... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mengenal Pulau Guam, Daerah Kolonial AS yang Akan Dirudal Korut

Foto: Pulau Guam dan kapal perang milik Amerika Serikat

KIBLAT.NET, Guam- Pada Rabu (09/08), Korea Utara mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Di mana Korut mengancam akan menyerang wilayah kolonial AS yang berjarak sekitar 2.100 mil dari Semenanjung Korea.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah Presiden Donald Trump mengancam akan menyerang Korea Utara. Namun, Korut justru membalas ancaman itu dengan ancaman pula. Bahwa daerah kolonial AS berupa Pulau Guam akan dirudal pertengahan Agustus nanti.

Peta memperlihatkan posisi Pulau Guam dan Semenanjung Korut

Pulau Guam merupakan wilayah milik AS di Samudra Pasifik. Pulau kecil ini dikelilingi oleh pantai dan pepohonan palem. Pyongyang mengatakan bahwa sudah sejak lama mengamati Guam -daerah yang juga digunakan AS untuk memata-matai Korut.

Guam merupakan pulau terpencil yang menjadi pangkalan militer AS di Samudra Pasifik. Di mana ribuan personil dari Angkatan Udara Andersan dan Angkatan Laut Guam ditempatkan disana.

AS pertama kali menduduki Guam pada tahun 1898, setelah merebutnya dari Spanyol. Awalnya, Guam difungsikan sebagai stasiun pengisian bahan bakar untuk armada laut AS yang beroperasi di Pasifik barat.

Dengan cepat Guam menjadi bagian penting dari komunikasi internasional (kabel telegram trans-Pasifik Amerika melewati Guam) dan transportasi (ini adalah pemberhentian bahan bakar untuk penerbangan trans-Pasifik).

Selain itu, Guam juga banyak memainkan peran penting dalam peperangan. Di Perang Dunia II, Guam menjadi titik terpenting bagi AS untuk menyerang Jepang.

BACA JUGA  Gubernur Guam Tanggapi Santai Ancaman Nuklir Korut

Saat AS terlibat dalam perang Vietnam dan perang dingin Rusia, Guam kembali memainkan perannya sebagaimana saat perang dunia. Puluhan ribu AS ditempatkan di Guam. Jumlah personil dirampingkan, setelah berakhirnya perang dingin.

Saat ini, AS mengunakan pulau ini sebagai arena latihan perang. Guam diketahui banyak menyimpan senjata. Pada tahun 2014, Pangkalan Angkatan Udara Andersen mengatakan bahwa Guam merupakan gudang amunisi terbesar di dunia. Senjata tersimpan di dalam hutan yang dikelilingi oleh ular dan babi hutan.

 
Redaktur: Syafi’i Iskandar
Sumber: NPR

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Sikap Amanah Orang Ini Patut Diteladani

Tiba-tiba seorang yang hadir berteriak, “Demi Allah, saya telah menemukan gelang itu.” Kemudian ia melepas gelang itu dari tangannya. Ia memegang amanahnya dengan baik selama dua tahun.

Kamis, 10/08/2017 17:30 0

Artikel

Istiqomah di Jalan Hijrah

Maka bisa dikatakan, berhijrah dari jalan maksiat ke jalan taat adalah berat, namun yang lebih berat dari itu adalah istiqomah saat berjalan di atasnya.

Kamis, 10/08/2017 16:32 0

Indonesia

Kasus Penistaan Agama Ade Armando Dihentikan, LBH Street Lawyer Ajukan Gugatan

Menurutnya, SP3 yang dikeluarkan oleh Ditrskrimsus tidak masuk akal. Terlebih, ia menilai bahwa tindakan tersebut tidak didasari dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Kamis, 10/08/2017 14:08 0

Indonesia

ICMI: Jangan Sampai Mantan Anggota HTI Diperlakukan Seperti PKI

Ia meminta kepada pihak berwenang atau pemerintah untuk tidak berlebihan dan sewenang-wenang dalam menangani para mantan anggota HTI.

Kamis, 10/08/2017 13:23 0

Indonesia

Hastag #AyoTangkapViktor Duduki Trending Topic di Twitter

Warganet ramai-ramai keluarkan hastag #AyoTangkapViktor di Twitter, dan berhasil menduduki trending topik urutan pertama. Para netizen meminta agar pemerintah memproses hukum atas pernyataan Viktor tersebut.

Kamis, 10/08/2017 12:57 0

Opini

Mahasiswi Dilarang Bercadar, Unpam Langgar HAM?

Peraturan baru Universitas Pamulang (Unpam) yang melarang mahasiswi bercadar mendapat reaksi dari berbagai kalangan. Tidak sedikit mahasiswi menyuarakan penolakannya di forum-forum diskusi.

Kamis, 10/08/2017 12:40 0

Indonesia

Ustadz Abu Bakar Baasyir Dilarikan ke RS Harapan Kita

Ulama kharismatik Ustadz Abu Bakar Baasyir dilarikan ke rumah sakit pada Rabu malam (08/08) ke RS Harapan Kita Jakarta.

Kamis, 10/08/2017 09:47 0

Indonesia

ACTA Gugat Perppu Pembubaran Ormas ke MK

Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) resmi mendaftarkan gugatan uji materiil Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Kamis, 10/08/2017 06:47 0

Indonesia

Parah… Mengaku Nabi Terakhir, Hadasari Ternyata Pasien RSJ

Pengakuannya kali ini sebenarnya bukanlah pertama kali. Sebelumnya Hadasari pernah mengaku sebagai nabi pada tahun 2015 lalu.

Rabu, 09/08/2017 13:29 0

Video Kajian

Bahaya Dosa Kecil (Ust. Abu Rusydan)

KIBLAT.NET – Sering kali kita lalai dengan dosa kecil. Bahkan banyak dari kita yang menganggap...

Rabu, 09/08/2017 11:10 0