... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pasukan Oposisi Mundur dari Wilayah Perbatasan Yordania

Foto: Suriah Selatan mencakup provinsi Daraa, Suwaida dan Qunaithirah

KIBLAT.NET, Suwaida – Dua oposisi bersenjata dan sumber militer Suriah mengatakan bahwa pasukan pemerintah dan sekutu mengambil alih wilayah 30 kilometer dari perbatasan dengan Yordania dalam serangan pada Kamis (10/08).

Media Perang milik Milisi Syiah Hizbullah Lebanon, yang merupakan sekutu setia pemerintah Suriah, mengatakan bahwa tentara Suriah dan sekutunya menguasai semua pos pemeriksaan dan titik-titik di perbatasan di provinsi Suwaida. Provinsi di Suriah Selatan itu merupakan salah satu dari empat provinsi Suriah yang berbatasan dengan Yordania.

Sejumlah kelompok oposisi bersenjata, beberapa di antaranya menerima dukungan dari negara-negara Arab dan Barat, masih mengontrol sebagian besar perbatasan antara Suriah, dan Israel di barat daya negara itu.

Provinsi Suwaida sendiri tidak termasuk bagian wilayah gencatan senjata yang ditengahi oleh Amerika Serikat dan Rusia Juli lalu.

Saad Saif, juru bicara kelompok oposisi dukungan Barat Asy-Syahid Ahmed Alabdo, mengatakan bahwa serangan rezim pada Kamis itu datang dari arah. Ia menegaskan bahwa seluruh pedesaan Suwaida Timur saat ini jatuh ke tangan rezim.

Saif menunjukkan bahwa militer Suriah saat ini telah mencapai perbatasan dengan Yordania, yang ditinggalkannya di awal konflik Suriah. Pasukan oposisi mengendalikan wilayah tersebut sejak beberapa tahun terakhir namun hari ini mereka menarik diri.

Ia menjelaskan bahwa kemajuan militer rezim itu terjadi setelah pasukan faksi Jaisy Al-Asyair yang didukung Yordania menarik diri. Selama ini, faksi tersebut yang mengendalikan wilayah perbatasan itu.

Pada bagiannya, sumber militer Suriah menggambarkan bahwa kemenangan itu merupakan kemenangan besar.

Sumber: Reuters Arabic
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Tangkap Jaringan Perdagangan Orang ke Damaskus

Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri menangkap dua orang tersangka pelaku tindak pidana perdagangan orang (TPPO) jaringan Damaskus. Mereka diduga telah memberangkatkan anak-anak di bawah umur untuk kemudian dipekerjakan di luar negeri.

Jum'at, 11/08/2017 08:19 0

Indonesia

LSM Kota Palu Gelar Aksi Sosial dan Galang Dana untuk Korban Kebakaran Pasar

Sejumlah LSM yang berada di Kota Palu turun pada Kamis (10/08), membantu membersihkan puing-puing sisa kebakaran yang melanda Pasar Tradisional Masomba Palu.

Kamis, 10/08/2017 19:58 0

Indonesia

Pidato Viktor Dikhawatirkan Berujung seperti Kasus Ahok

Forum Umat Islam (FUI) mengaku prihatin atas pidato politisi Nasdem, Viktor Laiskodat. Menurut sekjen FUI, Ustadz Muhammad Al-Khathtath, pidato tersebut dikhawatirkan menimbulkan gejolak seperti kasus Ahok lalu.

Kamis, 10/08/2017 19:38 0

Indonesia

Larang Cadar, Ketua Yayasan Unpam: Ini Kampus Saya, Saya yang Punya Aturan

Ketua Yayasan Universitas Pamulang (Unpam), Drs. Darsono akhirnya buka suara soal larangan bercadar diberlakukan di kampusnya. Ia mengatakan, larangan bercadar memang aturan dari kampus.

Kamis, 10/08/2017 18:53 1

Tazkiyah

Sikap Amanah Orang Ini Patut Diteladani

Tiba-tiba seorang yang hadir berteriak, “Demi Allah, saya telah menemukan gelang itu.” Kemudian ia melepas gelang itu dari tangannya. Ia memegang amanahnya dengan baik selama dua tahun.

Kamis, 10/08/2017 17:30 0

Artikel

Istiqomah di Jalan Hijrah

Maka bisa dikatakan, berhijrah dari jalan maksiat ke jalan taat adalah berat, namun yang lebih berat dari itu adalah istiqomah saat berjalan di atasnya.

Kamis, 10/08/2017 16:32 0

Indonesia

Kasus Penistaan Agama Ade Armando Dihentikan, LBH Street Lawyer Ajukan Gugatan

Menurutnya, SP3 yang dikeluarkan oleh Ditrskrimsus tidak masuk akal. Terlebih, ia menilai bahwa tindakan tersebut tidak didasari dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Kamis, 10/08/2017 14:08 0

Indonesia

ICMI: Jangan Sampai Mantan Anggota HTI Diperlakukan Seperti PKI

Ia meminta kepada pihak berwenang atau pemerintah untuk tidak berlebihan dan sewenang-wenang dalam menangani para mantan anggota HTI.

Kamis, 10/08/2017 13:23 0

Indonesia

Hastag #AyoTangkapViktor Duduki Trending Topic di Twitter

Warganet ramai-ramai keluarkan hastag #AyoTangkapViktor di Twitter, dan berhasil menduduki trending topik urutan pertama. Para netizen meminta agar pemerintah memproses hukum atas pernyataan Viktor tersebut.

Kamis, 10/08/2017 12:57 0

Opini

Mahasiswi Dilarang Bercadar, Unpam Langgar HAM?

Peraturan baru Universitas Pamulang (Unpam) yang melarang mahasiswi bercadar mendapat reaksi dari berbagai kalangan. Tidak sedikit mahasiswi menyuarakan penolakannya di forum-forum diskusi.

Kamis, 10/08/2017 12:40 0