... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Begini Cara PT Nurafi Ilman Jaya Raup Miliaran Rupiah dari Pengiriman TKI Ilegal

Foto: Ilustrasi/Net

KIBLAT.NET, Jakarta – Bareskrim Polri telah menetapkan enam tersangka kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang dilakukan PT Nurafi Ilman Jaya. Diduga PT tersebut┬ámeraih keuntungan hingga miliaran rupiah dari hasil memberangkatkan para tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Abu Dhabi.

“Tersangka Fadel Assegaf mendapatkan keuntungan Rp 4,5 miliar hasil mengirimkan 110 CTKI,” ujar Kepala Satuan Tugas (Satgas) TPPO Dit Pidum Bareskrim Polri, Kombes Ferdi Sambo di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Kamis (09/08).

Fadel menjabarkan perihal aliran dana yang didapatkan oleh PT Nurafi Ilman Jaya. Dana dikirimkan langsung dari negara tujuan (Abu Dhabi) ke rekening Fadel Assegaf selaku penanggungjawab PT Nurafi Ilman Jaya. “Khusus dari Abu Dhabi, dana akan dikirimkan oleh Honesty Agency MR Habeeb sebesar 3.200 dolar Amerika ke rekening Fadel Assegaf,” ujar Ferdi.

Selanjutnya Ferdi mengirimkan kepada Mulyati selaku pegawai bagian administrasi merangkap bagian keuangan. Mulyati kemudian mengirimkannya kepada Abdul Badar selaku perekrut atau sponsor para CTKI. “Mulyati mentransfer sebesar Rp 12 juta sampai Rp 17 juta untuk setiap CTKI,” terangnya.

Selanjutnya Badar akan membagikan kepada masing-masing calon TKI sebesar Rp 6 juta sebagai uang FIT. Badar sendiri telah meraih keuntungan sebesar Rp 1,4 miliar karena telah mengirimkan 110 calon TKI.

Selanjutnya Mulyati juga mengeluarkan Rp 1 juta per calon TKI untuk pembayaran biaya medical chek up di sebuah klinik di kawasan Condet, Jakarta Timur. Kemudian Mulyati juga mentransfer uang sebesar Rp 3 juta kepada petugas pengurus paspor dan Rp 2,2 juta kepada Abdul Rahman Assegaf yang membantu menguruskan pembuatan visa di Kedutaan Abu Dhabi.

“Dari Rp 2,2 juta itu, sebanyak Rp 1,8 juta untuk dibayarkan ke kedutaan dan Rp 400 ribu dibagi dua dengan Husni sebagai biaya numpang proses pemberangkatan, kan dia (Husni) selaku Direktur PT Nurafi Ilman Jaya,” terangnya.

Abdul mendapatkan keuntungan Rp 242 juta sedangkan Husni sebesar Rp 66 juta dari 110 CTKI yang berhasil dikirimkan. Terakhir, Fadel melalui Mulyati juga mengirimkan Rp 6 juta kepada Sabrin selaku pihak yang membantu di bagian bandara. Serta mengeluarkan uang sebesar Rp 10 juta untuk pembayaran tiket pesawat dan Travel dengan rute Jakarta, Singapura dan Dubai.

“Mulyati mendapatkan gaji Rp 2 juta sebulan dari Fadel,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Dianggap Ilegal, India Bakal Pulangkan 40.000 Muslim Rohingya

Laporan terbaru terkait Muslim Rohingya mengkhawatirkan. India sedang bernegosiasi dengan Bangladesh untuk mendeportasi sekitar 40.000 Rohingya. India menyebut bahwa mereka secara ilegal tinggal negaranya.

Sabtu, 12/08/2017 12:45 0

Mesir

Tabrakan Kereta di Alexandria, Puluhan Orang Tewas

Dua kereta bertabrakan di kota pesisir Mesir, Alexandria, Jum'at (11/08). Kementerian Kesehatan mengatakan, 42 orang dilaporkan tewas dan 133 lainnya terluka.

Sabtu, 12/08/2017 11:30 0

Palestina

Blokir Pasokan Air, Strategi Israel Usir Warga Palestina

Pemerintah Zionis Israel ingin mengusir warga Palestina dengan menghentikan pasokan air yang ada. Hal itu disampaikan oleh seorang ahli Palestina terkait pembangunan pemukiman Israel.

Sabtu, 12/08/2017 10:15 0

Palestina

Di Bawah Penjajahan Israel, Warga Palestina Puluhan Tahun Alami Krisis Air

Warga Palestina di Tepi Barat hanya mengkonsumsi sekitar 70 liter air setiap hari

Sabtu, 12/08/2017 06:53 0

Editorial

Editorial: Ketika Kaum Terpelajar Menolak Cadar

Seharusnya mereka bisa menyadari, bahwa penggunaan cadar bukanlah budaya impor dari negeri seberang, akan tetapi sebuah keyakinan syariat yang datang dari Ilahi. Jika kaum akademis yang sering dianggap obyektif saja memandang sebelah mata pada kaum bercadar, bagaimana mereka yang bukan?

Jum'at, 11/08/2017 22:10 0

Palestina

Mencengangkan, Tujuan Israel Bersikeras Tahan Jenazah Warga Palestina

Lima belas tahun kemudian, Israel terus menolak untuk mengembalikan tubuh Shadi, atau apa yang tersisa darinya, kepada keluarganya untuk dimakamkan.

Jum'at, 11/08/2017 17:43 0

Philipina

Pertempuran Marawi Belum Usai

Sebuah babak baru pertempuran telah meletus di sekitar kota Marawi, Filipina selatan. Militer Filipina terus berupaya merebut kembali kota dari kelompok militan Maute. Demikian dilaporkan Antiwar, Kamis (10/08).

Jum'at, 11/08/2017 16:42 0

Ruang Publik

Ingin Berkurban Tapi dengan Cara Berhutang, Bolehkah?

Redaksi Kiblat.net, Apakah hukum seseorang berkurban dengan cara berhutang? Adakah dalil yang membolehkannya? (Ahmad)

Jum'at, 11/08/2017 16:03 0

Suriah

Manfaatkan Kurdi, AS Klaim Kuasai Separuh Raqqah

Pentagon mengatakan ISIS telah kehilangan lebih dari separuh wilayah Raqqah, yang dikenal sebagai ibukota ISIS di Suriah.

Jum'at, 11/08/2017 15:41 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Menjaga 3 Pilar (Ust. Dr. Muhammad Faqihuddin, MM.)

KIBLAT.NET – Ada 3 pilar yang harus dijaga oleh seorang muslim. Apa sajakah 3 pilar...

Jum'at, 11/08/2017 13:09 0