... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pasukan Khusus Saudi Rebut Kendali Kota Syiah di Provinsi Qatif

Foto: Pasukan Keamanan Saudi memeriksa pengendara mobil di Provinsi Qatif, yang dihuni mayoritas Syiah

KIBLAT.NET, Riyadh – Pasukan khusus Saudi, Rabu (09/08), mengambil alih kendali kampung Al-Miswarah di kota Awwamiya, Saudi Timur, sekitar lima bulan setelah pecahnya konfrontasi bersenjata.

Miswara berada Kota Awwamiya yang termasuk bagian dari provinsi Qatif, tempat kelahiran ulama Syiah Nimr al-Nimr, yang dieksekusi pada Januari 2016 setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan “terorisme”. Nimr merupakan salah satu otak gerakan protes pada tahun 2011 terhadap pemerintah Saudi.

Sejak Maret lalu, desa Miswarah menyaksikan konfrontasi bersenjata antara pasukan keamanan dan kelompok militan teroris Syiah. Pihak berwenang mengatakan desa tersebut sudah menjadi sarang teroris dan pengedar narkoba.

Konfrontasi meletus seiring dimulainya proyek perkotaan yang bertujuan mengubah Miswarah menjadi kawasan tujuan komersial dan budaya melalui pembangunan sebuah kompleks komersial dan pasar warisan serta pusat budaya. Proyek ini meliputi pembongkaran sejumlah rumah tua dan tidak berpenghuni, yang ditolak oleh warga yang meminta tempat-tempat yang dianggap bersejarah itu tidak dibubar.

Sejumlah militan, warga dan petugas keamanan tewas dalam konfrontasi tersebut. Baku tembak dan serangan bom terhadap patroli polisi kerap terjadi.

Menteri Media Saudi, Awad Al-Awad, dalam tweet di akun di Twitter pada Rabu mengumumkan bahwa pasukan keamanan berhasil mengambil kendali desa dan membersihkannya dari para teroris.

Pada bagiannya, koran online Saudi Sabq mengonfirmasi bahwa pasukan keamanan pada Selasa berhasil mengambil alih keamanan di desa Al-Miswarah di Awwamiyah dan membersihkan desa tersebut dari teroris yang bersembunyi. Keberhasilan itu setelah operasi keamanan yang menewaskan sejumlah teroris dan menangkap sekelompok lainnya.

Sebagai surat kabar “Okaz” juga melansir berita yang sama. Harian pemerintah itu mengatakan bahwa pasukan keamanan telah mengembalikan keamanan dan stabilitas kota Awwamiyah.

Di desa terdekat yang berdiri sekitar 500 rumah dengan penghuni hampir delapan ribu keluarga, para warga setempat mengatakan kepada AFP bahwa terdengar suara tembakan berkali-kali sepanjang dua pekan terakhir dari Miswara. Suara itu benar-benar berhenti pada Selasa dan Miswara kembali stabil.

Mereka juga menekankan bahwa pasukan khusus Saudi telah bergerak di pintu masuk dan gang-gang desa.

Sumber: France24
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ustadz Abu Bakar Baasyir Dilarikan ke RS Harapan Kita

Ulama kharismatik Ustadz Abu Bakar Baasyir dilarikan ke rumah sakit pada Rabu malam (08/08) ke RS Harapan Kita Jakarta.

Kamis, 10/08/2017 09:47 0

Indonesia

ACTA Gugat Perppu Pembubaran Ormas ke MK

Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) resmi mendaftarkan gugatan uji materiil Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Kamis, 10/08/2017 06:47 0

Indonesia

Parah… Mengaku Nabi Terakhir, Hadasari Ternyata Pasien RSJ

Pengakuannya kali ini sebenarnya bukanlah pertama kali. Sebelumnya Hadasari pernah mengaku sebagai nabi pada tahun 2015 lalu.

Rabu, 09/08/2017 13:29 0

Video Kajian

Bahaya Dosa Kecil (Ust. Abu Rusydan)

KIBLAT.NET – Sering kali kita lalai dengan dosa kecil. Bahkan banyak dari kita yang menganggap...

Rabu, 09/08/2017 11:10 0

Indonesia

Soal Penunjukan Rektor oleh Presiden, Dahnil: Kampus Tidak Boleh Jadi Alat Kekuasaan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ‎Tjahjo Kumolo mengatakan, pemilihan Rektor Perguruan Tinggi akan dilakukan sendiri oleh presiden. Kebijakan itu diberlakukan dengan dalih untuk menangkal paham radikal masuk ke dunia pendidikan.

Rabu, 09/08/2017 10:17 1

Indonesia

Dahnil: Pernyataan Laiskodat Radikalis Pancasila, dan Itu Berbahaya

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan, perilaku atau pernyataan yang disampaikan oleh Ketua DPP dan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Victor Laiskodat, di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan perilaku seorang radikalis sejati

Rabu, 09/08/2017 06:27 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Tantang Nasdem Buktikan Jika Video Viktor Editan

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menantang Nasdem untuk membuktikan peryataan bahwa video pidato Viktor Laiskodat di hadapan publik.

Selasa, 08/08/2017 22:18 0

Indonesia

Cadar Dilarang, Pemuda Muhammadiyah Sayangkan Sikap Rektor Unpam

Ketua Umum PP Pemuda,Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan sikap Rektorat Unpam yang mempermasalahkan penggunaan cadar di kampus.

Selasa, 08/08/2017 21:45 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Larangan Cadar di Unpam Melanggar UUD dan Pancasila

Menurutnya, pelarangan bercadar yang terjadi di Unpam disebabkan karena para akademisi tidak memahami makna kebebasan beragama dan mengekspresikan agama.

Selasa, 08/08/2017 21:05 0

Indonesia

Tidak Hanya Unpam, Inilah Kampus-kampus yang Melarang Mahasiswi Bercadar

Polemik pelarangan cadar ternyata banyak terjadi di kampus Indonesia. Padahal Indonesia sendiri terbilang mayoritas Islam,

Selasa, 08/08/2017 18:42 0