BACA JUGA  Menista Rasulullah Lewat Lagu, Pria Nigeria Dijatuhi Hukuman Mati

Sejak saat itu, mantan pejuang Gerakan Al-Mahakim Al-Islamiyah Somalia ini memisahkan diri bersama ratusan pengikutnya ke hutan di tenggara Somalia. Banyak media mengatakan bahwa Al-Shabab berupaya menangkapnya untuk diadili.

Perburuan Al-Shabab terhadap Abu Manshur dan ratusan pengikutnya semakin intens menyusul dihapusnya ampunan yang dikeluarkan AS kepadanya pada Juli lalu. Washington pada 2012 telah menjanjikan hadiah sebesar 5 juta dolar bagi siapa saja yang memberikan informasi keberadaan Abu Manshur.

Pasukan pemerintah dilaporkan ikut diterjunkan membantu Abu Manshur dan pengikutnya menghadapi serangan Al-Shabab. Wilayah yang dikuasainya kini menjadi bagian wilayah pemerintah.

Sumber: aawsat.com, somalitimes.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kasus Pencurian Amplifier, Kaum Muslimin Dihimbau Peduli Lingkungan Sekitar

"Kita harus peduli dengan keadaan setempat, jangan sampai lengah oleh keadaan. Kita bantu yang kekurangan, karena melalui kekurangan rezeki, kemurtadan itulah muncul," tegas ulama anggota Ittihad Ulama Muslimin ini.

Senin, 14/08/2017 16:49 0

Indonesia

Pengacara Keluarga: Pemerintah Masih Gagal Yakinkan Warganya Percaya Hukum

Jika sebelumnya sempat ada kesepakatan damai antara pihak keluarga dengan masyarakat agar kasus pencurian amplifier tak berlanjut ke proses hukum, kini pihak keluarga Muhammad Al Zahra alias Zoya, pria yang dituduh mencuri amplifier di Mushala Alhidayah Babelan, keberatan jika Zoya disebut sebagai pencuri motor.

Senin, 14/08/2017 14:15 0

Indonesia

Rabithah Al Alam Al Islami: Pemikiran yang Menjelekkan Islam Harus Dibenahi

"Kita harus menjelaskan pada mereka (peserta didik, red) di universitas untuk membetulkan pemikirannya, agar kepada siapapun yang menjelekkan Islam bisa kita hadapi dan benahi," ungkapnya di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, Senin (14/08).

Senin, 14/08/2017 14:14 0

Indonesia

Ustadz Farid Okbah: Islam Adalah Agama Paling Toleran

Pembina Lembaga Infaq Dakwah Center (IDC), Ustadz Farid Ahmad Okbah mengatakan bahwa Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi sifat toleran. Hal tersebut ia ungkapkan karena menurutnya, saat ini umat Islam sering disebut sebagai agama yang anti toleransi.

Senin, 14/08/2017 13:27 0

Indonesia

Jawara Bekasi Sayangkan Ada Unsur Politik dalam Kasus Pencurian Amplifier

Terkait hal itu, jawara Bekasi, Damin Sada menyayangkan jika kesempatan seperti ini disalahgunakan untuk kepentingan politik atau hal-hal yang tidak pantas lainnya.

Senin, 14/08/2017 13:15 0

Indonesia

Gandeng Rabithah Al Alam Al lslami, Universitas Al-Azhar Bangun ‘Islam Moderat’

Universitas Al Azhar Indonesia bersama Rabithah Al Alam Al lslami menggelar Seminar Internasional bertajuk 'Peran Perguruan Tinggi dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat' di Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia, Senin (14/08).

Senin, 14/08/2017 12:56 0

Indonesia

Kesehatan ABB Menurun, Keluarga Minta Pemerintah Kedepankan Sisi Kemanusiaan

Putra ustadz Abu Bakar Ba'asyir, Abdurrahim Ba'asyir mengatakan bahwa kesehatan ayahnya sudah semakin menurun. Oleh sebab itu, ia meminta kepada pemerintah untuk mengedepankan sisi kemanusiaan.

Ahad, 13/08/2017 22:52 0

Indonesia

Kenapa Kaki Abu Bakar Ba’asyir Bengkak? Berikut Penjelasan Dokter

Menurut dokter Mer-C, Joserizal Jurnalis, gangguan tersebut terjadi di empat organ dalam ustadz Abu.

Ahad, 13/08/2017 22:39 0

Indonesia

Pertemuan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir dan Keluarga Masih Dibatasi Kaca

Pengacara Ustadz Abu Bakar Ba'asyir, Achmad Michdan mengungkapkan bahwa antara keluarga dan Ustadz ABB hanya bisa bertatap muka melalui kaca.

Ahad, 13/08/2017 22:32 0

Opini

Kebebasan, Demokrasi, dan Kampus

Baru-baru ini, Universitas Pamulang (Unpam) mengeluarkan peraturan kontroversial, yakni larangan bagi mahasiswi bercadar dan mahasiswa berambut gonderong mengikuti civitas kampus. Tidak main-main, sanksinya sangat maha kejam, siapa saja yang melanggar akan dikeluarkan.

Sabtu, 12/08/2017 20:03 0

Close